Penjelasan dan Penjabaran Dasa Darma Pramuka

Dasa Darma Pramuka – Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian, hakekat dasa darma pramuka. Pada artikel ini kami tidak hanya mempelihatkan teks dasa  darma pramuka tetapi kami akan membahas makna dari dasa darma pramuka.

10 Poin Teks Dasa Darma Pramuka

dasa darma pramuka
bp.blogspot.com
  1. Takwa Kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Kepada Manusia
  3. Patriot yang Sopan dan Kesatria
  4. Patuh dan Suka Bermusyawarah
  5. Rela Menolong dan Tabah
  6. Rajin, Terampil dan Gembira
  7. Hemat, Cermat dan Besahaja
  8. Disiplin, Berani dan Setia
  9. Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya
  10. Suci Dalam Pikiran, Perkataan Maupun Perbuatan

Kode kehormatan

hormat
bradagas.blogspot.com

1. Kode pramuka terdiri dari beberapa janji yang dinamakan dengan janji satya dan ketentuan dalam moral yang disebut juga dengan darma merupakan satu unsur dari metode kepramukaan dan alat pelaksaan dalam prinsip dasar kepramukaan.

2. Kode pramuka yang disebut satya terbagi menjadi 3 yaitu :

  • Janji yang telah dilakukan seoarang calon anggota gerakan pramuka setelah memenuhi beberapa persyaratan menjadi anggota
  • Tindakan pribadi untuk mengikat janji yang telah diucapkan dan mengamalkan janji tersebut
  • Titik tolak jika anda mengamalkan janji tersebut maka anda akan berkembang dengan viss, moral. emosional, mental, baik dari segi pribadi maupun dan keanggotaan.

3. Kode Pramuka dalam bentuk ketentuan moral yang biasanya disebut dengan darma adalah:

  • Alat sebagai pendispilinan diri sendiri dan mengembangkan budi pekerti
  • Agar memberi pengalaman praktis yang akan mendorong para anggota pramuka menemukan, mematuhi sistem nilai yang ada di masyarakat
  • Landasan gerakan pramuka adalah untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualiatas dan dekat dengan masyarakat
  • Kode etik pada pramuka, dengan adanya landasan ketentuan moral yang disusun dan ditetapkan dengan bersama dengan mengatur hak para anggota, dan pembagian tanggung jawab

4. Kode kehormatan pramuka merupakan budaya organisasi gerakan pramuka yang terlandasi dengan sikap, tingkah laku para anggota dalam hidup dan kehidupan berorganisasi.

Pokok-pokok Penjelasan Dan Penjabaran Dasa Darma

pramukaupdate.wordpress.com

Bukan hanya menjelaskan dengan mudah tetapi kami juga akan membahas dengan detail pokok-pokok dan penjelasan tentang dasa darma pramuka. Dan jika anda membaca artikel ini sampai selesai maka anda akan mengerti pokok-poko dasa darma pramuka.

1. Takwa Kepada Tuhan yang Maha Esa

allah
abahadil

Sebagai manusia yang lemah kita harus menyembah Allah SWT. Allah adalah pencipya bumi dan langit besarta isinya. Maka sebagai ciptaan-nya kita harus bertakwan dan beribadah dengan tekun sebagai hambanya.

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Kepada Manusia

hutan tropis
pixabay.com

Sebagai menusia yang selain bertakwa kepada allah, kita harus memiliki ras kasih sayang kepada manusia di sekitar kita. Kita juga tidak bisa hidup sendirian, kita butuh teman, bertetangga. Kita tidak akan bisa hidup tanpa orang yang di sekitar kita.

3. Patroit yang Sopan dan Setia

Sebagai anggota prmuka kita harus berprilaku sopan. Tindakan kita pasti akan diperhatikan oleh masyarakat sekitar. Kesopanan melambangkan pribadi seseorang di tengah-tengah masyarakat sekitar kita.

4. Patuh dan Suka Musyawarrah

discussion
pixabay.com

Dalam situasi apapun kita sebagai anggota pramuka harus patuh pada hasil musyawarrah yang telah di tentukan, dan selayaknya kita sebagai anak pramuka harus menentukan sesuatu dengan bermusyawarrah.

5. Rela Menolong dan Tabah

tolong mrnolong
youtube

Sebagai anggota pramuka kita harus saling tolong menolong dengan sesema manusia, tanpa melihat suku, kulit, bangsa kita harus tetap saling tolong menolong, jika anda tolong menolong sebaiknya anda tabah dan ikhlas untung menolong.

6. Rajin, Terampil dan Gembira

Jika anda ingin menjadi seorang anggota pramuka maka anda harus memiliki ketiga sifat tersebut. Kegiatan pada saat pramuka maka anda harus menjalaninya dengan sehat agar lebih meksimal melakukannya. Anda juga harus menjadi orang yang hemat dalam segala bidang.

7. Hemat, Cermat dan Bersahajasaving

Ada ungkapan yang mengatakan “hemat pangkal kaya”. Betul sekali dengan berhemat,
tidak menghambur-hamburkan uang untuk jajan, tidak berhura-hura untuk kepentingan sesaat merupakan awal menjadi orang kaya.

Pramuka harus cermat dalam pengeluaran uang, memprioritaskan apa yang harus dibeli atau didahulukan, dan mana yang tidak perlu janganlah dibeli. Meskipun
ia kaya, seorang Pramuka jangan sombong di depan orang lain, jangan
angkuh, bersahaja dalam bergaul.

8. Disiplin, Berani dan Setia

Sebagai anggota pramuka kita harus menjujung tinggi nilai kesitian, bukan haya kesitiaan tetapi anda harus memilki sifat yang pemberani dan disiplin agar mudah dalam mengerjakan saat pramuka

9. Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya

Setiap anggota Pramuka harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah ia perbuat, jangan lari, jangan lempar batu sembunyi tangan. Ia harus konsekuen karena ini adalah modal dari kepercayaan terhadap kita.

10. Suci Dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan

Inilah sifat yang benar-benar harus di milki oleh pramuka yang sejasi yaitu memilki pikiran, perbuatan, dan perkataan yang suci agar bisa diterima oleh masyarakat.

Sekian penjalsan dari kami tentang penjelasn dan penjabaran dasa darma pramuka. Mudah-mudah bisa bermanfaat bagi para pembacanya

Tinggalkan komentar