barakallah fi umrik

√ Arti dan Penjelasan Dari Kata Barakallah Fii Umrik

BARAKALLAH FII UMRIK – Pada artikel abahadil kali ini akan membahas sampai tuntas apa itu barakallah fii umrik. Pasti anda yang sedang membaca artikel ini sering sekali mendengar kalimat barakallah, baik dari ustadz, guru, hingga para kawan-kawan anda yang sering mengucapkan kalimat yang ajaib ini.

Biasanya mereka mengucapkan barakallah fii umrik kepada anda atau kepada orang yang ia temui, dan disaat ia mendapatkan kabar bahagia atau mendapatkan nilai yang bagus dari pelajarannya mereka pasti mengucapkan kalimat ajaib itu.

Mungkin kita sendiri sedang bingung apa arti dari kalimat ajaib tersebut, apa sih arti dari barakallah fii umrik ?. Nah!! mari kita langsung saja bahas apa itu arti kata-kata ajaib itu, langsung saja lihat dibawah ini.

Arti barakallah Fii Umrik 

barakallah fi umrik
santrigaul.com

Barakallah (بارك الله) adalah kalimat yang berasal dari bahasa Arab, kalimat tersebut terdiri dari 2 kata yaitu adalah “baraka(بارك)” dan “Allah(الله). Kata “baraka” memiliki arti “berkah”, sedangkan “Allah” tetap “Allah”. Dan jika kedua kalimat tersebut digabungkan dan maka memiliki arti ” Semoga Allah Memberkahi”.

Itulah arti dari kata ajaib tersebut. dan biasanya orang menggabungkan kalimat tersebut dengan kalimat tambahan yaitu  “fiika (فيك)”, “fiiki (فيك)” atau “fiikum (فيكم)”, yang bermakna kepadamu (untuk laki-laki), kepadamu (untuk perempuan) dan kepada kalian (banyak orang).

Ungkapan ini sering sekali di ucapkan oleh para sahabat Nabi SAW, sebagai mana yang di yang dikutip di dalam perkataan Ibunda Aisyah RA ( riyawat Imam An-Nasa’i) yang berbunyi

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Maknanya adalah :

” Aku menghadiahkan seekor domba kepada Nabi Muhammad SAW.Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah (وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ) [semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).

Selain itu, bisa juga kita menambahkan ungkapan baarakallaah dengan “laka” bagi laki-laki, “laki” bagi perempuan dan “lakum” bagi banyak orang seperti yang pernah diucapkan oleh Rasulullah ketika mendo’akan pengantin.

Dengan begini pasti anda sudah tahu arti barakallahu fiikum. Tetapi tidak sampai disitu saja anda harus tahu juga kapan saja waktu yang tepat untuk mengucapkan barakallahu fiikum. Nah!! abahadil sudah merangkumnya dibawah ini

Jawaban Ketika Diberi Doa Barakallah Fii Umrik

barakallah fii umrik
catatanakuntasi.blogspot.com

banyak sekali orang yang lupa untuk menjawab orang yang telah mengucapkan kalimat barakallah fii umrik, padahal orang tersebut telah mendoakan anda. Seperti orang yang mengucapkan salam maka kita juga harus menjawabnya dengan salam lagi. Tetapi bagaimana menjawab kalimat barakallah fii umrik yang telah orang ucapkan kepada anda?

Disaat orang mengucapkan barakallah fii umrik kepada kita, sebaiknya kita menjawab dengan dengan kalimat wa fiikum barakallah yang memiliki arti dan pada kamu juga barokah Allah. Hal ini membuat hubungan antar muslim semakin kuat. Maka dari itu biasakan untuk menjawab kalimat barakallah fii umrik kepada orang yang telah mendoakan kita.

Intisari Barakallah Fii Umrik

makna-barakallah-fii-umrik
lahiya.com

Bila ada rekan atau keluarga anda yang sedang milad, maka doakanlah dengan mengucap barakallah fii umrik karena dengan doa ini sama saja anda mendoakan teman anda tersebut agar lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Demikian juga saat anda sedang berulang tahun teman-teman anda juga akan mengucapkan kata yang sama, agar kehidupan kedepan anda lebih baik dari kehidupan yang selanjutnya.

Barangkali boleh-boleh saja dengan merayakannya dengan makan bersama keluarga atau bersama-sama kawan-kawan serta lakukan pesta kecil-kecilan (yang pasti pesta itu tak boleh dengan beberapa hal yg tidak diijinkan dalam islam) serta tak terlalu berlebih. Hal semacam itu mungkin saja dapat menjadi sinyal kalau anda masihlah diberikan kehidupan oleh Allah SWT jadi disyukuri dengan makan berbarengan.

Namun ingatlah, dengan datangnya milad bermakna usia anda sesungguhnya bukanlah jadi tambah namun menyusut. Perbanyaklah kesibukan yang berkaitan dengan Allah SWT jadi Allah SWT bakal mempermudah semua pekerjaan anda.

Mudah-mudahan anda dapat beristiqomah dalam mendoakan orang lain dengan mengatakan barakallah pada orang yang tengah milad.

Waktu Yang Bagus Untuk Mengucapkan Barakallahu Fii Umrik

barakallah fii umrik
Lamandala.net

Sebenarnya untuk pengucapan barakallah fii umrik tidak ada waktu yang ditentukan. Tetapi sebaiknya anda mengucapkan barakallah fii umrik pada waktu-waktu yang telah kami rekomendasikan ini. Karena kami sudah merangkumnya dari beberapa sumber buku-buku islami yang membahas tentang kata ajaib ini.

1. Mendapatkan Hadiah

kado ulang tahun
Warriortraining.us

Ketika kita mendapatkan hadiah atau sejenisnya dari orang lain, maka hendaknya kita mendoakan orang tersebut kebaikan seperti yang telah dicontohkan hadist diatas. Yaitu dengan mengucapkan barakallah fii umrik dengan mengucapkan kalimat yang simpel ini saja kita sudah mendoakan yang sangat baik kepada orang yang telah memberikan hadiah kepada kita.

2. Hendak Memberi Hadiah Kepada Orang Lain

kado ulang tahun
Kiplinger

Tidak hanya saat kita diberi hadiah oleh orang lain, tetapi sebaiknya kita juga mendoakan orang yang ingin kita beri hadiah dengan ucapan barakalla fii umrik. Agar benda yang kita berikan kepada orang tersebut menjadi lebih berkah dan bisa lebih bermanfaat kepada yang kita beri hadiah tersebut. Maka dari mulai sekarang biasakan untuk mengucapkan barakallah fii umrik kepada orang yang kita beri hadiah.

3. Ulang Tahun

barakallah fii umrik
teachermagazine.com.au

Ketika ada keluarga,kerabat, atau guru yang sedang ulang tahun sebaiknya kita mengucapkan kalimat barakallah fii umrik. Karena jika kita mengucapkan kalimat ini sama saja kita mendoakan orang yang sedang berulang tahun tersebut agar umurnya diberkahi oleh Allah SWT. Maka dari itu biasakan jika ada orang yang sedang berulang tahun berikan lah kalimat ajaib tersebut.

Sekian penjelsan dari kami tenteng barakallah fii umrik semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada kritik dan saran anda bisa menuliskannya dibawah ini. Sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan komentar