√ 13 Jenis Hewan Omnivora Yang Harus Anda Ketahui

HEWAN OMNIVORA – Pada artikel kami ini akan membahas tentang hewan omnivora. Pasti anda sedang ingin mengetahui hewan apa saja yang berjenis omnivora. Sebenarnya di dunia ada banyak sekali jenis hewan omnivora.

Nah!! anda tepat sekali karena sudah mengunjungi website ini, karena kami disini akan membahas dengan lengkap dan terperinci tentang hewan onmivora. Untuk mempersingkat membacanya anda bisa langsung membacanya dibawah ini.

Definisi/Pengertian Hewan Omnivora

satujam.com

Sebelum kita melihat hewan apa saja yang omnivora, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian hewan omnivora. Nah!! langsung saja dibaca dibawah ini tentang pengertian hewan Omnivora.

Omnivora merupakan sebuah gabungan kata yang diambil dari bahasa latin, omne dan vorera jika kedua kata tersebut digabungkan maka memiliki arti melahap. Dan jika diartikan terperinci maka memiliki arti yaitu spesies yang memiliki pola makan berbeda yang terdiri dari hewani dan tumbuhan.

Walaupun kita sudah sering mendengar pola makan seperti ini, tapi tidak semua spesies hewan yang memiliki pola makan seperti ini. Beberapa jenis hewan lainnya hanya dapat memakan daging saja atau kita sebut dengan karnivora, dan ada jenis yang memakan tumbuhan saja yang dinamakan dengan herbivora.

Hewan omnivora ini memang bisa terbilang unik, karena dapat memakan semua jenis makanan mulai dari tumbuhan hingga daging. Dan tentunya hewan ini memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki hewan lain, anda dapat membaca ciri-cirinya dibawah ini.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

masbidin

Tentunya semua jenis hewan memiliki ciri-ciri khusus, begitu pulau dengan hewan ini. Omnivora juga memiliki ciri khusus yang dapat kita bedakan dengan jenis hewan yang lainnya.

  • Memakan semua jenis makanan.
  • Memiliki sebuah pencernaan yang kompleks
  • Memiliki sebuah gigi tajam yang berada dibagian depan.
  • Memiliki sebuah gigi yang agak datar dibagian belakanga.

Nah!! itulah ciri-ciri khusus dari jenis omnivora. Nah!! setelah kita membahas tentang definisi dan ciri dari omnivora maka sebaiknya kita juga mengerahui hewan apa saja yang memiliki pola makan yang telah dijelaskan diatas tadi. Nah!! langsung saja mari kita baca dibawah ini

Contoh Hewan Omnivora

katzenworld.co.uk

Setelah kita mengetahui definisi dan ciri-ciri dari hewan yang berjenis omnivora, maka sekang kita harus mengetahui hewan apa saja yang memiliki pola makan yang sama dengan penjelasan yang ada diatas tadi.

Ayam

pixabay.com

Hewan pertama yang memiliki pola makan omnivora adalah ayam. Tentunya anda sudah mengetahui banyak sekali tentang ayam. Hewan ini adalah hewan yang paling dikonsumsi oleh kaum manusia, selain dagingnya yang enak ayam juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Ternyata jika anda belum mengetahui bahwa hewan yang satu ini termasuk hewan yang berjenis omnivora. Mengapa ayam dapat dikatakan dengan omnivora? Karena ayam ini adalah pemakan segala mulai dari cacing sampai beras ia makan, karena itulah ayam termasuk omnivora.

Contoh Hewan Omnivora Bebek

pixabay.com

Hewan yang berjenis omnivora yang selanjutnya adalah salah satu hewan yang sering kita jumpai, yaitu bebek. Ternyata selain sering kita temukan di darat bebek juga dapat kita temukan di sungai. Bebek merupakan salah satu hewan yang masih satu keluarga dengan burung.

Jika anda pernah melihat bebek makan maka anda akan melihat bebek memakan segalanya mulai dari tumbuhan, serangga, cacing dan masih banyak lagi yang lainnya. Di Indonesia ini bebek sudah banyak yang mengenbangbiakkannya untuk diperjualbelikan.

Contoh Hewan Omnivora Gorilla

pixabay.com

Hewan yang berjenis omnivora yang selanjutnya adalah salah satu jenis hewan langka. Jika di Indonesia kita hanya dapat melihat hewan ini dikebun binatang saja. Seperti gambar diatas gorilla merupakan salah satu hewan yang berjenis omnivora.

Hewan ini memiliki taring yang tajam kuku yang tajam serta tubuh yang besar. Maka tidak heran hewan ini dapat memangsa binatang yang lainnya. Bukan hanya daging, gorila juga memakan berbagai jenis tumbuhan, buah-buahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebenarnya tidak semua gorila memiliki sifat buas, tetapi jika hewan yang satu ini sedang kelaparan maka hewan ini akan memakan apa saja yang ada disekitarnya. Dengan tubuh yang besar bukan tidak mungkin hewan ini dapat memangsa hewan lain dengan mudah. Hewan ini juga termasuk hewan langka

Contoh Hewan Omnivora Burung

pixabay.com

Hewan yang berjenis omnivora yang selanjutnya adalah salah satu hewan yang sanagt mudah untuk kita temukan. Hampir semua jenis burung dapat kita golongkan sebagai hewan yang berjenis omnivora.

Seperti anda sudah mengetahui, bahwa burung adalah salah satu hewan yang memakan biji-bijian, cacing, serangga, hal inilah yang membuat burung dijadikan salah satu hewan yang berjenis omnivora.

Seperti yang anda ketahui bahwa ada banyak sekali jenis burung yang memakan daging salah satu burungnya adalah elang,rajawali dan masih banyak lagi burung yang dapat memangsa hewan buas.

Contoh Hewan Omnivora Tikus

pixabay.com

Hewan yang berjenis omnivora yang selanjutnya adalah salah satu hewan yang sering sekali kita temukan. Tikus ini memiliki bahasa latin yaitu Rattus Argentiventer , sepertinya anda sudah mengetahuinya bahwa tikus ini memakan berbagai jenis makanan.

Tikus biasanya memakan kelapa, biji-bijian, dan terkadang juga memakan serangga, hal inilah yang membuat tikus digolongkan menjadi salah satu hewan yang berjenis omnivora. Dan ada sebagian tik    us yang dapat memakan segala seperti kain, plastik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh Hewan Omnivora Musang

pixabay.com

Musang adalah salah satu hewan yang memiliki kaki empat yang sangat mirip dengan kucing. Perbedaan kucing dan musang adalah ekor, dan mulut karena musang memiliki ekor yang lebih panjang dibanding dengan kucing, dan memiliki mulut yang lebih runcing dibanding dengan kucing.

Sebenarnya musang adalah salah satu hewan yang berjenis hama. Namun seiring berjalannya waktu musang mulai banyak sekali yang memeliharanya. Hewan yang satu ini biasanya memakan buah-buahan, daging, dan masih banyak lagi yang lainnya, hal inilah yang membuat musang menjadi salah satu hewan omnivora.

Contoh Hewan Omnivora Ikan Lele

pixabay.com

Hewan yang berjenis omnivora yang selanjutnya adalah salah satu hewan yang hidup di air. Lele adalah salah satu hewan yang dapat memakan berbagai jenis makanan mulai dari cacing-cacingan, tumbuh-tumbuhan dan masih banyak lagi yang dapat dimakan oleh ikan lele.

Ada banyak sekali hewan yang ada dimakan oleh lele, contohnya adalah cacing, udang, dan bahkan lele terkadang memakan sesama jenis. Sedang untuk contoh tumbuhan yang dimanakan oleh lele adalah lumut, dan tanaman parasit yang lainnya.

Contoh Hewan Omnivora Kucing

kitty-2948404_960_720

Hewan yang satu ini pasti sudah tidak asing dengan kita, Yah!! Benar sekali kucing adalah salah satu hewan yang suka berkeliaran di sekitar kita. Hewan yang satu ini juga sering sekali dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Banyak sekali orang yang belum mengetahui bahwa hewan ini adalah hewan yang berjenis onmivora, kebanyakan orang mengetahui bahwa hewan yang satu ini berjenis karnivora. Pendapat jika kucing adalah hewan karnivora ada benarnya karena kucing membutuhkan 100% gizi yang hanya didapatkan dengan memakan hewani.

 

Tinggalkan komentar