√ 10 Gambaran Surga Yang Harus Anda Ketahui Penjelasannya

GAMBARAN SURGA – Seperti yang sudah banyak diterangkan dalam Al-Qur’an bahwa Allah telah menjanjikan surga kepada seluruh hambanya yang bertakwa, beriman, rajin beribadah, selalu berbuat kebaikan dan menaati dan selalu mengikuti syariat Islam yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Lalu, bagaimana gambaran surga yang telah dijanjikan oleh Allah SWT? Secara umum, gambaran surga memiliki kenikmatan dan kebahagian yang tidak pernah ada abisnya. Disurga tidak ada orang memiliki wajah yang buruk, tua, semua pendudukan surga akan memancarkan cahaya dari seluruh tubuhnya.

Didalam surga anda tidak akan mengalami kedinginan dan kepanasan. Selain itu, jika anda surga anda akan selalu merasakan kesejukan dan akan dikelilingi sumber mata yang mengalir dengan begitu indah.

Sebelum kita memulai pembahasan maka sebaiknya kita melihat cuplikan video dari acara Khazanah Trans 7 mengenai kehidupan di surga. Nah mari kita tonton video tersebut dibawah ini.

Dan untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa gambaran surga yang telah diterangkan di Al-Qur’an, Hadist, dan para Ulama.

Gambaran Surga Abadi dan Aman

Seperti yang sudah dijelaskan dalam surat Ad-Dukhan ayat 51-57 yang menjelaskan bahwa orang yang bertakwa akan dimasukkan kedalam surga. Jika sudah didalam surga manusia tidak akan merasakan mati atau lebih tepatnya hidup kekal selamanya.

Bukan hanya kekal Allah SWT akan memberikan karunianya kepada mereka sehingga tidak akan merasakan sakitnya didalam api Neraka. Dan apa yang mereka dapatkan tentu diberikan karena mereka telah taat kepada Allah dan Rasulnya.

Kehidupan Surga Penuh Akan Kedamaian

Seperti yang sudah dijelaskan pada Al-Qur’an atau lebih tepatnya pada surat Al-Hijr ayat 45-48 didalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang bertakwa akan dimasukkan kedalam Surga dengan rasa sejahtera dan aman.

Dan kemudian Allah akan menghilangkan rasa dendam didalam hatinya kepada para penduduk surga, karena semua penduduk surga adalah seorang yang bersaudara, mereka akan merasa lelah.

Pendudukan Surga Hidup dengan Segala Kemewahan, Keindahan dan Segala Perhiasan

Seperti yang sudah dijelaskan pada surat Al-Kahfi ayat 30-31 yang menjelaskan bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang mengerjakan amal. Mereka semua akan diberikan Surga Adn.

Dan dimana didalamnya terdapat sungai-sungai yang mengalir indah dibawahnya. Selain itu para penduduk Surga juga diberikan sebuah perhiasan gelang emas dan mereka para penduduk surga akan mengenakan pakaian yang terbuat dari sutra yang halus dan tebal. Mereka juga akan duduk sambil bersandar di sebuah dipan-dipan yang begitu indah.

Memperoleh Rezeki yang Tidak Akan Habis

Seperti yang telah diterangkan pada surat Shaf atau lebih tepatnya pada ayat 49-54 pada ayat tersebut menjelaskan bahwa orang yang beriman dan bertakwa akan diberikan kehormatan dan tempat kembali yang baik yaitu Surga.

Didalam Surga mereka akan diberikan buah-buahan yang berlimpah dalam mereka akan duduk  diatas dipan-dipan yang begitu indah. Sesungguhnya rezeki yang diberikan kepada mereka tidak akan ada habisnya.

Selalu Diliputi Kemudahan, dan Tidak Akan Mendapatkan Kesulitan

Ada sebuah mata air yang indah yang diberikan untuk orang-orang yang senantiasa mendekatkan diri kepada Allah. Sedangkan orang muslim yang suka berbuat baik akan diberikan air dingin dan hangat yang memiliki aroma yang sangat wangi.

Selain itu ketika para penghuni Surga ingin memetik buah-buahan yang ada di surga maka pohon-pohon buah tersebut akan mendekat kepada para penghuni surga, dan para penghuni surga bebas memilih buah yang mereka inginkan.

Begitupun juga ketika para penghuni surga ingin mendapatkan makanan dan minuman, maka akan dihidangkan minuman dan makanan yang lezat dan enak yang dapat mengundang selera.

Dan didalam surga para penghuni tidak akan merasakan kesulitan dan sesusahan atau yang sejenisnya didalam surga. Apapun yang diinginkan oleh para pendudukan surga akan sangat mudah untuk didapatkan.

Selalu Dalam Keadaan Sehat, Bersih, Wangi, dan Tampan

articles.mercola.com

Pada saat didalam surga para penghuninya akan memiliki kulit yang begitu mulus, bercahaya hingga tampan. Para penghuni surga akan selalu mudah dan akan memiliki pakaian yang tidak akan lesu dan kotor, pakaiannya tersebut akan selalu bersih dan wangi.

Selain memiliki baju yang wangi dan bersih, para penduduk surga juga tidak akan merasakan sakit, beringus, buah air, meludah atau penyakit yang lainnya. Para penghuni surga akan kekal dan akan selalu memiliki keadaan sehat, wangi dan bersih

Seperti yang ada di Hadist yang telah disabdakan Rasulullah SAW bersabda :

Akan ada seorang di Surga yang menyerukan Sesungguhnya sekarang telah tiba saat kalian hidup dengan sehat walafiat dan tidak akan menderita untuk selama-lamanya.

Sekarang tibanya kalian untuk hidup untuk selama-lamanya. Sekarang saat anda untuk merasakan rasa muda dan tidak akan merasakan tua untuk selama-lamanya.

Sekarang tibalah untuk para penghuni surga untuk bersenang-senang dan tidak akan merasakan sengsara untuk selama-lamanya. (HR.Muslim)

 

Minuman dan Makanan di Surga

Jika kita didunia sering menkonsumsi makanan yang mungkin kurang sehat atau tidak higineis dan sangat banyak mendatangkan penyakit, maka hal tersebut tidak akan pernah terjadi disurga kelak.

Maka dari itu surga merupakan sebaik-baik tempat untuk kembali. Allah akan memberikan segala keindahan dan kemewahan yang akan allah berikan kepada orang-orang yang selalu bertakwa kepada Allah.

Seperti yang sudah Allah jelaskan pada Al-Qur’an yang menjelaskan bahwa  para hambanya akan diberikan makanan dan minuman apa saja yang mereka inginkan, para ahli surga akan diberikan apa saja yang dinginkan.

Seperti yang ada di beberapa surat dibawah ini yang menjelaskan tentang makanan dan minuman :

” Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur.” ( QS Al Insaan “Ayat 5” )

“(yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.” (QS Al Insaan ayat 6).

Para Bidadari Surga yang Cantik Jelita

Kenikmatan selanjutnya yang akan Allah berikan kepada hambanya yang masuk surga adalah para bidadari yang cantik jelita yang akan dijadikan sebagai teman atau istri di surga kelak.

Bidadari yang akan Allah berikan memiliki rupawa yang amatlah cantik dan kesempurnaan yang tidak akan ada yang menandingi, selalu perawan dan memiliki senyuman serta paras muka yang indah.

Seperti yang telah Allah jelaskan pada Al-Qur’an ada beberapa surat yang menjelaskan tentang betapa cantik jelitanya para bidadari surga. dibawah ini surat-surat yang mejelaskan tentang bidadari surga.

Dalam Surat Ad-Dhukan ayat 45 yang menyebutkan ” demikianlah dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari.”.

Seperti yang telah dijelaskan tentang sosok bidadari yang Allah akan berikan kepada hambanya yang bertakwa, Allah telah menjelaskan pada Surat Al-Waqiah ayat 22-23 ” Dan ada bidadari-bidadari bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik.”.

Pastinya setiap surga itu memiliki perbedaan dan ciri khas yang berbeda-beda. Seperti yang telah dijelaskan pada suran Ar-Rahman Ayat 50 yang berbunyi “Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir”.

Dan masih ada lagi penjelasan pada surat Ar-Rahman pada ayat 66 yang  berbunyi ” Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang memancar.” Dengan ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa disurga ada mata ait mengalir.

Bukan hanya ada di dalam Al-Qur’an di salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim telah memaparkan bahwa bidadari yang ada di surga memiliki keharuman yang sangat semerbak bahkan jika satu bidadari diturunkan ke dunia maka keharumannya akan memenuhi semua dunia.

Seperti yang telah dijelaskan pada surat Al-Waqiah ayat 35-37 pada ayat tersebut Allah SWT menggambarkan bahwa para bidadari penghuni surga memiliki umur yang sebaya atau sedang dalam umur puncak kematangan umur tersebut sekitar umur 33 tahun.

Para bidadari di surga di ciptakan oleh Allah SWT tidak akan pernak tua atau dan akan selalu perawan selama-lamanya, setiap pasangan bidadari tersebut akan merindukan tutur kata yang sangat indah, keindahan tampilannya, kecantikan wajahnya, rasa kasih sayangnya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sungguh sangat beruntung yang memasuki surga nantinya. Para bidadari akan selalu betutur kata dengan sopan dan indah, maka para pasangannya tidak akan pernah bosan, bahkan para pasangannya akan selalu ingin mendengarkan suara para bidadari tersebut.

Pakaian dan Perabotan yang Ada di Surga

Selain kenikmatan pasangan, minuman, makanan dan keindahan alam yang ada di surga kelah, Allah SWT kelak juga akan menyediakan banyak fasilitas terbaik untuk hamba-hambanya yang taat kepada perintahnya.

Pakaian dan perabotan yang ada di surga adalah sebaik-baik bentuk perabotan, bahkan manusia tidak akan sanggup untuk membayangkan seberapa indah dari pakaian dan perabotan yang ada di surga kelak.

Seperti telah Allah SWT janjikan pada surat Ar-Rahman pada ayat 54 yang berbunyi “Mereka bertelekan di atas permadani yang di sebelah dalamnya dari sutera. Dan buah-buahan di kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat.”.

Para penghuni surga kelak akan menggunakan pakaian yang khusus. Pakaian khusus yang langsung di rancang oleh Allah untuk hambanya yang telah taat pada perintahnya. Yaitu pakaian yang berwarna hijau yang dibuat dari sutra yang sangat halus dan tebal.

Seperti yang ada di dalam firman Allah SWT :

Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal saleh, tentulah Kami tidak akan menyia nyiakan pahala orang orang yang mengerjakan amalannya dengan baik. Mereka itulah orang orang yang bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai sungai di bawahnya. Dalam surga itu mereka dihiasi gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutra halus dan sutra tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan dipan indah. Itulah pahala yang sebaik baiknya dan tempat istirahat yang indah. (QS. Al Kahfi : 30-31).

Seperti itu saja yang dapat kami sampaikan pada artikel kami kali ini semoga semua yang kami tuliskan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan semoga semua yang umat muslim yang taat kepada Allah dapat merasakan surga kelak.

 

Tinggalkan komentar