Inilah Cara Menggunakan Telegram di PC yang Mudah & Praktis

carisinyal web banner retina

Kini metode berkirim pesan sudah tidak seperti dulu yang hanya mengandalkan SMS ataupun email. Sudah banyak aplikasi-aplikasi messenger yang memungkinkan penggunanya berinteraksi hanya dengan mengandalkan kuota internet, seperti WhatsApp, Line, dan juga Telegram. Namun di antara ketiganya, Telegram tergolong lebih unggul dari segi fitur dan keamanan.

Pertama, karena ia hadir dengan sistem enkripsi end-to-end berbasiskan MTProto. Kedua, file yang Anda bagikan melalui Telegram tidak akan hilang dari server, berbeda dengan Line yang memiliki tenggat waktu untuk menghapus file yang telah dikirim.

Ketiga, ada fitur Secret Chat yang menjamin agar isi chat tidak dapat di-forward. Ada pula bots yang berfungsi menjalankan beragam perintah yang bisa digunakan dengan mudah.

Telegram umumnya digunakan pada ponsel, tapi tahukah Anda kalau aplikasi ini juga dapat digunakan pada PC? Kali ini, Carisinyal akan membeberkan cara menggunakan Telegram pada PC ataupun laptop. Hal ini untuk berjaga-jaga kalau ponsel tiba-tiba habis baterai dan ada pesan penting yang ingin dikirimkan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Menggunakan Telegram di PC (Browser)

Aplikasi chat berbasiskan cloud ini bisa digunakan melalui browser. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi apapun untuk menggunakan Telegram. Ikuti langkah-langkah di bawah.

1. Kunjungi Laman Telegram

Hal yang pertama perlu dilakukan tentu saja memasukkan URL-nya di address bar. Tautan yang perlu Anda tuju adalah “https://web.telegram.org“.

Langkah selanjutnya, Anda harus memasukkan informasi pada tiga kolom identitas yang tersedia. Jika nama negara yang tertera tidak sesuai, klik kolom Country dan ketikkan nama negara asal Anda. Kemudian, jangan lupa mencantumkan kode negara dan nomor HP. Pastikan nomor tersebut masih aktif dan sudah terdaftar pada aplikasi Telegram di ponsel. Jika sudah, klik Next.

telegram gambar 2

Kemudian akan ada jendela verifikasi yang menampilkan nomor HP yang Anda input. Pastikan nomor yang ditampilkan sudah benar dan klik OK untuk melanjutkan.

telegram gambar 3

Telegram akan mengirimkan kode OTP (one time password) ke nomor tersebut melalui chat Telegram. Tinggal ketikkan 5 digit nomor OTP tersebut pada kolom yang tersedia dan Telegram akan mendeteksinya secara otomatis.

2. Tambahkan Kontak

Setelah Anda berhasil login ke Telegram versi web, Anda pun sudah dapat melakukan berbagai aktivitas seperti biasa seperti chatting, membuat grup, dan sebagainya. Antarmuka yang tersedia sangat mirip dengan aplikasi sehingga Anda pun tidak akan merasa kesulitan untuk mengakses beberapa fiturnya. Sebagai contoh, Anda juga bisa menambahkan kontak baru di sini.

telegram gambar 4

Klik pada menu hamburger di pojok kiri atas untuk menampilkan berbagai pilihan menu lainnya.

telegram gambar 5

Kemudian, klik menu Contacts. Di sini, Telegram akan menampilkan semua kontak di phone book Anda yang sudah terdaftar sebagai pengguna Telegram. Nama-nama yang muncul juga disesuaikan dengan nama yang tertera di phone book, persis seperti WhatsApp.

telegram gambar 6

Untuk menambahkan kontak baru, tinggal klik pilihan New Contact.

telegram gambar 7

Ada tiga kolom yang perlu diisi, yakni nomor telepon, nama depan, dan nama belakang. Isikan nomor telepon teman Anda lengkap dengan kode negara. Misalnya, +62 untuk negara Indonesia. Jika sudah menginputkan ketiga kolomnya, klik Save untuk menyimpan.

3. Buat Sebuah Grup di Telegram

Selain menambahkan kontak, Anda pun bisa juga membuat grup melalui Telegram Web. Sama seperti pilihan menambah kontak, opsi untuk membuat grup juga terletak pada deretan menu saat Anda mengklik ikon hamburger di pojok kiri atas.

telegram gambar 8

Kemudian akan muncul daftar kontak yang bisa Anda ajak bergabung. Batas maksimal anggota grup yang bisa diraih di Telegram adalah 200 orang. Klik pada semua nama kontak yang ingin dimasukkan ke grup, kemudian klik Next untuk melanjutkan.

telegram gambar 9

Masukkan nama grup yang diinginkan pada satu-satunya kolom yang tersedia, lalu klik Create Group. Sekarang, grup sudah selesai dibuat dan masing-masing anggota yang diajak akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda sudah membuatkan grup. Kini setiap anggota bisa melakukan chat, mengirimkan file, mengirimkan voice message, dan sebagainya.

telegram gambar 10

Jika Anda ingin menambahkan anggota baru ke grup, klik pada nama grup yang terletak di atas jendela chat. Pada kasus ini, nama grup yang kami buat bernama “Test”.

telegram gambar 11

Sebuah jendela pop-up akan muncul seperti gambar di atas. Untuk menambahkan anggota baru ke dalam grup, ada dua opsi yang bisa dipilih. Yang pertama, ada opsi Add member untuk meng-invite teman yang sudah menjadi kontak Anda. Ada juga opsi Invite to group via link agar siapapun yang mau join tinggal mengklik link tersebut tanpa Anda susah payah memilih anggota baru satu per satu.

4. Masukkan Bot ke Grup

Setelah Anda berhasil membuat grup, kini saatnya mencoba fitur yang menjadi keunikan Telegram, yakni botBot adalah semacam “program” yang bisa meningkatkan segi fungsionalitas pada grup ataupun chat room.

telegram gambar 12

Untuk menambahkan bot pada grup, caranya sama persis dengan menambahkan kontak biasa. Klik nama grup, pilih menu Add member kemudian ketikkan username dari bot di kolom pencarian. Sebagai contoh, kami akan meng-invite bot permainan @gamee. Klik nama bot yang muncul lalu pilih Next.

telegram gambar 13

Seperti inilah tampilan antarmuka dari bot @gamee yang telah berhasil dimasukkan ke dalam grup. Anda bisa memilih beragam menu seperti Trending games ataupun menjelajahi kategori permainan yang tersedia pada bot ini.

Cara Menggunakan Telegram di PC (Aplikasi)

Selain dari versi browser, Anda pun bisa menginstal aplikasi desktop untuk beragam sistem operasi yakni Windows, macOS, dan Linux. Tidak usah khawatir, karena ukuran file instalasinya sungguh ringan, yakni hanya sekitar 22 MB.

1. Unduh Aplikasi Telegram

Untuk menggunakan aplikasi Telegram, sudah pasti harus diunduh terlebih dahulu. Bukalah browser pilihan Anda dan ketikkan alamat “https://desktop.telegram.org” pada address bar.

telegram gambar 14

Pilih menu download berdasarkan sistem operasi yang Anda gunakan. Carisinyal akan memberikan tutorial menggunakan Microsoft Windows.  Simpanlah file unduhan ke direktori Anda dan instal aplikasi Telegram.

2. Login ke Aplikasi Menggunakan QR Code

telegram gambar 15

Setelah mengikuti arahan yang ditampilkan installer, Anda akan melihat jendela seperti di atas. Klik tombol Start Messaging untuk melanjutkan.

telegram gambar 16

Aplikasi akan meminta Anda untuk memasukkan data diri seperti negara dan nomor HP, sama seperti Telegram Web. Bedanya, kali ini Anda bisa login lebih cepat dengan menggunakan QR Code. Jadi, klik menu Quick log in using QR Code.

telegram gambar 17

Selanjutnya, bukalah aplikasi Telegram pada HP Anda dan tap pada menu hamburger di pojok kiri atas. Pilih menu Settings, kemudian tap pada menu Devices. Setelah itu, pilih Scan QR Code. Pilih tombol Scan QR Code sekali lagi pada laman selanjutnya dan arahkan kamera pada QR Code di layar PC.

Selamat! Anda berhasil menggunakan Telegram di PC menggunakan aplikasi. Navigasinya dan fiturnya hampir sama dengan yang versi web. Namun ada sedikit perbedaan – Anda bisa mengaktifkan mode malam di aplikasi ini. Serta, Telegram versi desktop juga memiliki fitur “New Channel” untuk mem-broadcast pesan ke kontak-kontak yang dipilih.

Simpulan

Rupanya menggunakan Telegram pada PC tidak begitu sulit, berkat konsistensi layanan messenger ini dalam menghadirkan antarmuka yang serupa di berbagai versi sehingga penggunanya tidak perlu bingung lagi.

Menggunakan Telegram pada browser, HP, ataupun aplikasi PC sama-sama menawaran pengalaman yang praktis dan aman dalam melakukan komunikasi online.

Kalau Anda ingin menelepon lewat Telegram, gunakanlah aplikasi HP dan PC karena versi browser tidak menyediakan fitur ini. Cukup disayangkan tidak ada fitur Secret Chat di Telegram Desktop dan Web. Jadi, Anda lebih suka menggunakan Telegram dengan cara yang mana?