10+ Jenis Hutan dan Pengertian Manfaat Hutan

JENIS HUTAN – Kali ini abahadil akan membahas jenis hutan tropis, mangrove, tropis, dan bakau. Tidak Hanya akan membahas jenis hutan kami juga akan membahas fungsi, pengertian, manfaat dari hutan. Nah!!! langsung saja anda bisa membacanya di bawah ini.

 Pengertian Hutan

hutan tropis
pixabay.com

Hutan adalah sebuah tempat yang sangat luas dan memiliki berbagai jenis tumbuhan, binatang dan masih bayak lagi. Hutan juga berfungsi sebagai penampungan karbon dioksida, hewan, tumbuhan, dan pelestarian tanah serta merupakan salah satu aspek biosfer yang paling penting di bumi.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita bisa menemukan hutan di berbagai iklim yang ada di bumi seperti iklim tropis maupun iklim dingin, di dataran tendah maupun di dataran tinggi, di pulau yang kecil maupun pulau besar.

Menurut undang-undang yang sudah ada pada nomor 42 tahun 1999 tentang hutan, pengertian hutan merupakan suatu ekosistem emprik yang diminasi oleh pepohonan dalam persatuan alam lingkungan, yang satu sama lain tidak dapat dipisahkan, Definisi yang telah disebutkan di atas melingkupi :

  • Mampu memberikan manfaat secara alami
  • Suatu kesatuan ekosistem alam
  • Berupa hamparan lahan yang luas
  • Berisi sumberdaya alam hayati yang tidak bisa di itung banyaknya

Keempat ciri pokok diatas dinamakan dengan hutan, merupakan rangkain suatu komponen yang saling berkaitan, dan memberikan manfaat kepada makhluk hidup. Hutan merupakan hal terpenting yang harus dimiliki bumi, karena hutan adalah paru-paru bumi.

Manfaat Hutan

hutan
pixabay.com

Manfaat hutan bagi makhluk bumi yang ada didunia banyak sekali, dan sebagai besar manfaat hutan diperuntukan untuk kehidupan manusia. Untuk itu sudah seharusnya kita untuk, menjaga, melestarika hutan yang ada di dunia, agar manusia tetap bisa berkembang dan terus berkembang.

1. Menyerap Karbon Dioksida

pencemaran
pixabay.com

 

Manfaat hutan bagi manusia yang pertama adalah, dapat menyerap gas karbon dioksida yang ada dibumi. Sebaimana yang telah kita ketahui bahwa karbon dioksida itu sangat berbahaya apalagi jika sudah diambang batas normal, maka akan sangat membahakan kehidupan manusia.

2. Menghasilkan Oksigen

Fungsi hutan yang lainnya adalah, dapat menghasilkan oksigen. Hutan dapat menghasilkan oksigen yang sangat banyak dan sebagian besar yang paling banyak menyumbangkan oksigen adalah hutan. Bagaimana jadinya manusia jika hutan ini tidak ada.

3. Sumber Pangan Manusia

kacang
pixabay.com

Tidak dapat dibantah lagi bahwa hutan adalah penghasil pangan terbesar yang ada di dunia, yang sangat dibutuhkan oleh seluruh manusia yang ada di dunia. Sumber pangan yang demiliki hutan ada banyak sekali diantaranya adalah buah-buahan, sagu, jamur, madu, dan masih banyak yang lainnya.

4. Rumah Bagi Flora dan Fauna

macan lagi makan
pixabay.com

Selain sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia hutan juga sangat bermanfaat bagi kehidupan flora dan fauna. Semua aktivitas yang dilakukan oleh flora dan fauna di lakukan di hutan. Mungkin kita pernah melihat rumah warga yang di serang oleh sekawanan hewan mengapa? Karena manusia telah mencuri habitat hewan tersebut.

Fungsi Hutan

hutan lebat
pixabay.com

Hutan memiliki banyak sekali fungsi bagi kelangsungan makhluk hidup yang ada dibumi jika kita jabarkan apa saja manfaat hutan maka banyak sekali manfaat hutan, maka dari itu kami hanya akan menjelaskan sebagian fungsi hutan bagi kehidupan.

1. Mencegah Terjadinya Banjir

kebanjiran
pixabay.com

Tidak dapat dipungkiri kembali bahwa banjir adalah bencana yang paling mengganggu manusia. Karena jika tempat kita banjir maka semua aktivitas akan terhalangi karena adanya banjir. Terus apa hubungannya hutan dengan banjir?.

Karena hutan berisi banyak sekali pepohohan yang sangat membutuhkan air untuk melakukan fotosintesis mereka. Dan Jika hujan terjadi maka pohon-pohon tersebut akan menyerap air hujan tersebut dengan cepat, sehingga air hujan tidak sampai mengakibatkan banjir.

2. Penyeimbang Lingkungan

global warming
Parhlo.com

Fungsi hutan yang kedua adalah penyeimbang alam yang ada di bumi. Fungsi tidak beda jauh dengan fungsi hutan sebagai sumber oksigen. Dimana oksigen dapat menetralisir gas-gas karbon yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

Dengan adanya hutan yang selalu menghasilkan oksigen untuk kelangsungan hidup kita, maka mengendalian atas keseimbangan lingkungan yang dimaksudkan. Dengan menghirup oksigen saat kita beraktivitas, zat karbon yang ikut terhirup akan menjadi netral karena oksigen.

3. Menyimpan Cadangan Air

sungai
pixabay.com

Fungsi hutan yang ketiga adalah sebagai penyimpan cadangan air. Pada fungsi yang sebelumnya telah disebutkan bahwa hutan yang didalamnya ada pohon akan menyerap air ke akar. Air ini akan menjadi cadangan air bagi pohon saat musim panas atau kering  tiba agar dapat bertahan hidup.

Air yang disimpan pohon biasanya diambil saat hujan tiba. Satu pohon dapat menyimpan cadangan air yang cukup banyak. Apalagi jika hutan tersusun oleh banyaknya pohon. Maka dari itu hutan memiliki banyak sekali cadangan air.

4. Mencegah Tanah Longsor

longsor
pixabay.com

Fungsi hutan yang selanjutnya adalah dapat mencegah tanah longsor. Hutan yang tersusun oleh pohon yang banyak, memiliki akar yang banyak dan besar, akar selain berguna sebagai penyerap air akar juga sangat berguna untuk mencengkram tanah sangat kuat dan baik.

Tanah yang telah di cengkram oleh akar dengan kuat, maka akan menahan terjangan tanah yang jika terkena air yang besar akan mengakibatkan longsor. Tetapi jika tanah itu memiliki akar yang banyak maka akan menahan tanah tersebut.

Jenis Jenis Hutan

jenis hutan
worldwildlife.org

Selain memiliki manfaat yang banyak, ternyata hutan memiliki beberapa jenis tidak hanya hutan biasa tetapi, ada hutan yang dikhususkan sebagai tanaman tertentu saja. langsung saja anda bisa membacanya di bawah ini.

1. Hutan Mangrove

hutan mangrove
pixabay.com

Sebenarnya hutan mangrove ini, memiliki sebutan lain yang disebut dengan hutan bakau. Hutan mangrove ini sangat unik dikarenakan hutan mangrove ini berada di pertengahan sungai dan lautan. Dihutan mangrove ini ada banyak sekali berbagai jenis binatang seperti, kepiting, ikan payau, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda ingin mengunjungi hutan mangrove tidak perlu memakai sepatu yang bagus, tetapi sebaiknya anda memakai sepatu boot, dikarenakan hutan ini memiliki struktur tanah yang sangat lembek, semakin anda mendekati hutan ini maka akan semakin dalam tanahnya.

Manfaat Hutan Mangrove

Fungsi alami hutan mangrove yaitu sebagai pelindung garis pantai dari pengikisan, hingga pelindung untuk gelombang laut hingga tsunami. Manfaat lainnya ialah bisa sebagai tempat edukasi rekreasi anak untuk mencintai alam sekitar sampai tempat pengembang biakan ikan.

Setelah membaca tentang hutan mangrove, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi hutan ini, salah satunya ada di Jakarta yang terkenal dengan sebutan Hutan Mangrove PIK Jakarta.

2. Hutan Lindung

hutan lindung
pixabay.com

Hutan lindung adalah hutan yang di lindungi keberadaannya karena berfungsi sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Kawasan hutan yang ditetapkan sebagai hutan lindung mempunyai peran sebagai penyedia cadangan air bersih, penahan erosi, sebagai paru-paru kota, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Definisi hutan lindung dalam undang-undang No. 41 tahun 1999 tentang kehutanan merupakan “Kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok merupakan sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mencegah intrusi air laut, mengendalikan erosi tanah, dan menjaga kesuburan tanah.”

Namun keberadaan hutan lindung tersebut tidak termasuk ke dalam kawasan hutan konservasi yang dikelola oleh pemerintah.

Agar terhindar dari kerusakan yang dibuat oleh manusia, maka adanaya hutan lindung ini harus di lindungi dan dijaga keasliannya.

Biasanya hutan lindung berada di tengah-tengah lokasi hutan produksi, hutan adat, hutan rakyat atau di daerah yang berbatasan dengan pemukiman dan perkotaan.

Pengelolaannya dapat dilakukan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah atau bahkan komunitas seperti masyarakat adat.

Fungsi Hutan Lindung

Hutan lindung selain dilindungi oleh pemerintah hutan ini ju memiliki beberapa fungsi yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup orang sekitarnya. Seperti saya tidak akan menerangkan fungsi-fungsi hutan lindung karena fungsi hutan lindung sama seperti fungsi hutan pada umumnya seperti yang sudah disebutkan diatas.

3. Hutan Hujan Tropis

jenis hutan
worldwildlife.org

Wilayah tropis selalu terkena sinar matahari pada sepanjang tahun karena letaknya di tengah-tengah bumi sehingga tidak dapat berpengaruh pada gerak semu tahunan matahari.

Pada di bulan Desember ketika matahari lebih dominan ke daerah bumi selatan, daerah khatulistiwa akan tetap terkena sinar matahari dan begitupun sebaliknya jika matahri lebih dominan ke arah utara pada bulan juni maka akan tetap terpapar sinar matahari.

Ciri Hutan Hujan Tropis

Lalu apa yang membedakan hutan hujan tropis dengan hutan yang lainnya. Nah!! anda bisa membaca ciri-ciri hutan hujan tropis di bawah ini.

1. Mempunyai Pohon yang Tinggi Dan Lebat

Karena hutan hujan tropis selalu terkena sinar matahari maka dari itu sangat memungkinkan jika pepohonan yang ada disana memiliki ketinggian yang melebihi tinggi pohon pada umumnya. Ketinggian pohon di hutan hujan tropis bisa mencapai hingga 50 meter dan memiliki ukuran yang besar juga

2. Kelembapan Udara Yang Cukup Tinggi

Faktor yang paling menyebabkan hutan hujan tropis lembab dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi yang terjadi sepanjang tahun otomatis hutan hujan tropis tidak pernah mengalami musim kemarau.

Pada bulan-bulan musim kering biasanya hutan-hutan pada umumnya akan mengalami kekeringan seperti hutan hujan tropis yang memiliki banyak sekali cadangan air untuk menghadapi musim panas tiba.

3. Memiliki Genangan Air di Tengah Hutan

Genangan air pada hutan hujan tropis dikarenakan sering nya hutan ini terkena hujan maka dari itu terbentuklah cekungan yang akan membuat genangan air yang cukup banyak.

sekian penjelasan dari abahadil tentang jenis hutan semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya silahkan anda bisa mengeshare nya kemapun anda mau.

Satu pemikiran pada “10+ Jenis Hutan dan Pengertian Manfaat Hutan

Tinggalkan komentar