10 Negara dengan Jumlah Tentara Paling Banyak di Dunia, Indonesia Masuk?

10 Negara dengan Jumlah Tentara Paling Banyak di Dunia, Indonesia Masuk?

Ada banyak faktor kenapa sebuah negara dikatakan punya kekuatan militer hebat. Salah satunya tentu adalah jumlah tentara aktif yang dimiliki. Boleh lah alutsista tumpah ruah, tapi apa artinya jika tidak ada yang mengoperasikan. Maka dari itu, tak heran kalau negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, tidak pernah berhenti merekrut para prajurit-prajurit baru demi memperkuat pertahanan militer.

Berbicara soal jumlah tentara, kira-kira berapa sih yang dimiliki oleh Indonesia? Dilansir dari globalfirepower.com, negara kita ini punya sekitar 400 ribuan tentara aktif. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apakah jumlah ini masuk sebagai salah satu yang paling banyak di dunia? Jawabannya akan kamu ketahui lewat ulasan berikut ini.

1. Cina, paling banyak di muka bumi

Tentara Cina [sumber gambar]

Sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia, maka tak heran kalau stok tentara Cina juga melimpah ruah. Negara ini adalah nomor satu untuk jumlah tentara aktifnya. Totalnya sendiri mencapai sekitar 2.183.000 orang. Lima kali lipat total tentara aktif Indonesia. Edan.

2. India, tentaranya juga melimpah ruah

Tentara India [sumber gambar]

Sama seperti Cina yang punya populasi masif, India ternyata juga memiliki jumlah tentara aktif yang luar biasa banyak. Totalnya sendiri mencapai 1.444.000 orang. Jika jumlah ini masih kurang, India punya tentara cadangan sebanyak 2,1 juta orang.

3. Amerika punya banyak tentara juga

Tentara Amerika [sumber gambar]

Seperti yang diketahui, Amerika adalah negara peringkat pertama soal militer. Ada banyak faktornya kenapa negeri Paman Sam jadi nomor wahid, salah satunya tentu saja jumlah tentara aktifnya yang luar biasa banyak. Diketahui negara satu ini punya sekitar 1,4 juta tentara.

4. Korea Utara, diam-diam tentaranya bejibun

Tentara Korea Utara [sumber gambar]

Selain nuklir ada alasan lain kenapa Korea Utara begitu berani menantang Amerika. Hal tersebut tak lain adalah tentara mereka yang jumlahnya ternyata sangat banyak. Diketahui negara tetangga Korsel ini setidaknya memiliki 1,2 juta personel tentara aktif. Selisih dua ratus ribuan saja dari Amerika. Ngeri juga ya.

5. Rusia, sang saingan Amerika

Tentara Rusia [sumber gambar]

Jika Amerika ada di peringkat pertama untuk kekuatan militernya, maka Rusia menyusul di bawahnya persis. Kenapa bisa berada di posisi ini karena negerinya Putin ini merupakan produsen alat-alat militer canggih serta punya tentara yang juga tak kalah membeludak. Diketahui Rusia memiliki sejuta lebih sedikit tentara aktif.

6. Pakistan ternyata punya tentara cukup banyak

Pasukan Pakistan [sumber gambar]

Walaupun jarang dilihat oleh dunia, militer Pakistan sebenarnya ngeri juga lho. Termasuk pasukan-pasukan elit mereka yang bisa dianggap setara dengan tentara spesial terkenal di dunia. Untuk jumlah tentara aktif, siapa sangka negara ini ada di peringkat enam dunia dengan 654 ribu personel.

7. Korsel punya tentara yang melimpah juga

Tentara Korea Selatan [sumber gambar]

Di urutan nomor tujuh negara dengan jumlah tentara terbanyak ada Korea Selatan. Menurut data negara K-pop memiliki sekitar 580 ribuan personel tentara aktif. Populasi negara ini sendiri aslinya tidak terlalu banyak, tapi kenapa jumlah tentaranya melimpah? Salah satunya karena program wajib militer yang diberlakukan di negara ini. Seumpama terjadi perang, Korsel sepertinya bisa mengerahkan lebih dari separuh rakyatnya untuk perang. Termasuk mereka jajaran para idol.

8. Iran, paling melimpah pasukannya di kawasan Arab

Tentara Iran [sumber gambar]

Siapa sangka musuh bebuyutan Amerika ini juga punya tentara yang jumlahnya lumayan banyak. Menurut data, negaranya Ahmadinejad ini memiliki sekitar 523 ribu personel. Hal yang bikin ngeri soal tentara Iran bukan cuma jumlahnya, tapi juga pamor dari mereka yang militansinya luar biasa.

9. Vietnam, tentaranya paling banyak se-Asia Tenggara

Tentara Vietnam [sumber gambar]

Indonesia mungkin populasinya begitu banyak, tapi siapa sangka untuk jumlah tentaranya ternyata kalah dengan Vietnam. Jika Indonesia memiliki sekitar 400 ribu, negara satu ini memiliki sekitar 482 ribu. Dengan jumlah tersebut, maka Vietnam bisa dibilang sebagai negara dengan jumlah tentara terbanyak di Asia Tenggara.

10. Arab Saudi, ternyata juga punya banyak tentara

Tentara Arab Saudi [sumber gambar]

Bukan Indonesia atau negara dengan populasi tinggi macam Brasil atau Nigeria, posisi 10 negeri dengan jumlah tentara terbanyak ternyata Arab Saudi. Menurut data negara ini memiliki sekitar 478 ribu personel aktif. Angka ini bisa dibilang banyak, mengingat Indonesia dengan populasi hampir delapan kali lipat, hanya memiliki 400 ribu saja. Walaupun secara keseluruhan peringkat militer Indonesia di atas Arab Saudi

BACA JUGA: 10 Latihan Militer Paling Menyedihkan dan Menyakitkan di Dunia, Indonesia Termasuk Salah Satunya

Mungkin tentara aktif Indonesia yang berjumlah 400 ribu itu menurut kita sangat banyak ya. Tapi sayangnya masih belum bisa bersaing dengan 10 negara di atas. Dari sisi jumlah kita urutan ke 13, kalah dengan Myanmar dan Mesir. Namun demikian, jika dilihat dari statistik yang lain, jumlah tentara kita sebenarnya bisa bertambah secara signifikan mengingat populasi negeri ini begitu banyak. Bahkan menurut Global Fire Power, seumpama terjadi perang semesta, Indonesia setidaknya bisa mengerahkan sebanyak 130 juta orang. Gila kan?