10 Rekomendasi Aplikasi Sketsa untuk PC yang Bagus dan Andal

Artweaver 6

Bagi kamu yang berprofesi sebagai desainer grafis profesional, aplikasi sketsa sangatlah dibutuhkan. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi sketsa yang bisa dipakai untuk laptop.

Adanya aplikasi sketsa untuk PC atau laptop ini akan sangat membantu pekerjaanmu. Terutama, dalam membuat sketsa dari gambar yang hendak kamu buat. Lalu, apa saja sih aplikasi sketsa untuk laptop yang cocok dipakai untuk desainer grafis profesional? Cek daftarnya di bawah ini.

1. Sumopaint

* sumber: www.youtube.com

Jika dilihat sekilas, aplikasi ini lumayan mirip dengan Adobe Photoshop. Selain membantumu membuat sketsa, aplikasi ini juga bisa membantumu untuk mengedit sketsa atau gambar yang sudah jadi.

Sumopaint menyediakan berbagai pilihan warna, kecerahan, dan kontras yang membantumu dalam beberapa hal. Entah untuk membuat sketsa maupun editing, hasil sketsa yang kamu buat di sini bisa disimpan dalam format PNG maupun JPG. Untuk mengakses aplikasi ini, kamu bisa mengunjungi situs resminya di sini.

2. DrawIsland

DrawIsland

* sumber: sites.google.com

Aplikasi ini bisa kamu akses langsung di situsnya. Jadi, kamu tak usah mengunduhnya terlebih dahulu jika ingin memakainya. Lewat aplikasi ini, kamu bisa membuat sketsa dengan kanvas berbagai ukuran.

Kamu pun juga bisa memakai templat bentuk yang sudah disediakan aplikasi ini. Selain itu, DrawIsland juga tak hanya cocok untuk membuat animasi berformat GIF. DrawIsland bisa kamu akses langsung di situsnya yang ada di sini.

3. Krita

Krita

* sumber: krita.org

Dengan tampilan muka yang bersahaja, aplikasi ini tak hanya bisa membantumu membuat sketsa baru. Tetapi, juga mengembangkan sketsamu yang lama hingga menjadi suatu gambar.

Kalau kamu sedang bikin UX design, aplikasi ini juga sangat cocok dipakai. Soalnya, aplikasi ini memiliki fitur UX Design yang bisa membantumu membuat UX design berbasis grafis tablet.

Krita bisa dipakai untuk laptop bersistem Windows, Linux, dan Mac OS. Aplikasinya sendiri bisa kamu unduh secara gratis via situs resminya. Kalau kamu berminat, langsung saja unduh aplikasinya di sini.

4. ArtRage

ArtRage

* sumber: www.pinterest.com

Aplikasi yang dikembangkan oleh Ambient Design Ltd ini memiliki beberapa tools yang mirip dengan peralatan melukis, semisal air brush, cat minyak, dan juga cat air. Memakai aplikasi ini membuatmu seolah-olah sedang membuat sketsa di atas kanvas.

Aplikasi ini bisa kamu pakai untuk laptop dengan sistem Windows dan Mac OS. Tak hanya untuk laptop, ponsel pintar (utamanya yang Android dan iOS) pun juga bisa mengakses aplikasi satu ini.

Untuk versi laptopnya bisa kamu dapatkan di situs resminya yang ada di sini. Adapun untuk versi ponsel pintarnya bisa diunduh di Play Store yang ada di sini.

5. InkScape

InkScape

* sumber: www.youtube.com

Tak hanya desainer grafis profesional, mereka yang masih awam soal desain grafis pun bisa memakai aplikasi ini, khususnya sebagai alat untuk belajar dan berlatih desain grafis.

Hal itu tak lepas dari penggunaannya yang tergolong mudah. Aplikasi ini sudah tersedia dalam 66 bahasa, serta sudah memenuhi standar SVG, XML, dan juga CSS.

Versi terbarunya itu bisa dipakai untuk laptop bersistem Mac OS, Windows, dan juga Linux. Untuk mendapatkannya, kamu unduh saja langsung di situs resminya yang ada di sini.

6. Autodesk Sketchbook Pro

Autodesk Sketchbook Pro

* sumber: www.wired.com

Seperti halnya ArtRage, aplikasi ini juga punya beberapa tools yang lazim dipakai dalam lukisan. Tak hanya itu, aplikasi ini pun punya tools berupa pulpen dan pensil yang bisa kamu pakai.

Tak hanya untuk membuat sketsa, Sketchbook juga bisa dipakai untuk membuat animasi ataupun flipbook. Autodesk Sketchbook Pro bisa dipakai untuk laptop berbasis Windows dan juga Mac OS.

Sketchbook pun juga bisa dipakai di ponsel berbasis Android dan iOS. Untuk versi laptop, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di sini. Adapun untuk versi ponsel pintarnya, bisa kamu unduh di sini.

7. Sketch.io

Sketch.io

* sumber: sketch.io

Ini merupakan aplikasi sketsa yang telah berbasis HTML5. Aplikasi ini punya tampilan dan fitur yang relatif sederhana. Jadi, kamu pun bisa bikin sketsa di sini tanpa kesusahan.

Apalagi, aplikasi ini sudah dilengkapi tools berupa drag and drop. Tools tersebut bisa membantumu memakai banyak tools sekaligus. Mulai dari kuas, teks, hingga krayon.

Selain untuk membuat sketsa, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk memasukkan file berformat PDF. Kamu bisa memakai aplikasi ini langsung dari situsnya, tanpa diunduh terlebih dahulu. Kalaupun mau memakainya, langsung saja sambangi situs resminya di sini.

8. Corel Painter

Corel Painter

* sumber: fileinfo.com

Aplikasi ini masih satu saudara dengan Corel Draw. Lewat aplikasi ini, kamu bisa membuat sketsa dari berbagai pilihan kuas. Tak hanya cocok untuk desainer profesional, seniman dan siswa sekolah pun sangat cocok memakai aplikasi ini.

Corel Painter pun juga bisa dikolaborasikan bersama aplikasi lainnya. Semisal Photoshop atau aplikasi gambar lain yang berasal dari Wacom. Versi terbaru aplikasi ini bisa kamu dapatkan langsung di sini.

9. Clip Studio Paint Pro

Clip Studio Paint Pro

* sumber: www.youtube.com

Aplikasi asal Negeri Sakura ini menawarkan fleksibilitas tinggi bagi para penggunanya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menggambar sketsa menggunakan pen tablet ataupun mouse.

Aplikasi ini pun juga punya sensibilitas tinggi, terutama di bagian pen dan brush. Hal itu membuatmu seolah-olah sedang bikin sketsa di kertas saat memakai aplikasi ini.

Pilihan brush-nya sendiri tergolong banyak. Hal itu bikin kamu bisa memberikan efek yang lebih variatif pada sketsamu. Terutama, saat hendak mengembangkannya menjadi sebuah gambar jadi.

Clip Studio juga cocok buat mereka yang mau bikin gambar animasi. Hal ini tak lepas dari banyaknya fitur 3D yang terkandung dalam Clip Studio. Tertarik memiliki aplikasi ini? Langsung saja kunjungi situs resminya yang ada di sini.

10. Artweaver 6

Artweaver 6

* sumber: www.allintopc.com

Bisa dibilang kalau ini merupakan aplikasi sketsa yang cukup tua. Sudah lebih dari 10 tahun aplikasi bikinan Boris Eyrich ini hadir di dunia. Artweaver 6 menawarkan banyak set kuas dan pensil yang bisa kamu gunakan selama membuat sketsa.

Interface-nya pun tergolong mudah dipakai. Bahkan, para pemula pun sangat mudah buat memakainya. Artwave 6 pun bisa dikolaborasikan bersama dengan aplikasi sketsa atau dokumen lainnya. Dengan catatan, kamu harus melakukannya dalam keadaan online.

Hasil sketsa yang dibikin di aplikasi ini bisa kamu simpan dalam format JPEG maupun PNG. Artweaver 6 hanya bisa dipakai pada laptop berbasis Windows. Adapun untuk mendapatkannya, kamu tinggal datang saja ke situs resminya yang ada di sini.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai desainer grafis profesional, aplikasi sketsa sangatlah dibutuhkan. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi sketsa yang bisa dipakai untuk laptop.

Adanya aplikasi sketsa untuk laptop akan sangat membantu pekerjaanmu. Terutama, dalam membuat sketsa dari gambar yang hendak kamu buat, entah untuk kepentingan seni maupun klien.

Sepuluh aplikasi yang ada di artikel ini adalah beberapa contoh aplikasi yang bisa kamu pakai nanti. Di antara sepuluh aplikasi tersebut, mana yang bakal kamu pakai?