15 Fakta Tentang Keberadaan Hiu Megalodon

HIU MEGALODON – Selamat datang kembali para pembaca abahadil, pada artikel kali abahadil akan membahas tentang mamalia yang terbesar didunia, yaitu adalah hiu megalodon. Ikan hiu terbesar yang ada didunia.

Hiu megalodon adalah spesies hiu yang paling besar yang pernah hidup di dunia, sangking besarnya hiu, megalodon ini dapat memakan hiu juga. Bagaimana kita dapat bayangkan hiu memakan hiu, apalagi jika manusia yang dimakan hiu ini maka akan langsung ditelan. Nah!! tanpa berbasa-basi lagi langsung saja mari kita bahas fakta yang menarik tentang hiu megalodon.

Fakta Tentang Hiu Megalodon

Hiu Megalodon
Youtube.com

Sebenarnya fakta-fakta yang membahas tentang hiu ini ada banyak sekali, tetapi kita akan membahas fakta yang banyak itu menjadi lebih ringkas tapi pada. Inilah fakta-fakta dari hiu megalodon.

1. Hiu Megalodon Adalah Predator Terbesar Yang Pernah Hidup di Dunia.

hiu megalodon
imgur.com

Dapat diperkirakan bahwa besar dari hiu megalodon bisa mencapai panjang hingga 60 dan diperkirakan juga berat dari hiu ini bisa mencapai hingga 60 ton, sampai saat ini belum ada binatang predator yang dapat menandingi besar dan berat dari hiu mengalodon ini. Mungkin seiring dengan perkembangan zaman hiu ini berubah namanya menjadi Paus sperma, tetapi mungkin hiu sperma tidak seberat dan sebesar dari hiu megalodon.

Karena keberadaan hiu ini tidak dapat ditemukan kembali tetapi kita dapat membandingkan hiu megalodon dengan hiu putih yang memiliki besar maksimal sekitar 23 kaki dana memiliki berat 3 1/2 ton. Namun dengan ukuran hiu putik tersebut masih tidak bisa mengalahkan besar dan berat dari hiu megalodon karena panjang megalodon masih besar 3 kali lipat dibanding dengan hiu putih, begitu pula dengan perbedaan berat yang cukup jauh.

Namun jika kita bandingkan hiu ini dengan hiu yang hidup di zaman dinasaurus tentu saja hiu ini kalah dengan hiu di zaman purbakala seperti hiu Mosasaurus, Tylosaurus dan hiu Liopleurodon, Hiu megalodon masih kalah besar dengan hiu-hiu yang telah di sebutkan tadi.

Disebabkan karena hiu ini memiliki kerangka tulang yang rawan makan para ilmuwan tidak bisa menjadikan tulang-tulang hiu ini menjadi kerang karena hampir seluruh tulangnya terbuat dari tulang rawan. Makan dari itu para peneliti hanya dapat meneliti bagian giginya saja untuk dapat memperkirakan besar dan berat dari hiu ini.

Akhirnya banyak dari para penelitian yang memiliki perbedaan dalam pengukuran hiu ini karena berbedanya cara atau metodologi dalam hal pengukurannya. Namun semua peneliti telah bersepakat bahwa berat maksimum yang dimiliki hiu ini sebesar 50 sampai 60 kaki dan berat dari hiu ini adalah 50 – 60 ton.

2. Gigi Hiu Megalodon Bisa Mencapai Hingga Ukuran Lebih Dari 7 Inci

Megalodon
independent.co.uk

Pada umum jika diteliti kembali bahwa rata-rata besar dari hiu megalodon yang dewasa bisa mencapai ukuran 4-5 inci. Dan dari beberapa fosil yang telah ditemukan bahwa rata-rata fosil tersebut memiliki ukuran 7 inci. Dan fosil hiu ini yang terbesar adalah sebesar 7,48 inci, fosil ini ditemukan di lautan yang dekat dekat dengan Ocucaje, Peru.

Jika dibanding dengan hiu putih maka sangat berbeda jauh karena karena hiu ini memiliki ukuran gigi yang lebih besar sedangkan hiu putih hanya memiliki ukuran gigi 3 inci itu yang paling besar. Dan dari rekontruksi rahang megalodon menunjukkan hal yang sangat menakjubkan yaitu diperkirakan besar dari hiu ini sebesar 7 kaki.

3. Perbedaan Megalodon Dengan Hiu Putih Besar

great-white-shark-swimming-blue.jpg.adapt_.945.1
nationalgeographic.com

Berlawanan dengan kepercayaan masyarakat yang sangat percaya dengan mitos-mitos tertentu dan jika kita kaitkan hiu ini dengan hiu megalodon maka tidak ada hubungan apa saja dengan hiu putih besar. Ketika pertama kalinya hiu ini ditemukan dan dideskripsikan berdasarkan gigi fosil pada tahun 1843, hiu ini dimasukkan ke dalam genus yang sama dengan hiu putih besar ( Genus Carcharodon ).

Kedua hiu tersebut memiliki beberapa kesamaan yang sama memiliki gigi yang besar dan bergerigi dan merupakan predator terkuat dilaut pada zamannya. Jadi, apakah hiu megalodon dengan hiu putih sama? Seiring perkembangan zaman yang semakin canggi maka ilmu tentang taksonomi hiu telah berkembang dan penemuan fosil baru telah membuka pencerahan untuk memecahkan masalah dari hiu ini.

Hiu ini kemungkinan besar adalah generasi terakhir dari jenis hiu genus chronospecies, atau masih satu keturunan dengan salah satu predator zaman dulu atau sudah hampir 60 juta tahun lalu dengan hiu Otudos. Pada saat yang sama ternyata penelitian telah menunjukkan bahwa hiu putih memiliki kesamaan dengan hiu mako.

Fosil menunjukkan bahwa kedua hiu tersebut kemungkinan adalah hasil evolusi dari Broad Tooth Mako yang telah punah (Isurus hastalis), yang bercabang sekitar 5 juta tahun yang lalu. Jadi, berdasarkan apa yang dibawa oleh berita atau media populer lainnya yang menunjukkan bahwa Megalodon dan hiu terkait erat, pernyataan tersebut tidak sesuai dengan bukti fosil atau pandangan konsensus di antara para periset.

4. Makanan Hiu Megalodon

hiu megalodon
pinterest.com

Sesuai dengan badannya yang sangat besar ini hiu pasti harus memiliki energi yang kuat makan daro itu makanan yang harus dimakan harus banyak juga atau besar. Dapat diperkirakan bahwa hiu ini dapat memakan satu ton makanan dalam sehari untuk memberi asupan yang cukup pada dirinya.

Dari fosil yang telah ditemukan bahwa hiu ini sering memangsa paus-paus yang besar seperti memangsa anjing laut, singa laut, dan hiu putih. Sudah banyak bukti yang ditemukan seperi fosil yang ditemukan bekas gigitan yang sangat besar itu saja telah membuktikan bahwa yang menggigit mamalia-mamalia tersebut adalah hiu megalodon. Dan ditemukan gigi megalodon yang tergeletak di samping fosil-fosil yang telah dimangsanya.

5. Gigi Megalodon Memiliki Harga Yang Sangat Fantastis

megalodon
abcactionnews.com

Seperti gambar yang diatas bahwa gigi megalodon memiliki ukuran yang sangat luar biasa, bahkan gigi hiu ini hampir ingin dijual dengan harga yang sangat tinggi bisa mencapai 50.000 USD atau jika dijadikan menjadi rupiah bisa mencapai hingga 700 juta rupiah.

Sedangkan untuk harga gigi hiu megalodon yang keci memiliki harga yang cukup murah, tetapi abahadil tidak tahu pasti harga gigi megalodon yang kecil. Sekarang ada banyak sekali para kolektor yang memburu untuk menjadi koleksi antiknya.

Faktanya, seperti pada hiu umumnya, gigi dari Hiu Megalodon juga bisa patah dan aus seiring pertumbuhannya, jadi sulit untuk menemukan yang benar-benar utuh. Ciri-ciri giginya adalah sangat padat dan mudah disimulasikan pada komputer.

6. Fosil Megalodon Tersebar di Seluruh Dunia

hiu megalodon
megalodonswag.com

Gigi fosil dari megalodon ini sudah hampir ditemukan diseluruh dunia seperti di wilayah Amerika Utara, Eropa, Afrika, Poerto riko, Jamaika, Kuba, Australia, Kepulauan Canary, Jepang, Selandia Baru, Malta, India, dan masih banyak lagi tempat-tempat yang ditemukan fosil megalodon ini.

Menurut para peneliti bahwa megalodon ini selalu mengelilingi samudra dan akan menempati sebuah tempat yang memiliki kehangatan dan sumber daya makanan yang berlimpah agar dapat menopang hidupnya,

7. Megalodon Sudah Punah 2,6 Tahun Yang Lalu

megalodon
theconversation.com

Seperti kita sudah tidak akan bisa lagi melihat hiu ini, Karena hiu ini sudah punah sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Penyebab kepunahan hiu ini adalah karena pada zaman itu buni sedang mengalami perubahan iklim yang sangat ekstrim dan karena itulah banyak sekali binatang-binatang yang tidak bisa bertahan hidup dan lalu mati dan punah.

Samudra sangat dingin dan permukaan air laut turun, akhirnya banyak mamalia laut besar yang mana Megalodon bergantung kepadanya sebagai makanan menjadi hilang selama perkiraan waktu itu.

8. Gigitan Terkuat Yang Ada di Dunia

megalodon
fossilesa.com

Tidak heran jika hiu megalodon dapat memakan hiu-hiu yang lainnya, karena hiu megalodon dipercaya memiliki gigitan terkuat yang ada di dunia. Sebuah riset meskipun belum dapat dipastikan, sebuah simulasi komputer telah memperkirakan kekuatan gigitan megalodon anda 24.000 sampai 40.ooo pounds.

Dengan begitu kekuatan hiu ini lebih kuat 6 – 11 kali dari gigitan hiu putih dan buaya. Bahkan ada yang percaya bahwa gigitan 12.800 pound T-Rex dan Monosaurus. Dengan gigitan yang sangat kuat itu bukan tidak mungkin jika magelodon dapat membagi 2 hiu putih hanya dalam satu gigitan saja.

9. Ilmuwan Mencoba Membuat Bibi-bibit Hiu Megalodon

Dengan seiring perkembangan zaman makan para peneliti berlomba-lomba untuk menghidupkan kembali hiu megalodon dengan cara mengembangkan lagi bibitnya, bahkan ada beberapa wilayah yang memiliki tempat pembibitan.

Berdasarkan asumsi peneliti, bahwa Megalodon melahirkan anak-anaknya di lingkungan perairan yang dangkal dan para peneliti mencoba untuk mensimulasinya. Beberapa daerah pembibitan yang dibuat berdasarkan seberapa tinggi gigi megalodon kecil, panjang hanya sekitar 1 1/2 inci saja.

Wilayah yang dapat dijadikan sumber pembibitan hiu megalodon hanya dapat mancakup wilayah Lembah Bone yang ada di Florida, Tebing Calvert di Maryland dan penbibitan yang baru juga ada di wilayah Panama.

10. Megalodon Memiliki Jumlah gigi 276 Dalam Satu Ruas

seperti hiu yang lainnya yang sekarang masih hidup, megalodon juga sering melepaskan giginya saat ia haus. Para peneliti juga telah mengungkapkan bahwa megalodon ini memiliki 5 ruas gigi, yang cara kerja seperti ban atau memutar.

Apabila megalodon kehilangan gigi makan hiu ini akan meggantinya dengan cepat, kemungkinan akan tumbuh kembali dalam jangka waktu 1 – 2 hari. Sementara tingkat kehilangan gigi kurang dipahami bahkan hiu sekarang, kemungkinan Megalodon kehilangan ribuan gigi selama masa hidupnya.

Sebagian besar gigi Megalodon fosil yang dikumpulkan menunjukkan keausan makanan yang signifikan di ujungnya, yang diantaranya ada yang tergores karena mengunyah tulang atau gigi lainnya saat sedang menyusui.

11. Apakah Megalodon Masih Ada?

Beberapa kali, ada laporan tentang hiu monster yang dicurigai sebagai hiu megalodon. Namun, para ilmuwan tidak yakin. Beberapa penelitian telah dipublikasikan dengan menyatakan bahwa megalodon telah punah, dan sudah berlangsung selama dua atau tiga juta tahun yang lalu.

Andaikan masih hidup, hiu atau paus yang kita kenal sekarang kemungkinan tidak akan banyak jumlahnya karena mereka pasti sudah dimakan olehnya.

12. Video Penampakan Hiu Megalodon

 

Tinggalkan komentar