10 Keutamaan Doa Setelah Wudhu

DOA SESUDAH WUDHU – Pada artikel saya kali ini akan membahas tentang doa setelah wudhu, tetapi bukan hanya itu saja kamu juga akan membahas tentang keutamaan wudhu, doa niat wudhu, doa sebelum wudhu, doa tayamum, dan masih banyak lagi yang akan dibahas pada artikel abahadil kali ini.

Doa Setelah Wudhu

doa-sesudah-wudhu
akidahislam.com

Keutamaan dan Hikmah Berwudhu

Walaupun keliatannya sangat mudah diucapkan ternyata dibalik kemudahan bacaan doa setelah wudhu ini memiliki banyak sekali hikmah dan keutamaan jika anda melakukan doa ini setelah wudhu. Mari kita baca keutamaan berwudhu dibawah ini.

1. Pembersih Dari Noda-noda Dosa dan Penambah Amal Kebajikan

Perlu kita sadari bahwa manusia itu bukanlah makhluk yang benar-benar sempurna, Allah SWT telah mensifatkan manusia sebagai orang yang lali dan bodoh, sehingga tidak ada satu orangpun di dunia yang dapat terhindar dari dosa. Seperti yang ada di surat Al Ahzab ayat 72 silahkan anda bisa membacanya di quran.

Bukan hanya ada di al-quran tetapi di hadist juga ada ” Dari Anas bin Malik Rasulullah bersabda : Setiap anak adam pasti akan melakukan kesalahan. Dan sebaik-baik mereka yang berbuat kesalahan adalah orang yang selalu ber-taubat kepadanya ( Allah SWT )” .( HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Ad Darimi )

Akan dengan rahmat Allah yang maha luas, Allah memberikan solusinya yang dapat membersihkan dosa-dosa anak-anak Adam dan diantaranya adalah dengan cara berwudhu.

Seperti dalam sebuah hadist ” Dari sahabat Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: Apa bila ada seorang muslim yang berwudhu dan kemudian membasuh wajah, maka akan keluar dari wajahnya tersebut dosa pandangan yang dilakukan dengan kedua matanya. Apabila ia membasuh kedua tangannya maka dosa yang telah dilakukan kedua tangannya akan keluar bersamaan dengan air tetesan wudhunya. Apabila ia membasuh kedua kakinya maka dosa-dosa yang dilakukan oleh kedua kaki akan berguguran’, hingga ia selesai wudhu maka ia dalam keadaan suci ( HR. Muslim n0.224)

2. Anggota Yang Terkena Wudhu Akan Bercahaya Pada Hari Kiamat

Pada hari kiamat kelak Rasulullah SAW akan membedakan umatnya dengan umat yang lainnya dengan cahaya yang nampak pada anggota badan yang terkena air wudhu. ” Rasulullah SAW bersabda ; Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat kelah dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka dipenuhi dengan cahaya yang nampak pada anggota wudhu. ( HR. Al-Bukhari no. 136 | Muslim no. 246 )

Dan dalam riwayat yang lain :

Bagaimana engkau dapat mengenali umatmu setelah sepeninggalanmu, wahai Rasulullah SAW sambil Rasulullah menjawab ; ” Tahukah kalian jika ada seseorang yang memiliki kuda yang berwarna putih

Tinggalkan komentar