√ 5 Keutamaan dan Manfaat Doa Untuk Orang Sakit

Doa Untuk Orang Sakit – Sakit merupakan salah satu ujian yang diberikan Alloh SWT kepada hamba-Nya. Meski sakit menyebabkan seseorang tidak bisa beraktifitas seperti biasanya, sakit yang diberikan Alloh SWT mempunyai banyak faedah.

Beberapa faedah sakit bagi orang sakit adalah bergugurannya dosa dan menjadi pengingat untuk mentafakuri dosa atau kesalahan yang telah dilakukan. Selanjutnya, islam  juga memberikan cara untuk mengobati penyakit sesuai dengan syariat islam. Salah satunya adalah melalui doa.

Doa untuk Orang Sakit

tasaqu.com

Ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim yang artinya “Dari  ‘Aisyah semoga Alloh ridho kepadanya, beliau berkata, “Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah memintakan perlindungan pada Alloh SWT untuk keluarganya. Beliau mengusap menggunakan tangan kanannya dan berdoa:

Allohumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu wa antasy-syaafii laa syifaaan illa syifaauka syifaa an laa yughoodiru saqomaa.

Artinya: “Ya Alloh, Tuhannya manusia, hilangkanlah kesulitan dan berilah ia (orang yang sakit) kesembuhan, Engkaulah Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit yang lain.”

Doa untuk Orang Sakit Latin

bukubiruku.com

Selain doa untuk orang sakit yang diriwayatkan dari ‘Aisyah, ada juga doa untuk orang sakit berikut ini. Cara pengaplikasiannya adalah sambil menyentuh bagian yang sakit dengan tangan kanan, kemudian ucapkan doa:

Bismillah, A’uudzu bi’izzatillahi wa qudrotihi min-syarri maa ajidu wa uhaadziru

Artinya: Dengan menyebut nama Alloh, aku berlindung dengan keperkasaan Alloh dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang aku dapatkan dan aku khawatirkan.

Doa Orang Sakit 3

youtube

Ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Buhkori dan Muslim, bahwasanya ‘Aisyah R.A pernah berkata: Rosululloh SAW pernah didatangi oleh seseorang yang sedang sakit. Beliau lalu meletakkan jari telunjuk ke tanah, kemudian sedikit meludahinya, lalu mengusapkan jari telunjuk beliau ke bagian tubuh orang yang sakit sambil mengucapkan doa berikut:

Bismillahi turbatu ardhinaa biriqooti ba’dinaa yusyfa saqimunaa bi’idzni Robbinaa

Artinya: Dengan nama Alloh, tanah kami dengan setengah ludah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan seizin Tuhan kami.

Doa untuk Orang Sakit 4

pixabay

Selain doa sebelumnya, ada beberapa doa lain yang dapat dijadikan wasilah untuk menyembuhkan penyakit. Salah satunya adalah doa berikut.

Yaa ayyuhan naasu qod jaa atkum mau’idzotummirrobbikum wa syifaa ul limaa fiish shuduuri wa huwaw warokhmatul lilmu’miniiin

Artinya: Wahai manusia, sesungguhnya telah datang padamu pelajaran dari Tuhanmu dan obat untuk penyakit-penyakit yang ada di dalam dada dan petunjuk serta rahmat untuk orang-orang beriman (Q.S Yunus ayat 57)

 

Doa untuk Orang Sakit Melalui Terapi Quran

pixabay

Terapi Quran menjadi salah satu solusi untuk menyembuhkan penyakit. Ada banyak ayat di Al-Quran yang bisa menjadi perantara sembuhnya penyakit yang diderita. Contohnya adalah dengan membaca Surat Fush Shilat ayat ke-44.

Walauja’alnaahu qur aanan a’jamiyyallaqooluu laulaa fushshilat aayaatuh. A a’jamiyyuw wa’arobiyy. Qul huwa lilladziina aamanuu hudawwasyifaau. Walladziina laa yu’minuuna fii adzaanihim waqruwwahuwa ‘alaihim ‘amaa. Ulaaaika yunaa dauna mimm makaanimm ba’iiid.

Artinya: Dan jikalau Kami jadikan Al Quran suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentu mereka akan mengatakan: “ Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayat (yang ada di dalamnya)” Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedangkan Rosul adalah orang Arab? Katakanlah:”Al Quran adalah petunjuk dan penawar untuk orang-orang mukmin. Dan pada orang-orang yang tidak beriman di telinga mereka ada sumbatan, sedangkan Al Quran adalah kegelapan bagi mereka (orang-orang yang tidak beriman). mereka adalah seperti yang dipanggil dari tempat yang jauh.

Doa untuk Orang Sakit Q.S Al-Isra’ Ayat 82

pixabay

Metode penyembuhan penyakit selanjutnya adalah dengan menggunakan ayat Al Quran surat Al isra’ ayat 82.

Wanunazzilu minal qur aani haa huwa syifaa uw warohmatul lilmu’miniina wa laa yaziidudz dzoolimiina illa khosaaroo

Secara makna, ayat tersebut mengandung arti bahwa Al Quran diturunkan untuk menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman. Al Quran juga hanya akan menambahkan kerugian bagi orang-orang yang dzolim.

Doa untuk Orang Sakit QS Al-Hashr (59) Ayat 21

Lau annzalnaa haadzal qur aana ‘alaa jabalil laroaytahu khoosyi’am mutashod di’am min khosyatillaaah. Wa tilkal amtsaalu nadhribuhaa linnaasi la’allahum yatafakkaruuun.

Inti dari ayat tersebut mempunyai makan bahwa jika seandainya Al Quran diturunkan kepada sebuah gunung, niscaya gunung tersebut akan hancur. Hal itu disebabkan oleh ketakutan gunung kepada Alloh SWT. perumpamaan tersebut Alloh ciptakan supaya manusia berfikir.

Meminta Kesembuhan dengan Terapi Qur’an

pixabay.com

Doa untuk orang sakit selanjutnya dapat dilakukan dengan membaca surat Al-A’rof ayat 55.

Ud’uurobbakum tadhorru’aw wakhufyah. Innahuu laa yuhibbul mu’tadiiin

Makna ayat tersebut adalah bahwa manusia diperintahkan untuk berdoa kepada Alloh dengan suara yang lembut sambil berendah diri di hadapan-Nya. Ayat tersebut juga menerangkan bahwa Alloh tidak suka kepada orang melampaui batas.

Doa untuk Orang Sakit dari Al Quran

ummi-online.com

Doa terakhir yang dapat dilakukan sebagai media penyembuhan dalam kehidupan kita adalah dengan membaca surat Al-A’rof ayat 56. Berikut ini isi ayatnya.

Walaa tufsiddu fil ardhi ba’da ishlaahihaa wad’uuhu khoufaw wathoma’aa. Inna rohmatallohi qoriibum minal muhsiniiin.

Makna dari cuplikan ayat Al Quran tersebut adalah larangan untuk membuat kerusakan di muka bumi. Karena Alloh telah memperbaikinya, dan anjuran supaya berdoa kepada Alloh. Doa tersebut harus didasarkan pada 2 sifat, yaitu takut (doa tidak diterima) dan harapan (supaya doa dikabulkan).

Tinggalkan komentar