5 Alasan Kenapa jadi WN Singapura Itu Menyenangkan, Lingkungannya Bersih Hingga Punya Faskes Kelas Wahid

5 Alasan Kenapa jadi WN Singapura Itu Menyenangkan, Lingkungannya Bersih Hingga Punya Faskes Kelas Wahid

Siapa pun pasti setuju jika Singapura adalah salah satu negara yang paling maju di Asia Tenggara. Selain dikenal menjadi pusat bisnis perusahaan-perusahaan kelas atas dunia, negeri Singa itu juga dikenal akan kebersihan dan sistem kehidupan yang sangat unik. Beragam etnis seperti Melayu, Tionghoa, hingga India, bisa ditemukan di Singapura.

Tentu saja, negara yang satu ini sangat ideal jika ditinggali atau bila ada keinginan untuk pindah ke sana. Terlebih jika pemohon pindah mendapat status sebagai Permanent Resident (PR), tentu ada banyak fasilitas dari negara yang bakal diterima. Selengkapnya, simak ulasan Abahadil berikut ini.

Layanan medis nomor satu Asia Tenggara ada di Singapura

Ilustrasi layanan medis di Singapura [sumber gambar]

Layanan kesehatan yang ada di Singapura adalah yang terbaik di Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan pengukuhan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bahwa sistem perawatan kesehatan negeri Singa itu mendapat peringkat ke-6 sebagai yang terbaik di antara 100 negara di dunia sejak tahun 2000 silam. Tak salah jika banyak orang penting seperti pejabat, pengusaha, atau artis asal Indonesia berobat ke sana.

Kebersihan wilayahnya yang dijamin oleh Pemerintah

Singapura adalah salah satu negara yang terkenal akan kebersihannya di dunia [sumber gambar]

Kebersihan adalah salah satu keunggulan yang dibanggakan oleh Singapura. Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah yang menggalakkan program kebersihan sejak tahun 1970-an lewat kampanye Use Your Hand, dengan melibatkan semua komponen masyarakat. Selain bersih, hal tersebut mampu meningkatkan harapan hidup dari sebelumnya 66 tahun menjadi 86 tahun.

Kultur budaya yang mirip dengan suasana di Indonesia

Anak-anak di Singapura dari beragam etnis [sumber gambar]

Singapura banyak ditinggali oleh beragam etnis layaknya Indonesia yang beraneka suku bangsa. Mulai dari Melayu, Tiongkok, kulit putih Eropa, hingga keturunan India, semua ada di Singapura dan menjadi satu di sana. Sebagai orang Indonesia, tentu tidak terlalu sulit jika menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat yang multikultural tersebut.

Cuaca tropis ala negara-negara Asia Tenggara yang mudah diadaptasi

Salah satu pemandangan di Singapura [sumber gambar]

Selain masyarakat yang majemuk, kondisi cuaca yang tropis di Singapura juga tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Meski demikian, musim hujan sangat melimpah sepanjang tahun di sana. Tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan dengan cuaca yang ada di Indonesia.

Banyak keuntungan jika memiliki status sebagai Permanent Resident (PR)

Formulir aplikasi pengajuan Permanent Resident di Singapura [sumber gambar]

Salah satu keuntungan jika pindah ke Singapura adalah status Permanent Resident (PR). Jika menjadi salah satu pemegang PR, maka yang bersangkutan berhak mendapat fasilitas dari negara seperti status tempat tinggal yang sama seperti WN Singapura, dimudahkan untuk mengakses pekerjaan dan membuka bisnis, mendapat layanan medis, akses untuk membeli real estat dan perumahan, dan pendidikan anak.

BACA JUGA: Sudah Lelah dengan Konflik di Indonesia? Saatnya Pindah ke Kanada! Ini Caranya

Tentu ada banyak keuntungan lainnya yang didapat jika memutuskan untuk pindah ke Singapura. Salah satu dari sekian hal yang dibahas pada poin-poin di atas adalah, kemudahan kita untuk mengakses peluang usaha maupun pekerjaan karena Singapura adalah pusat perekonomian di Asia Tenggara, karena banyak perusahaan ternama membuka cabang usahanya di sana.