12 Bagian Bagian Bunga Yang Perlu Anda Ketahui

BAGIAN BAGIAN BUNGA – Pada artikel abah kali ini akan membahas tentang bagian-bagian bunga. Abah akan membahas secara lengkap dan terperinci. Pasti yang sedang membaca artikel ini adalah para pelajar yang sedang mencari tahu apa saja bagian-bagian yang terdapat pada bunga. Nah!! mari langsung saja kita baca dibawah ini.

Bunga adalah salah satu tanaman hias yang banyak sekali kegunaan nya, contoh sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan genratif melalui proses yang dinamakan dengan penyerbukan.

Sejatinya bunga adalah tunas atau tunas batang yang dimana bentuk dan warna, dan susunanya di sesuaikan oleh kepentingan tumbuhan tersebut. Bunga adalah tanaman hias yang banyak digemari oleh semua orang terutama para kaum hawa.

Bunga memiliki warna yang beraneka ragam yang menambahkan keindahan bunga tersebut. Tapi disini kita tidak akan membahas tentang keindahan bunga tetapi kita akan membahas tentang bagian bagian bunga.

Fungsi Bunga

bunga
Penulispro.net

Fungsi bunga adalah sebagai tempat terjadinya proses reproduksi/ perkembangbiakan secara generatif ( alami ) dengan bantuan penyerbukan yang melalui penyerbukan.

Fungsi bunga yang lainnya adalah sebagai daya pikat serangga yang dapat membantu dalam proses penyerbukan. Hal ini didasari oleh beberapa bunga yang memiliki warna dan bentuk yang indah serta warna yang cerah.

Ada bunga yang memiliki aroma yang khas berbeda dengan bunga yang lainnya atau yang memiliki suhu panas yang berbeda-beda. Sehingga dengan dua ciri tersebut dapat memikat hewan agar cepat terjadinya proses penyerbukan.

Dalam kondisi tertentu bunga juga terkadang tidak dapa bertahan lama. Contoh jika bung berada di suhu yang panas maka bunga hanya akan bertahan beberapa hari saja sama juga saat bunga hidup di suhu yang sangat dingin. Maka bunga harus tumbuh di lingkungan suhu yang standar atau tropis.

Ada beberapa jenis tumbuhan jika dalam keadaan tertentu contoh jika sedang kekurangan air atau sedang dalam kondisi suhu yang rendah. Maka tumbuhan tersebut akan mengeluarkan bunga kertas atau yang sering kita dengar dengan sebutan bunga Bougainvillea.

Perlu anda ketahui bunga adalah perpanjangan dari tunas batang dimana, strukur, bentuk, warna dan susunannya desesuaikan oleh kebutuhan dan kepentingan bunga tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bunga adalah sebuah bagian yang penting sebuah tanaman. Dengan adanya bunga maka tanaman tersebut dapat bertahan hidup lebih lama. Dan dengan adanya bunga maka tanaman tersebut akan terlihat lebih bagus dan lebih enak dipandang.

1. Fungsi Biologis

bunga
brilio.com

Fungsi biologis artinya adalah bunga yang memiliki siklus biologis yang saling memberi peran penting pada seluruh tanaman fungsi biologis sebagai berikut :

  • Berfungsi sebagai organ reproduksi, maksudnya adalah bunga adalah tempat bertemunya antara gamet betina dan gamet jantan tanaman tersebut.
  • Berfungsi sebagai tanaman yang memiliki peranan yang sangat penting karena tanaman lain akan sangat membutuhkan untuk melakukan sistem reproduksi.
  • Bisa menjadi tempat berlindung saat situasi tidak menguntungkan. Maksudnya adalah ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh dilokasi yang kering, dengan begitu tumbuhan tersebut akan beradaptasi dan lalu mengeluarkan bunga untuk memberi tambahan air.
  • Berfungsi sebagai pemikat para serangga dan secara tidak langsung hal tersebut membantu dalam proses penyerbukan pada bunga.

Fungsi Nonbiologis

bunga
forum.summerfieldskenya.com

Ini dapat ditinjau dari sisi manfaat bunga itu sendiri, maka dari itu kehadiran bunga bukan hanya untuk kepentingan bunga itu sendiri tetapi untuk seluruh elemen yang ada disekitarnya. Adapun beberapa fungsi biologis sebagai berikut.

  • Berfungsi sebagai hiasan yang sangat indah jika dipandang dan juga sangat berefek bagi perkarangan rumah anda yang menjadikannya indah.
  • Berfungsi sebagai aksesoris untuk diluar rumah maupun didalam rumah.
  • Berfungsi sebagai pengusir serangga seperti yang biasanya adalah nyamuk.
  • Berfungsi sebagai nektar (sari bunga) yang dibutuhkan oleh serangga dan unggas lain. Semisal kupu-kupu, lebah atau burung kolibri.
  • Berfungsi sebagai aroma terapi yang dapat menyejukkan rumah anda dan memberi suasana yang lebih tenang dan lebih ceria.

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Pada umum nya bagian bunga hanya dibagi menjadi 2, yaitu adalah bagian fertil dan steril. Kedua bagian tersebut akan kami bahas dibawah ini. Langsung saja kita baca bagian-bagian bunga dibawah ini.

1. Induk Tangkai Bunga

Pexels

Bagian bunga yang pertama akan dibahas adalah bagian bunga. Atau biasa disebut dengan sebutan bahasa latin yaitu ( Rachis Penduculus ) berfungsi sebagai penopang atau penyangga dan juga dapat sebagai penghubung antara ranting dengan tangkai yang lainnya. Tangkai bunga adalah bagian pertama dari bunga.

2. Bagian Tangkai Bunga

bunga
pixabay.com

Fungsi dari tangkai bunga adalah sebagai penyangga bunga. Berbeda dengan induk tangkai, tangkai bunga lebih kepada bagian terakhir antara induk bunga dengan bagian paling dasar pada bunga tersebut. Dan pada umumnya orang yang ingin memetik pada lewat bagian tangkai ini.

3. Bagian Dasar Bunga

Bagian bunga yang paling dasar selain tangkai atau yang memiliki bahasa latin ( Receptacle ) adalah bagian bunga yang paling bawah atau yang menempel dengan tangkai berfungsi sebagai tempat tumpuan oleh bunga yang lainnya atau sebagai tempat meletakkan mahkota bunga.

4. Bagian Daun Pelindung

Bagian yang selanjutnya adalah bagian pelindung dari bunga atau memiliki bahasa istilah yaitu adalah ( Brachtea ). Bagian ini sangatlah berfungsi sebagai tempat tumbuhnya bunga. Pada bagian daun pelindung ini bunga berkembang/mekar sekaligus adalah bagian terakhir dari bunga.

5. Bagian Daun Tangkai Bunga

Kemudian bagian selajutnya adalah tagkai daun bunga atau dengan nama ilmiahnya brachteola. Adapun fungsi dari bagian tangkai bunga yaitu sebagai daun pelindung. Letak tangkai bunga persis di pangkal tangkai bunga.

6. Bagian Kelopak Bunga

Kelopak bunga atau yang sering disebut juga dengan sebutan sepal ini sangat berfungsi sebagai pelindung mahkota pada dan juga dapat sebagai penyelimut mahkota disaat bunga masih kuncup maupun saat bunga sudah mekar. Bagian ini adalah bagian terpenting dari sebuah bunga.

Ketika bunga sudah mulai mekar maka kelopak bunga tersebut akan menyesuaikan besar dari mahkota bunga tersebut. Ketika bunga sudah mekar dengan sempurna maka kelopak bunga akan membentuk seperti bunga yang terlapisi nya.

7. Bagian Mahkota Bunga

Bagian bunga yang paling indah itu terdapat pada mahkota bunga. Sebab pada mahkota bunga memilki beraneka ragam warna yang menarik dan indah dipandang. Sehingga ahli tanaman menyatakan bahwa mahkota bunga disebut sebagai perhiasan bunga.

Mahkota bunga atau nama lainnya corolla dengan corak beraneka ragam menjadikannya sasaran utama bagi serangga untuk memperoleh benang sari dalam proses penyerbukan.

Inilahyang menjadikan fungsi dari mahkota bunga yaitu membantu dalam proses penyerbukan. Mahkota bunga merupakan bagian luar dari struktur bunga. Inilah yang menyebabkan mahkota bunga sebagai salah satu indikator dari keindahan dan kecantikan dari suatu tanaman.

8. Bagian Benang Sari

Benang sari atau  yang disebut juga dengan stamen merupakan bagian alat kelamin jantan dari bunga. Fungsi dari benang sari adalah membantu proses dari perkembangbiakan atau reproduksi sebuah bunga berfungsi sebagai pertumbuhan bunga yang baru.

Pada bagian stamen terdiri dari 3 bagian utama diantaranya adalah kepala sari atau atheral, serbuk sari atau polen  dan tangkai sari atau filament.

Tinggalkan komentar