paru-paru

Penjelasan Tentang Fungsi Bronkus Beserta Gambar

Fungsi Bronkus – Kali ini abahadil akan menerangkan tentang fungsi dan pengertian apa itu bronkus. Abahadil akan menerangkannya dengan jelas dan detail agar para pembaca puas dengan artikel yang di buat abahadil ini. Langsung saja anda bisa membacanya di bawah ini. Selamat membaca!!!!

Pengertian Bronkus

Bronkus adalah cabang dari batang tenggorokan yang terletak di setelah trakea dan sebelum paru-paru. Setelah masuh ke dalam paru-paru maka bronkus akan bercabang dan dinamakan dengan bronkiolus. Bronkus yang do sebelah kanan akan mencadi 3 cabang yang dinamakan dengan bronkus lobaris, sedang yang sebelah kiri menjadi 2 cabang yang dinamakn dengan bronkus lobaris. Bronkus berfungsi membawa udara menuju paru-paru.

Fungsi Bronkus

paru-paru
pixabay.com
Adapun fungsi bronkus tak berbeda dengan saluran pernapasan lainnya, yaitu:
1. Menyaring udara pernapasan
Silia pada sel – sel epitel berperan dalam penyaringan udara pernapasan. Fungsi penyaringan ini sama dengan penyaringan yang terjadi di dalam hidung. Hanya saja penyaringan udara yang terjadi di dalam bronkus hanya sekedar penyaringan sekunder.
2. Melembabkan udara pernapasan
Mukus atau lendir yang dihasilkan oleh sel- sel epitel bronkus berfungsi untuk melembabkan atau menghangatkan udara pernapasan. Suhu lingkungan akan mempengaruhi udara pernapasan. Ketika cuaca panas, maka udara panas yang masuk akan dilembabkan oleh mukus. Dan sebaliknya ketika udara dingin masuk, mukus ini akan menghangatkan udara tersebut. Sehingga tidak terjadi perbedaan suhu.
3. Menangkap kotoran yang masuk bersama udara pernapasan
Mukus yang dihasilkan oleh epitel selain untuk melembabkan udara seperti pada poin 2, juga berperan menangkap kotoran atau debu atau partikel yang terbawa masuk bersama udara pernapasan. Debu atau kotoran ini akan di keluarkan melalui mulut.
4. Menyalurkan oksigen dari lingkungan ke dalam tubuh
Bronkus menghubungkan lingkungan dan organ tubuh bagian dalam. Hal ini berhubungan dalam penyaluran oksigen dari lingkungan ke dalam tubuh.
5. Menyalurkan karbondioksida dari dalam tubuh ke lingkungan
Sebaliknya dari poin 4, bronkus menghubungkan bagian dalam tubuh yang mengeluarkan karbondioksida ke lingkungan.
6. Menghubungkan trakea dengan paru – paru
Bronkus terdapat di dalam rongga dada merupakan saluran yang langsung berhubungan dengan paru – paru. Melalui bronkus inilah hubungan antara paru- paru dan organ pernapasan lainnya terjalin (hidung, trakea).
7. Menopang paru – paru
Bronkus tersusun atas tulang rawan, bronkus masuk ke dalam paru – paru yang lunak. Dengan tulang rawan ini bronkus dapat menopang paru – paru.

Struktur Dan Bagian Bronkus

Terdapat beberpa divisi dari cabang bronkus. Yang pertama adalag bronkus lobalia yang merupakan cabang bronkus yang paling utama, 3 di paru kanan dan 2 di paru kiri. Tidak samapi disitu saja, bronkus lobaris akan bercabang kembali yang cabang itu dinamkan dengan bronkus segmetal, 10 pada paru kanan dan 8 pada paru kiri.

Bronkus segemetal akan bercabang lagi dan cabang itu dinamakan dengan bronkus subsegmental. Bronkus Subsegmental ini akan dikelilingi oleh jaringan ikat, pembuluh darah, limfatik, dan pembuluh saraf. Kemudian bronkus submental akan bercabang kembali dan cabang tersebut dinamakan dengan bronkiolus yang tidak memiliki kartilago (tulang rawa) pada dinding-nya.

1. Lapisan Epitel

Jarinag epitel yang menjadi penyusun bronkus adalah epitel silindaris bersilia, sel ini akan menghasilkan mukus atau seperti cairan kental seperti lendir yang akan menyaring kotorang yang akan menuju paru-paru kita.

2. Lamia propia

Lamia propia adalah lapisan yang berfungdi sebagai pondari dari sel epetil atau tempat menempelnya sel-sel epetil. Sel Lamia merupakan lapsan dari jarinagn ikat yang mengandung pembuluh darah, pembuluh limfa dan saraf.

3. Lapisan Otot

Lapisan otot yang menyusun bronkus adalah otot polos. Sifat dari otot polos adalah tidak bisa dikendalikan atau bekerja secara involunter atau tidak sadar.  Lapisan otot sangat berfungsi unutk mengatur lebar dinding bronkus, mereka dapat mengontrol fungsi ini dengan kontraksi atau relaksi dari otot tersebut

4. Lapisan Tulang Rawan

Tulang rawan adalah bagian utama yang menyusun sebagian besar dari alat pernafasan. Tulang rawan yang ada di bronkus seperti jala yang tidak tersusun. Tulang rawan memilki sifat yang lunak dan elastis sehingga dapat memudahkan gerakan pernafasan. Bronkiolus yang merupakan cabang dari bronkus tidak lagi mempunyai tulang rawan.

Perbedaan Bronkus Dan Bronkiolus

Bronkus adalah tabung yang bercabang dari trakea ke setipa paru-paru. Bronkiolus adalah sebuah tabung kecil yang bercabang masing-masing bronkus. Bronkus hanya ada dua dan bronkiolus memiliki ratusan. Dan untuk lebih tahu perbedan dari bronkus dan bronkiolus anda bisa langsung membacanya di bawah ini.

Bronkus

Seperti yang sudah saya jelas di atas bronkus merupakan salauran pernafasan yang terbentuk dari 2 belahan trakea pada ketinggian kira-kira vertebrata torakali kelima, memiliki struktur seperti trakea yang dilapisi dengan sel-sel yang sama. Bronkus berjalan ke arah bawah dan samping menuju paru-paru dan bercabang menjadi 2, yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri.

Bronkus kanan meiliki ukuran yang lenih lebar dibanding dengan bronkus kiri. Letak lebih sedikit tinggi dari pada arteri pulmonalis serta mengeluarkan sebuah cabang utama yang melintasi di bawah arteri, yang di sebut dengan bronkus kanan lobus bawah.

Sedangkan bronkus kiri memiliki ukuran yang lebih panjang dari pada bronkus kanan, diameternya lumayan lenih sempit di bandingkan dengan bronkus kanan dan melintasidi bawah arteri pulmonalis sebelun terbelah menjadi bebebrap cabang yang berjalan kelobus atas dan bawah.

Cabang utama dari bronkus adalah bronkus kanan dan kiri bercabang yang menjadi lobaris, kemudian menjadi lobus segmentalis.Bronkus ini kemudian bercabang dan , membentuk bronkus yang lebih kecil, dengan ujung cabang-nya disebut dengan bronkiolus. Dan setiap bronkiolus memasuki lobulus paru-paru, dan bercabang dan meiliki cabang sekitar 5-7 bronkiolus termalis.

Dan Bronkiolus terminalis adalah saluran udara terkecil yang tidak mengandung alveoli atau bahasa Indonesia-nya adalah kantong udara. Bronkiolus terminalis memiliki ukuran  garis tengah sekitar 1 mm. Bronkiolus juga tidak diperkuat oleh cincin tulang rawan. Tetapi dilapisi dengan otot polos sehingga ukurannya dapat berubah. Seluruh saluran udara ke bawah sampai tingkat bronkiolus terminalis disebut dengan  saluran pengantar udara karena fungsi paling utamanya adalah sebagai pengantar udara ke tempat pergantian gas paru-paru.

Sama dengan seprti halnya hepar, bronkus juga memiliki cabang segmentasi yang nantinya yang juga merupakan segmentasi bagi pulmo juga. Yang dimaksud dengan segmenta bronchopulmonalia adalah unit paru secara anatomis, fungsi dan pembedahannya. Dimana dalam masing-masing segmenta bronkus ini juga berperan sebagai segmenta pada pulmo yang memiliki ujung saluran, cabang arteria pulmonalis, aliran vena, aliran limfe dan persarafan otonom yg berbeda-beda pada masing-masing segmenta lainnya. Hal ini berfungsi pada pasien pneumonektomi (suatu prosedur pembedahan untuk pengangkatan paru).

Fungsi pernapasan bronkus adalah untuk melayani sebagai konduktor udara antara atmosfer dan lokasi pertukaran gas dan fungsi non-pernapasan adalah untuk menghilangkan partikel asing dari sistem pernapasan.

Bronkiolus

bronkious
monica-1510033.blogspot.co.id

Sistem pernapasan terdiri dari sepasang paru-paru dan trakea di mana kita menarik udara. Tekanan udara atmosfer memaksa udara masuk ke dalam. Agar hal ini terjadi, tubuh harus menurunkan tekanan udara di dalam rongga dada. Hal ini dilakukan dengan memperluas rongga, menggunakan otot-otot di tulang rusuk dan otot khusus yang disebut diafragma yang terletak di bawah paru-paru.

Ketika kita menghirup, udara pertama ditarik masuk melalui mulut dan hidung. Pindah ke bawah, ia pergi melalui faring (tenggorokan) dan melalui laring (kotak suara). Dari sana memasuki saluran udara utama yang disebut trakea. Trakea memiliki cincin tulang rawan yang mendukungnya. Cabang-cabang trakea keluar menjadi dua bronkus, satu untuk setiap paru-paru. Bronkus sendiri bercabang beberapa kali ke divisi yang lebih kecil. Setelah beberapa cabang, saluran udara ini tidak lagi didukung oleh cincin tulang rawan, dan disebut bronkiolus.

Fungsi utama dari bronkiolus adalah menyalurkan udara dari bronkus ke alveoli, dan untuk mengontrol jumlah udara yang didistribusikan melalui paru-paru dengan konstriksi dan dilatasi

Tinggalkan komentar