11 Jenis Batu Akik Yang Paling Populer di Dunia

Jenis Batu Akik – Beberapa waktu yang lalu, batu akik adalah suatu benda yang banyak digandrungi oleh banyak kalangan. Banyak orang yang rela merogoh koceknya lebih dalam demi mendapatkan batu akik incaran mereka.

Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah. Batu akik sendiri mempunyai berbagai macam jenis. Di indonesia sendiri, ada berbagai macam jenis batu akik yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.

Di bawah ini akan kami jelaskan berbagai macam batu akik yang mempunyai warna yang beraneka ragam. Namun sebelum kami jelaskan mengenai jenis batu akik, maka akan kami jelaskan terlebih dahulu penggunaan batu akik dari kacamata islam.

Bolehkah Memakai Batu Akik ?

Pada dasarnya, penggunaan cincin adalah sesuatu hal yang mubah dan dihalalkan oleh Rasulallah SAW. Bahkan Rasulallah SAW. pernah pula mengenakan cincin dengan lafadz tauhid, dan syahadat.

Namun seiring berjalannya waktu, manusia semakin berkembang. Begitu juga dengan perkembangan seni pembuatan cincin dari waktu ke waktu. Di Indonesia misalnya, penggunaan cincin yang berhiaskan batu adalah salah satu kesenian yang turun temurun sejak ratusan tahun lalu.

Tetapi satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika batu cincin tersebut digunakan sebagai alat untuk mengambil keuntungan dalam beberapa hal. Batu cincin yang merupakan benda mati ini dianggap sebagai sesuatu yang dapat mendatangkan manfaat.

Ada yang menganggap dapat melanacarkan rezeki, memudahkan jodoh, membuat hati tenang, dan masih banyak lainnya. Hal ini tentu saja akan membahayakan keimanan seorang muslim khususnya. Dikhawatirkan apabila mempercayai hal ini, tauhid seseorang akan semakin terkikis.

Karena pada dasarnya Allah-lah satu-satunya yang dapat mendatangkan kebaikan. Semua kebaikan datangnya dari Allah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami bahwa batu-batu ini bukanlah sesuatu yang dapat memberikan manfaat.

Cukuplah gunakan batu akik sebagai hiasan saja, tanpa perlu mempercayai berbagai manfaat yang dapat diberikannya.

Jenis Batu Akik

Ada banyak sekali jenis batu di muka bumi ini. Ada batu yang bisa ditemukan di pegunungan, di kedalaman tanah, bahkan di dalam lautan. Beberapa jenis batu akik yang paling banyak dicari oleh para penjual batu akik diantaranya:

1. Batu Bacan Hijau

jenis akik bacan
Youtube

Batu bacan adalah batu yang berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara batu ini tepatnya ditemukan di daerah Pulau Kasiruta. Batu jenis ini bahkan sangat diminati oleh kolektor mancanegara.

Salah satu yang beda dengan jenis batu akik yang lain, bahwa batu ini bisa bermetamorfosa secara alami, di mana metamorfosis ini semakin lama semakin indah. Batu bacan dengan jenis jenis yang paling populer adalah jenis batu bacan palamea dan batu bacan doko.

2. Batu Kalsedon

wakik.com

Batu akik Kalsedon mempunyai ciri dengan diselimuti kabut transparan. Hal ini semakin menambah keeksotisan batu akik Kalsedon jenis ini. Bisa ditemukan di wilayah Jawa Barat dan terdapat pula di daerah Sulawesi Tenggara. batu ini seolah-olah ikut melengkapi keindahan berbagai macam jenis batu akik yang terdapat di Indonesia.

Disamping dapat ditemui di daerah-daerah di atas, ternyata batu akik kalsedon juga ditemukan di wilayah Pacitan Jawa Timur.

3. Batu Kalimaya

wakik.com

Sekalipun jenis batu ini adalah jenis batu akik yang lembek, tetapi batu Kalimaya tetap menjadi buruan para pehobi batu akik di penjuru tanah air. Ciri khas dari batu kalimaya sendiri adalah batu ini mampu untuk memancarkan warna seperti berlian.

Hal ini membuat batu Kalimaya menjadi salah satu batu yang paling banyak di buru oleh para kolektor batu akik.

Batu Kalimaya juga disebut dengan opal. Batu ini ternyata juga bisa ditemukan di luar negeri, lebih tepatnya di negara Mesir, India, Meksiko,dan juga Australia. Di Indonesia, tambang batu Kalimaya terdapat di Banten.

4. Batu Safir

barang-bertuah-mistik-antik.blogspot.com

Batu Safir adalah salah satu batu akik dengan harga yang tergolong mahal. Batu jenis ini mempunyai segmen pasar tersendiri. Senada dengan harganya, batu Safir merupakan jenis batu yang terlihat sangat elok ketika di pandang.

5. Batu Topaz

Batu Topas adalah salah satu jenis batu yang juga menjadi primadona dan dielu-elukan oleh kalangan pecinta batu mulia. Warna Batu topaz sendiri memiliki ada 3 macam, yaitu warna jingga, warna kuning dan warna kemerahan.

Jenis batu akik yang satu ini merupakan jenis batu yang bisa ditemukan di luar negeri. Jenis batu ini dapat di jumpai di negara Rusia, Brazil, Srilanka, dan Meksiko.

6. Akik Dareh

pinterest

Batu Dareh adalah salah satu jenis batu akik yang berasal dari Sumatera Barat. Batu jeins ini sangat populer khususnya bagi para pecinta batu akik di Indonesia. Bahkan banyak para pejabat dan wakil rakyat yang ternyata ikut memburu dan mengolekso batu dari dataran Sumatera ini.

Konon kabarnya, Mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama pun disebut-sebut juga pernah memakai dan mengenaqkan jenis batu akik ini.

Hal itu karena Warnanya yang eksotis disertai dengan keindahannya membuat batu ini sangat cock untuk dipakai di mana terlihat mahal dan berkelas.

7. Batu Zamrud

Batu yang mempunyai warna khas hijau ini merupakan salah satu batu yang banayk dicari oleh pemburu akik. Bahkan Batu Zamrud ini tak hanya dikenal oleh pecinta batu akik. Salah satu grup band legendaris Indoensia bahkan mengambil nama batu ini sebagai nama grup band mereka.

Untuk Anda generasi 90-an ke bawah pasti paham maksud kami. Grup Band tersebut bernama Jamrud. Sebuah grup band rock yang merupakan salah satu grup band dengan lagu-lagunya yang mempubnyai lirik menggelitik.

Jenis batu Zamrud yang satu ini sudah banyak dikenal semenjak ribuan tahun yang lalu. Di mana batu Zamrud sudah digunakan sebagai batu perhiasan sejak masa lampau. Batu mempunyai kekerasan mencapai 7.5 skala mohs.

8. Batu Akik Kecubung Wulung

Dengan ciri khas bening yang memiliki warna ungu muda dan tua, jenis warna batu ini ada banyak sekali tetapi hanya ada beberapa yang paling sering dicari orang yaitu yang memiliki warna ungu terong karena memiliki warna yang bersinar, batu jenis ini berasal dari Pangkalabun kalimantan.

Kualitas batu kecubung ini dapat dipercanya bahwa memiliki kualitas paling baik jika dibandingkan dengan batu sejenis yang berasal dari Brazil.

9. Jenis Batu Akik Sulaiman

Sebenarnya untuk jenis batu ini ada banyak sekali variannya tetapi warna yang paling populer di pencinta batu akik adalah batu Sulaiman yang berwarna kuning, merah, dan kombinasi kedua warna tersebut.

Anda tidak perlu susah-susah untuk mencari batu ini karena jenis batu yang satu ini ada banyak sekali atau tersebar dihampir wilayah yang ada di Indonesia. Batu akik jenis ini banyak sekali dicari oleh para kolektor batu akik.

Demikianlah berbagai jenis batu akik yang keren dan paling banyak dicari oleh para kolektor batu akik di masanya. Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua, mengenai berbagai amcam batu ini, dan dapat membuat kita berhati-hati ketika hendak mengoleksinya.

 

Tinggalkan komentar