√ 17 Hewan Langka di Indonesia Yang Terancam Punah/Dilindungi

 HEWAN LANGKA – Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang hewan langka Indonesia. Pastinya Indonesia memiliki kekayaan alam yang banyak sekali terutama dalam bidang satwa.

Tapi dengan seiring banyaknya pencemaran udara, penebangan ilegal dan masih banyak lagi yang lainnya membuat banyak hewan yang mati. Tapi ada beberapa hewan yang masih bisa kita selamatkan atau hewan langka. Untuk mempersingkat waktu mari kita langsung saja baca dibawah ini.

Hewan Langka

hendriktejo123.wordpress.com

Sebelum kita membahas lebih detail tentang hewan langka, maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari hewan langka. Spesies langka atau yang sering kita sebut dengan hewan langka adalah sebuah kehidupan binatang yang sangat sulit untuk kita temukan.

Istilah ini biasanya digunakan untuk hewan atau tumbuhan yang dikatakan hampir menghilang atau tinggal sedikit populasinya. Hanya sebuah lembaga negara atau suatu lembaga provinsi yang dapat mengetahui kreteria hewan langka yang ada di Indonesia atau Dunia.

Dan ada standar jika suatu hewan telah dikatakan langka yaitu adalah jumlah hewan tersebut harus kurang dari 10.000 ekor, namun standar ini juga harus dipengaruhi oleh luas area habitat yang dimiliki oleh hewan langka tersebut.

Nah!! itu adalah definisi dari Hewan Langka untuk mempersingkat waktu mari kita lihat hewan apa saja yang terancam punah yang ada di Indonesia.

Hewan Langka Indonesia ( Pulau Jawa )

bobo.id

Hewan pertama yang akan kami bahas adalah hewan langka yang berada di pulau jawa. Tentunya dengan besarnya pulau Jawa ini maka bukan tidak mungkin Jawa memiliki banyak sekali satwa yang terancam punah.

Dipulau Jawa ini adalah banyak sekali jenis hewan mulai dari gajah sampai musang. Dan tentunya dengan banyak pencemaran udara, penebangan liar dan masih banyak lagi pengurusakan alam di pulau Jawa membuat banyak sekali binatang yang terancam punah.

Landak Jawa

Wikipedia

Hewan pertama yang akan kami bahas adalah hewan yang ada dulunya ada banyak sekali dipulau Jawa namun seiring waktu binatang ini mulai punah karena banyaknya yang memburu hewan tersebut.

Landak Jawa adalah salah satu hewan endemik yang ada di pulau Jawa yang hidup sudah mulai punah. Jumlah hewan yang satu ini sudah mulai berkurang sampai sudah dikatakan bahwa hewan ini sudah terancam punah.

Sehingga sudah banyak sekali tempat penangkaran yang mulai melestarikan atau mengembangkan populasi landak di pulau Jawa. Karena itulah kami mengatakan bahwa landak adalah salah satu hewan yang sudah terancam punah, terutama di wilayah Indonesia.

Memang jika anda ketahui bahwa hewan ini ada banyak sekali yang menyukuinya. Karena sangking banyaknya yang memburu hewan yang satu ini membuat hewan ini hampir punah atau sering kita katakan langka.

Bahkan sangking langkanya hewan yang satu ini pemerintah membuat sebuah undang-undang untuk dapat menjauhkan kepunahan dari hewan ini. Undang-undang tersebut memiliki isi yaitu jika ada yang menangkap landak Jawa secara ilegal maka akan dikenakan hukuman 5 tahun penjara atau Rp100 juta rupiah.

Lutung Jawa

pixabay

Hewan selanjutnya adalah salah satu hewan yang masih satu kerabat dengan kera. Hewan ini sering dinamai dengan lutung Jawa tentunya seperti namanya binatang yang satu ini dari Pulau Jawa.

Lutung Jawa ini biasanya memiliki ukuran yang paling besar yaitu 55 cm saja, jika dibandingkan dengan jenis kera lain maka lutung Jawa ini termasuk yang paling kecil diantara keluarga kera yang lainnya.

Sedangkan untuk populasi, hewan yang satu ini sudah sangatlah langka di wilayah pulau Jawa bahkan sudah diumumkan bahwa hewan ini sudah hampir punah. Walaupun sudah dikatakan bahwa hewan ini sudah ingin punah tapi para pemburu masih saja mencarinya untuk dijual secara ilegal.

Dan sudah pemerintahpun sudah mengumumkan bahwa lutung Jawa ini sudah terancam punah dari tanah Jawa. Sekarang jika kita ingin melihat binatang ini kita harus datang dulu ke kebun binatang. Mari kita jaga habibat hewan asli Jawa yang satu ini agar anak cucu kita dapat melihatnya suatu saat.

Hewan Langka Kancil Jawa

satujam.com

Hewan yang selanjutnya adalah yang sering dijadikan sebuah kartun. Pasti jika anda sudah melihat gambar diatas akan mengetahui apa hewan tersebut. Yah!! benar hewan yang terkenal dengan kelincahan dan kepintarannya.

Seperti kita harus mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan hewan yang satu ini. Kancil hewan yang berasal dari pulau Jawa ini ternyata sudah dalam keadaan langka, jumlah hewan ini sangat menyedihkan.

Maka dari itu hewan ini termasuk hewan yang terancam punah yang ada di pulau Jawa. Sebenarnya jika pemerintah maupun warganya tidak mengetahui secara pasti sisa kancil yang ada di pulau Jawa ini.

Tapi pemerintah beserta dengan jajarannya sudah mengatakan bahwa hewan cerdik yang satu ini sudah sangat sedikit jumlahnya dipulau Jawa atau bisa dibilang hampir punah.

Banteng Jawa

radiobintangtenggara.com

Hewan yang berada di pulau Jawa yang terancam punah selanjutnya adalah banteng Jawa, tentunya hewan yang satu ini sudah sangat jarang kita temukan di wilayah Jawa, jumlah dari banteng Jawa ini sangatlah mengkhawatirkan.

Menurut para pecinta hewan yang ada di pulau Jawa, bahwa jumlah banteng Jawa ini sangatlah sedikit yaitu hanya tinggal 29 ekor saja. Bahkan jika para pencinta alam tersebut tidak mengembangbiakan hewan ini maka sudah dipastikan tidak dapat melihatnya lagi.

Sebenarnya sebelum para pencinta hewan tersebut mengebangbiakan jumlah populas banteng jawa ini hanya tinggal 26 ekor saja. Dan akhir para pecinta alam melaporkan ke pemerintah bahwa banteng Jawa sudah terancam punah, dan lalu pemerintahpun mengumumkan bahwa binatang yang satu ini sudah terancam punah.

Burung Trulek Jawa

bangrhickiej.blogspot.co.id

Hewan yang selanjutnya pasti sangat jarang mendengarnya di telinga anda. Hewan ini bernama burung trulek Jawa seperti nama hewan langka yang satu ini berasal dari pulau Jawa dan sudah terancam kepunahannya.

Dan kita sangatlah sulit untuk menemukan jenis burung yang satu ini, walaupun anda dipulau Jawa anda akan kesulitan untuk melihat burung ini. Para peneliti menduga langkanya hewan ini disebabkan habitatnya yang sudah hancur akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan sudah ada banyak orang yang mengatakan bahwa burung jenis ini sudah punah dari tanah Jawa. Sebelum langkanya burung ini, sangat sering ditemukan dibagian pesisir pantai yang ada dipulau Jawa, namun sekarang kita susah untuk melihatnya bahkan mungkin saka sudah tidak dapat melihatnya.

Binatang Langka Badak Jawa

biodiversitywarriors.org

Tentunya hewan selanjutnya, adalah hewan yang sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Ya!! benar badak Jawa, hewan yang satu ini adalah salah satu jenis badak yang ada didunia. Jumlah jenis badak ada 5 dan badak yang paling terancam punah adalah badak Jawa.

Menurut para peneliti bahwa jumlah badak Jawa ini hanya tinggal 50 ekor saja. Dan dari semua jumlah badak Jawa ini hanya dapat kita temukan di Taman Nasional Ujung Kulon. Hal inilah yang membuat badak jawa menjadi hewan langka.

Dan pada dahulu bahwa hewan yang satu ini masih dapat kita temukan di hutan-hutan yang ada di Pulau Jawa.

Hewan Langka Surili

kidszoo.org

Pasti jika kita mendengar nama binatang yang satu ini asing ditelinga kita. Memang binatang yang ini sangatlah jarang kita dengar karena salah satu binatang asal Jawa ini benar-benar terancam punah.

Hewan yang bernama surili ini merupakan hewan yang masih termasuk primata atau dalam bahasa latinnya adalah genus presbytis. Jika anda ingin melihat hewan yang satu ini maka anda harus datang ke kebun binatang karena hewan satu ini sudah sangat sulit ditemukan dialam liar yang ada dipulau Jawa.

Langkanya hewan ini adalah dikarenakan banyaknya para pemburu liar yang memburunya dan lalu dijual secara ilegal. Sebenarnya pemerintah sudah menyatakan bahwa hewan ini terancam punah tapi para pemburu masih saja memburunya. Mari kita rawat alam terutama Jawa agar hewan yang satu ini tidak punah.

Hewan Langka Owa Jawa

Voxpop.id

Hewan langka di Indonesia yang akan kami bahas selanjutnya adalah salah satu hewan yang masih satu spesies dengan kera. Owa Jawa ini adalah salah satu primata yang ada diJawa yang sudah hampir punah dari tanah Jawa.

Ada banyak sekali penyebab dari langkanya hewannya tapi salah satu sebab yang paling berpengaruh adalah, adanya perdagangan ilegal yang menjual owa Jawa yang satu ini.

Dan yang sangat disayangkan bahwa para pemburu hanya memburu para bayi owa, karena jika owa dirawat dari kecil sampai besar maka hewan tersebut akan sangat setia pada pemiliknya. Inilah yang membuat owa banyak diperjual belikan dan sekarang populasinya sangatlah sedikit.

Elang Jawa

nasional.tempo.co

Hewan yang selanjutnya adalah hewan yang ada di udara dan memiliki otot yang kuat, cakar yang tajam serta besar. Nama hewannya adalah elang Jawa burung elang ini memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda dengan elang jenis yang lainnya.

Burung ini juga sering kita sebut dengan burung garuda. Hewan ini hanya ada ditempat sekitaran Gunung Bromo. Hal tersebutlah yang menyebabkan elang jawa ini sudah sangat terancam punah di tanah Jawa.

Menurut data para ahli yang sudah menelitinya bahwa jumlah elang Jawa yang ada diJawa hanya tersisi 7 ekor saja. Sebenarnya 7 ekor elang tersebut adalah angka yang lumayan banyak dari sebelumnya, karena sebelumnya hewan ini hanya tersisa 3 ekor saja.

Hewan Langka Kukang Jawa

biodiversitywarriors.org/isi-

Hewan yang terkenal suka berkeliaran dimalam hari ini adalah salah satu hewan primata yang berasal dari tanah Jawa. Jika kita melihatnya dengan jelas maka kukang Jawa ini terlihat seperti hewan yang lucu.

Tapi ternyata hewan yang terlihat sangat lucu ini sangatlah berbahaya yaitu kukang ini memiliki sebuah racun yang sangat berbahaya yang berada di ketiaknya. Dan hewan ini waktu untuk beraktifitas biasanya dimalam hari atau hewan yang berjenis nokturnal.

Menurut perhitungan yang sudah dihitung oleh para penelita bahwa hewan yang satu ini populasinya menurun sangat drastis. Ada banyak sekali penyebabnya salah satu penyebab yang paling berpengaruh adalah karena banyaknya hutan yang dijadikan perkebunan. Karena itulah hewan yang satu ini menjadi salah satu hewan langka.

Macan Tutul Jawa

malang.merdeka.com

Hewan langka di Jawa selanjutnya adalah salah satu hewan ganas yang mengusai hutan, macan tutul Jawa ini adalah salah satu hewan yang sudah terancam punah karena banyaknya pemburuan liar.

Dan lebihnya parahnya sempat terdengar bahwa hewan yang satu ini sudah punah daru habitatnya. Tetapi ada sebuah rekaman yang sangat dirahasikan, dalam rekaman tersebut ada 4 ekor macan tutul Jawa.

Walaupun ada sebuah rekaman yang menampilkan sedikit jumlah macan tutul jawa ini, para ahli masih belum mengetahui jumlah persis macan tutul yang ada didaerah Jawa. Tapi sudah sangat jelas bahwa macan tutul ini adalah hewan yang sudah terancam punah.

Nah!! Itulah hewan-hewan langka yang berada di pulau Jawa. Semoga membacanya kita sadar bahwa kita harus menjaga alam yang ada di Jawa agar tidak bertambah lagi hewan-hewan yang terancam punah.

Tapi jangan pergi dahulu karena kita masih akan melanjutkan tentang hewan langka yang ada di Indonesia, tapi sekarang kita akan membahas hewan langka yang ada di daerah Sumatera. Tentunya Sumatera adalah pulau yang masih banyak sekali hutannya.

Hewan Langka di Indonesia ( Pulau Sumatera )

pixabay

Setelah diatas kita telah membahas tentang hewan langka yang ada di daerah pulau Jawa maka selanjutnya kita akan membahas hewan yang ada dipulau Sumatera. Tentunya Sumatera adalah sebuah pulau yang masih banyak memiliki hutan.

Dan Sumatera ini terkenal karena banyaknya hewan-hewan yang masih berkeliaran di hutannya. Tapi seiring berjalannya waktu dan makin banyak bangunan-bangunan yang dibangun membuat habitat para hewan tergusur, maka akibatnya banyak sekali hewan yang hampir punah.

Nah!! Disini kita akan membahas hewan apa saja yang sudah hampir punah yang ada di pulau Sumatera. Langsung saja mari kita bahas dibawah ini.

Gajah Sumatera

belajarmembuatblogdisekolahku.blogspot.co.id

Hewan langka Sumatera pertama yang akan kami bahas adalah salah satu hewan terbesar yang ada didunia. Pasti anda sudah mengetahui, hewan ini bernama gajah, dari banyak jenis gajah ternyata Gajah Sumatera ini adalah salah satu gajah yang sudah terancam punah.

Jumlah populasi gajah yang satu ini sangatlah sedikit bahkan kita akan susah untuk melihatnya di hutan-hutan yang ada di Sumatera. Langkanya hewan ini disebabkan oleh ulah tangan jahat yang tidak peduli dengan kelangsungan hidup gajah Sumatera ini.

Para pemburu liar banyak sekali mereka mengincar gading gajah dan beralasan bahwa gading gajah dapat dijadikan sebuah obat yang ampuh. Karena makin berkurangnya populasi gajah Sumatera ini maka banyak pihak telah mengatakan bahwa Gajah Sumatera sudah terancam punah.

Hewan Langka Orang Utan Sumatera

leuserconservation.org

Hewan yang terancam punah yang selanjutnya adalah salah satu hewan yang dulunya ada banyak di wilayah Sumatera namun dengan berjalannya waktunya hewan ini sudah mulai langka atau sering kita sebut hampir punah.

Orang utan adalah salah satu hewan primata yang tinggal di hutan. Hewan primata yang satu ini memiliki keunikan yaitu memiliki bulu agak kemerahan dan. Mungkin juga karena hewan ini unik maka banyak sekali yang memburu hewan ini.

Dengan banyaknya peburuan liar yang ada di Sumatera membuat hewan yang satu ini menjadi sangatlah langka atau mungkin ingin punah. Serta banyaknya pembukaan lahan untuk petani untuk petani membuat habitat hewan yang satu ini menjadi tergusur dan hilang. Siapa lagi yang menjaga alam hewan ini selain kita warga Indonesia.

Harimau Sumatera

leuserconservation.org

Selain gajah, Sumatera juga terkenal dengan harimaunya. Harimau Sumatera atau salah satu jenis kucing besar ini ternyata ada juga di Sumatera. Walaupun masih satu jenis dengan kucing bukan berarti harimau Sumatera memiliki sifat seperti kucing.

Harimau Sumatera memiliki sifat sama dengan harimau yang lainnya yaitu agresif dan memiliki ukuran yang cukup besar. Sedangkan untuk jumlah harimau yang berada di wilayah Sumatera ini sangatlah mengenaskan.

Menurut para ahli jumlah harimau Sumatera tinggal sedikit, hal tersebutlah yang membuat harimau Sumatera menjadi salah satu hewan langka di Indonesia. Dengan berkurangnya harimau ini, maka pemerintah menyatakan bahwa harimau Sumatera harus dilindungi.

Hewan Langka Indonesia ( Pulau Sulawesi )

pixabay

Setelah kita membahas binatang langka yang ada di pulau Jawa dan Sumatera maka sekarang kita akan membahas tentang binatang langka yang berada di wilayah pulau Sulawesi.

Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Dan tentunya Sulawesi masih memiliki hutan yang banyak binatang, dan tentunya ada banyak sekali hewan yang ada di hutan Sulawesi yang akan terancam punah.

Nah!! untuk mengetahui hewan apa saja yang terancam punah yang ada di Sulawesi mari kita baca pembahasannya dibawah ini.

Anoa Sulawesi

anoaoutdooradventures.com

Hewan pertama yang berasal dari Sulawesi yang terancam punah adalah Anoa. Secara umum bahwa binatang yang satu ini memiliki dua jenis yaitu anoa gunung dan anoa rendah dan kedua anoa tersebut sudah terancam punah populasinya.

Sebenarnya perbedaan anoa gunung dan anoa darat tidak beda jauh, yang membedakan adalah warna bulu dan habitatnya. Kedua anoa memiliki nasib yang tragis yaitu kedua merupakan hewan langka Indonesia.

Ada banyak sekali penyebab langkahnya hewan yang satu ini dan salah satu penyebab langkanya hewan ini adalah banyaknya peluasan lahan yang telah menggusur habitat asli dari kedua anoa tersebut.

Seperti untuk artikel kami kami ini cukup sampai disini semoga semua artikel yang ada di website ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Anda juga dapat membaca artikel kami yang lainnya.

Tinggalkan komentar