fidget spinner

5+Cara Membuat Fidget Spinner Beserta Video Pembuatannya

CARA MEMBUAT SPINNER – Pada artikel kali ini abahadil akan menjelaskan tentang cara membuat fidget spinner dengan baik dan bagus tidak hanya cara membuat akan membahas tentang jenis, pengertian/adalah, pembuat fidget spinner

Mungkin saja beberapa bulan belakangan ini kita sering sekali melihat fidget spinner. Anda pasti sangatlah ingin membuat spinner sendiri seperti yang vidio-vidio yang sering anda tonton.

spinner ini sangat populer dikalangan pemuda dan pemudi yang ada di seluruh dunia, pemuda Indonesiapun juga tidak kalah ketinggalan dengan spinner ini.

Fidget Spinner Adalah

 

Fidget spinner adalah sebuah mainan yang sangat sedang populer di Indonesia. Sebenarnya fidget spinner ini sudah lama di temukan hanya saja baru populer di Indonesia baru-baru ini.

Fidget spinner ini sangat digandrungi oleh pemuda zaman sekarang karena sedang trend. selengkapnya anda bisa membacanya di bawah ini.

Penemu Fidget Spinner

fidget spinner
pixabay.com

Pasti anda sampai sekarang belum mengetahui siapa dalang pembuat fidget spinner ini.  Spinner pertama kali dipatenkan oleh lelaki yang bernama Catherine A Hettinger pada tahun 1996.

Dengan mainan yang unik ini, sang pembuat spinner sangat berharap agar kebiasaan- kebiasaan buruk seseorang seperti menggigit kuku bisa dihilangkan dengan permainan ini dan agar dapat menghilangkan kebosanan seseorang.

Manfaat Fidget Spinner

fidget spinner
pixabay.com

Memang belum ada yang meneliti dengan detail manfaat mainan ini Namun, ada beberapa pakar yang mengatakan  bahwa melakukan permainan memutar dengan tangan bisa membantu kita tetap fokus dan tenang.

Menurut Julie Schweitzer, peneliti bidang perilaku, anak-anak yang memiliki gangguan pemusatan perhatian dan perilaku (ADHD) akan mendapatkan manfaat dari melakukan permainan fidget (memutar pelan, memantul, atau bergerak perlahan-lahan).

Walau begitu, alat yang juga dapat dipakai dalam terapi itu biasanya bola karet yang besar. Hasilnya pun belum tentu sama dengan menggunakan alat pemutar kecil di tangan seperti spinner. Jadi, belum terbukti apakah spinner memang bisa meningkatkan fokus.

Pada dasarnya menghilangkan bosan (fidgeting) merupakan aktivitas yang sudah sering kita lakukan, walau tanpa spinner. Bila Anda pernah menekan ujung kepala pulpen berulang-ulang, sebenarnya kita juga sedang melakukan “fidgeting”.

Banyak orang mengatakan bahwa menekan objek di tangan memang membantu mereka tetap fokus saat melakukan sebuah pekerjaan atau mengikuti rapat yang panjang. Objeknya tak cuma pulpen, tapi juga earphone, penjepit kertas, atau kuku.

Jenis-jenis Fidget Spinner

 

Spinner memiliki banyak sekali jenis, pasti anda bingung ingin membeli jenis spinner yang seperti apa? Nah!! kami sudah merangkum jenis spinner yang paling bagus dan unik.

1. EWR Spinner Fidget Toy

spinner
pixabay.com

Spinner ini adalah spinner model Indonesia yang klasik. Terdiri dari satu buah bearing untuk berputar dan 3 bearing lagi untuk penyeimbang. Jenis spinner ini paling standar juga.

2. Axle by Destroyer Brands

spinner
youtube

Yang selanjutnya adalah axle by destroyer brands, spinner ini adalah spinner modifikasi dan spinner yang diatas, bentuknya lebih sangar. Ditambah lagi dengan bentuknya yang gerigi membuat spinner ini di sukai oleh pecinta spinner.

3. Victoren Metal Hand Spinner

fidget spinner
DHgate.com

Jika anda memiliki selera elegan sepertinya fidget spinner yang satu ini sangat cocok untuk anda yang suka gaya elegan. Bentuknya yang elegan dan dinamis sangat cocok bagi anda yang suka spinner dengan gaya elegan.

4. Sayha hand Spinner

spinner
Blibli.com

Yang selanjutnya adalah sayha hand spinner. Jika spinner yang lainnya memiliki 4 bearing, tidak dengan spinner ini, spinner ini hanya mempunyai 3 bearing. Meskipun terlihat kecil spinner ini dapat tetap menampung 3 bearing.

5. Batman Hand Spinner

spinner
ebay.es

Yang selanjutnya adalah hand spinner. Untuk anda pecinta film batman dan sangat menggemari spinner. Ini adalah spinner yang harus anda beli. Dengan bentuknya seperti batman, membuat spinner ini di gemari oleh pecinta spinner.

Harga Fidget Spinner

Anda masih bingung dengan harga fidget spinner. Untuk harga dari spinner sangat bervariasi tergantung dengan jenis dan bahan yang digunakan. Biasanya harga yang dibandrol spinner sekitar puluhan ribu sampai ratusan ribu tergantung pada merk dan bahan yang digunakan untuk membuat spinner ini.

Cara Membuat Fidget Spinner

spinner
youtube

Mari kita bahas pembahsan intinya yaitu adalah cara membuat spinner. Pasti anda sedang bertanya-tanya bagaimana cara membuat spinner sendiri dirumah. Nah!! kali ini abahadil akan menerangkannya dengan detail dan terperinci, ditambah dengan vidio-vidio spinner.

1. Siapkan Karton

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah kertas karton atau kardus. Kertas karton biasanya sangat mudah ditemukan di warung-warung sekitar rumah kita.

2. Siapkan Bearing

Setelah karton adalah bearing, bearing sangat berfungsi sebagai pemutar fidget spinner ini. Untuk ukuran bearing anda bisa menyesuaikan dengan kebutukan spinner anda. Jika anda ingi membuat spinner dengan ukuran kecil maka anda membutuhkan bearing yang kecil juga, dan lalu sebalinya.

3. Lem Power Glue / Lem G

Bahan yang selanjutnya adalah lem power glue/lem g, mengapa harus memakai lem ini? karena lem ini memiliki daya perekat yang sangat kuat tidak seperti lem-lem yang lainnya. Tidak hanya bisa untuk mengelem kertas tetapi lem ini juga bisa digunakan untuk kayu, besi, kaca dan masih banyak lagi kegunaannya.

4. Cat

Jika anda ingin membuat spinner yang lebih menarik sebaiknya anda juga mengecet spinner tersebut. Dan kami sarankan anda menggunakan cat semprot/pilok. Agar warnanya lebih maksimal dan mudah dalam proses pengecetan

Cara Membuat Spinner Dari Karton

Cara Membuat Spinner Dari Rantai

 

Cara Membuat Spinner Dari Lem

Cara Membuat Spinner Dari Timah

Cara Membuat Spinner Dari Coklet

 

4 pemikiran pada “5+Cara Membuat Fidget Spinner Beserta Video Pembuatannya

  1. Wah, bisa bikin, ya? Agak susah tapinya. Kayaknya aku mah mending beli aja. Gak ngerti bikin begituan. 😀

Tinggalkan komentar