tips-membersihkan-aquarium

49 Jenis Ikan Aquarium

tips-membersihkan-aquarium
tukang.id

Untuk kalian yang mencintai ketenangan, ingin memiliki hewan peliharaan tapi tapi tidak berisik dan tidak mengotori rumah, maka ikan hias air tawar bisa dijadikan alternatif untuk kalian yang ingin memelihara ikan

Ikan hias air tawar banyak sekali varian warna dan juga banyak sekali jenisnya serta bentuknya yang enak untuk di pandang, selain bisa di jadikan hewan peliharaan bisa juga dijadikan sebagai hiasan dalam rumah atau kolam.

Disini kami sebagai abahadil.com akan menulis artikel yang membahas tentang ” beberapa jenis ikan hias air tawa” terpopuler dan diminati oleh banyak orang di dunia.

1. Ikan Arwana ( scleropages Formosus )

ikan arwana
ilmuagama.net

Ikan arwana ini adalah salah satu jenis spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut sebagai “ikan naga” karena sering di hubungkan dengan naga dari mitologi Tionghoa.

Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara  khususnya Indonesia. Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus “terancam punah”  oleh IUCN pada tahun 2004. Jumlah spesies ini terus menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan aquarium, terutama oleh masyarakat Asia.  Jadi jika anda ingin membeli ikan ini harus dipikirkan kembali bukan hanya harga yang mahal tapi juga spesies yang harus di lestarikan di alam karena ingin punah.

2. Ikan Black Ghost/Black Phanton ( Apterontus Albifrons )

ikan black gost
www.fishtanksandponds.co.uk

Ikan hias jenis black ghost ini berasal dari sungai Amazon dan Surinam, balck phantom mempunyai banyak sebutan. Diantaranya black ghost karena sepintas ikan hias nampak seperti hantu apalagi bentuk tubuhnya yang bergelambir membuatnya semakin cocok menyandang nama black ghost.

Ada juga nama lainnya yaitu ikan penari balet. Di sebut penari balet karena gerakannya yang maju maju mundur dan jungkir balik dengan sangat lenturnya. Hal ini karena dukungan dari bentuk tubuh yang menggelambir dan lentur sehingga dapat melakukan manuver yang tidak dapat dilakukan oleh ikan hias lain. Ikan ini cocok untuk anda yang menyukai jenis ikan yang berwarna hitam.

3. Ikan Louhan ( Flowerhorn)

ikan louhan
youtube.com

Ikan louhan merupakan salah satu ikan hias yang sudah populer yang dipelihara di dalam aquarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas yang dijuluki “benjol kelam”. Aslinya mereka hanya berhabitat di Malaysia dan Taiwan namun saat ini banyak di pelihara oleh para penggemar ikan di seluruh dunia

Di Indonesia sendiri ikan louhan banyak di manfaatkan sebagai ikan hias juga di manfaatkan sebagai bisnis karena harganya yang mahal. Banyak orang yang mengatakan semakin besar benjolan di kepalanya dan semakin unik warna tubuhnya maka akan semakin mahal.

4 Ikan Maskoki

ikan mas koki
Ferboes.com

Ikan hias jenis ini berasal dari China yang dikenalkan oleh masyarakat Jepang. Pada awalnya ikan jenis maskoki memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan mas yang merupakan satu spesies. Kemudian masyarakat Jepang yang mengembangkan ikan hias maskoki banyak variasi warna dan bentuk menjadi lebih cantik dari sebelumnya.

Ikan hias maskoki termasuk jenis ikan hias yang mudah dipelihara dan di budidayakan di rumah. Namun ikan hias ini merupakan ikan ekslusif yang tidak mau dipelihara dengan selain ikan hias maskoki karena membutuhkan banyak oksigen untuk bertahan hidup.

Jenis ikan hias ini sudah familiar di telinga kita karena banyak di masyarakat kita yang memeliharanya sebagai ikan hias. ikan makoki memiliki gerakan tubuh yang lucu disebabkan bentuk badannya yang penuh namun tetap seimbang

5. Ikan Koi

jenis ikan koi
www.galena.co.id

Jenis ikan hias tawar ini adalah ikan yang berasal dari negara tirai bambu ( Jepang). Di jepang sendiri ikan ini dijadikan sebagai lambang persahabatan atau cinta. hal tersebut di karenakan ikan koi merupakan ikan homofon kata lain yang bermakna kasih sayang atau cinta.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu memelihara ikan ini di rumah, dilihat dari segi bentuk tubuh dan warnanya ikan ini juga salah satu ikan yang banyak digemari oleh orang banyak di aquarium maupun kolam. kebanyakan para pecinta ikan hias air tawar lebih memilih ikan koi jenis bastar karena warna dan pola warnanya yang menarik dan juga indah dipandang. Selain itu ikan koi banyak di sukai para pecinta ikan hias karena gerakannya yang lamban dan cukup jinak.

6. Ikan Komet

ikan komet
falony.com

Ikan hias komet memiliki nama latin Carrassius Auratus adalah ikan hias yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Tak heran karena komet mempunyai tubuh yang ramping dengan warna putih perak mengkilap dan merah menyala. Juga pada ekor panjangnya yang terus melambai-lambai ketika berenang semakin membuat penggemarnya merasa terhibur.

Ikan hias yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini berasal dari jepang. Sekitar tahun 1970-an ikan hias jenis komet ini di perkenalkan di Indonesia. Ikan jenis komet ketika masih muda bentuk ekornya tidak terlalu lebar. Seiring pertumbuhannya, ketika dewasa ikan ini akan memiliki ekor lebar dan membuat komet lebih gemulai.

Untuk memelihara ikan hias jenis komet ini tidak sulit karena komet tidak rewel. Di daerah pedesaan, ikan hias jenis komet hanya di budidaya dalam empang tanpa perlakuan khusus oleh pemiliknya. Makanya cukup dedak ( dari hasil selep padi) yang di taburkan sekali dalam satu harinya.

7. Ikan Kumpai

ikan kumpai
fjb.m.kaskus.co.id

Ikan hias kumpai merupakan ikan hias yang masuk dalam daftar jenis ikan hias air tawar yang  mudah di pelihara. Ciri signifikan ikan kumpai adalah siripnya yang berumbai dan panjang sehingga lebih menarik ketika sedang bergerak.

Pilihan warna ikan kumpai banyak variasi ada kuning, merah, putih, hijau gelap dan lain-lainnya. Dari bentuk bandana memanjang seperti ikan mas sinyoya. Pertumbuhan ikan hias kumpai tergolong lambat. Kadang ikan hias air tawar kumpai ini juga dimanfaatkan sebagai ikan untuk di makan.

8. Ikan Wakin ( Common Goldfish)

ikan mas koki wakin
akuariumhias.blogspot.co.id
jenis ikan wakin ini dijuluki oleh orang jepang dengan sebutan ikan mas koki wakin. Dimaksud ikan mas koki wakin adalah bentuk fisiknya belum banyak berubah. ikan wakin mempunyai bentuk tubuh agak bundar dengan pabjang sekitar 5-20 cm.
Yang menjadi ciri khas fiski ikan wakin ini adalah bentuk ekornya yang panjang serta lebar yang membuatnya tampil lebih menarik dan indah. Ikan hias wakin juga memiki karakter khas yaitu gerakanya yang lincah seta lebih atraktif membuat lebih enak di pandang.

9. Ikan Sepat hias

ikan sepat hias
akuariumhiasku.blogspot.co.id
jenis ikan sepat hias ini termasuk dalam suku gurame. Dalam bahasa Inggris di sebut sebagai mosaic gourame mengacu kepada pola warna dan bintik-bintik indah dengan garis hitan di segi badannya ikan sepat di datangkan dari negara tetangga yaitu Malaysia dan juga termasuk indonesia sendiri tepatnya Kalimantan dan Sumatra.
Ikan ini termasuk ikan omnivaora dan hidup pada suhu maksimum 26-28 Celcius dengan pH 6,5-7,0 dengan kekerasan air mencapai 6-8 dh. Ikan ini termasuk ikan omnivora atau ikan pemakan segala, di aquarium ikan sepat bisa di kasih pakan kering seperti pelet.

10. Ikan Sapu-sapu

ikan sapu-sapu
jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id
Jika anda seorang yang suka denga ikan hias dan suka memilihara banyak ikan. Tidak ada salahnya jika anda berkenalan dengan ikan yang satu ini. Bentuk ikan hias sapu-sapu bagian bawah rata yang digunakan untuk menempel, sehingga jika diperhatikan mulutnya menempel di kaca aquarium
Corak warnanya cenderung hitam dengan totol putih di seluruh tubuhnya. Ikan sapu-sapu merupakan jenis ikan air tawar omnivora yang artinya ikan pemakan segalanya. Seperti lumut, alga, kutu air. Begitu juga dengan kotoran-kotoran yang menempel pada aquarium.

11. Ikan Cupang

ikan cupang
www.binatangpeliharaan.org
ikan hias cupang merupakan salah satu ikan hias yang cukup populer di Indonesia khusunya. ikan cupang memiliki bentuk tubuh yang cantik, sehingga tidak sedikit yang memeliharanya sebagai ikan hias baik di aquarium maupun di dalam kolam.
Ikan cupang ini banyak ditemui di daerah perairan Asia Tenggara seperti Malaysia, Vietnam, Thailand dan Indonesia. Dari segi gerakan ikan cupang termasuk ikan yang bergerak dengan lamban dan menunjukkan keanggunan dengan cara mengibas siri dan ekornya yang cantik.

12. Ikan Guppy

ikan platinum guppy
rismayadii.blogspot.co.id
Ikan hias air tawar bisa ditemui di daerah Barnados, Triniad, Guyana, Brasil dan beberapa daerah Asia Tenggara. Bentuknya yang cantik dan memiliki sirip-sirip yang indah dengan berbagai warna yang sangat mempesona dan huga indah di pandang.
Varian warna ikan inpi ada kuning, hijau, merah, biru, putih dan beberapa kombinasi warna lain yang tampak begitu indah melapisa badan ikan guppy, ukuran ika guppy sendiri kurang lebih sekitar 2,5-5 cm. untuk membedakan ikan guppy jantn dan betina bisa di lihat dari siripnya

13. Ikan Discus

ikan Turquoise Discus 4
ikandiscus-diskus.blogspot.co.id
Ikan hias discus merupakan ikan yang habitat asalnya dari sungai Amozon, Amerika Selatan. Tidak sedikit orang yang menggemari ikan discus ini karna keindahan dan bentuknya yang unik. Namun dirasa ikan hias air tawar jenis ini di rasa cocok untuk pemula, karena memerlukan perawatan dan perhatian yang ekstra dibanding ikan hias lainnya.
Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin memelihara ikan discus ini untuk dijadikan ikan hias aquarium kamu. Nah, jika kamu ingin memelihara ikan discus ini, kenali dahulu ikan discus ini. cara mengenalinya mudah. Ikan discus penampilan yang bisa dikenali denga kasat mata.

14. Ikan Oscar

ikan oscar red
mancingalam.blogspot.co.id
Ikan hias jenis oscar merupakan jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias dalam maupum luar negeri. Oscar memiliki bentuk tubuh lebar layaknya ikan gurame atau nila yang sering di jadikan sebagai lauk pauk untuk di makan.
Namun ada hal yan membedakan antara kedua ikan tersebut, yaitu warna pada ikan hias jenis oscar lebih bervariasi serta kombinasi warna-warnanya terlihat lebih indah dari ikan gurame serta pada sisik ikan oscar terdapat seperti ada batik yang menghiasi tubuhnya.

15. Ikan Neon Tetra

ikan neon tetra
www.teropongbisnis.com

Ikan hias neon tetra berwarna biru terang pada bagian punggung dan putih perak pada bagian abdomen membuat semakin menarik. Neon Tetra memiliki beberapa keluarga diantaranya neon tetra albino, blackneon blue dan neon api. Dari semua itu, neon tetra merupakan yang paling populer dan tinggi harganya.

Bahkan saat neon tetra menglami kenaikan popularitas para pembudidaya mengaku kewalahan untuk memenuhu permintaan ekspor yang begitu tinggi. Permintaan ekspor untuk ikan neon tetra perbulan bisa hingga mencapai 2 juta ekor. Akan tetapi para pembudidaya hanya mampu mengirim 1 juta ekor.

16. Ikan Manfish

ikan manfish
akuariumhias.blogspot.co.id

Ikan manfish termasuk dalam keluarga chiclidae. Sebutan lain dari ikan manfish ini adalah angle fish karena warna elegan dan bentuknya yang mearik. Manfish merupakan ikan yang membuat perlindungan untuk melindungi keturunannya agar tidak di mangsa pemburu.

Untuk menjadikan ikan manfish sebagai induk harus menunggunya setelah berumur 7 bulan dengan panjang kira-kira 7,5 cm. Agar hasil budidaya maksimal, induk haarus dipelihara dengan baik. Caranya dengan memberi makan jentik nyamuk, cacing tubifex atau chironomous.

17. Ikan Bala Bala ( Hiu Bala)

ikan bala hiu
duniaprikanan.blogspot.co.id

Ikan hias jenis bala-bala ini merupakan ikan yang berukuran tubuh yang kecil namun memiliki bentuk layaknya sang predator laut. Bala-bala mempunyai sisik berwarna kontras dengan warna hitam dan putih. Ikan hiu bala ialah ikan dari famili cyprinidie yang merupakn salah satu dari spesies balantiocheilos.

Di khawatirkan populasi dari ikan hias jenis bala-bala ini akan punah karena populasinya yang kian menurun akibat banyak orang yang telah memperjual belikannya. Di Indonesia habitat ikan ini banyak dijumpai di semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan. Ikan ini memiliki panjang meksima sekitar 35 cm.

18. Ikan Lemon

ikan lemon indah
www.fatinia.com

Sesuai dengan namanya, ikan hias jenis lemon ini memiliki warna tubah yang dominan dengan warna seperti buah jeruk lemon masak. untuk ikan lemon yang sudah dewasa, bagian ujung sirip atasnya akan berwarna hitam

Di sarankan pemelihara ikan jenis lemon ini tidak di gabung dengan ikan jenis lainya karena ikan lemon ini termasuk hewan yang agresif. Ukuran ikan ini kira-kira 8-12 cm, ikan ini juga banyak sekali peminat karena warna yang indah dan juga enak untuk dipandang

19. Ikan Gurame Padang

ikan gurame padang
endangwidjayanti-duniaikan.blogspot.co.id

Ikan hias gurame padang memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan ikan gurame pada umumnya, bedanya jika ikan gurame padang ini banyak digemari sebagai ikan hias. Selain itu perbedaan lainnya adalah terletak pada warnanya.

Jika gurame padang waktu kecil badanya berwarna kuning kemerah-merahan. mulutnya lancip dan bagian badan serta ekornya lebih lebar. Tetapi ikan gurame padang mengalami perubahan bentuk pada bagian kepala dan warna tubuhnya memudar menjadi kuning pucat dan warna kemerah-merahannya menghilang.

20. Ikan Convict Cichlid

ikan aquarium convict cichlid
forum.o-fish.com

ikan yang termasuk spesies cichlid ini mempunyai nama yang cukupunik yaitu “ Convict Cichlid” kata convict artinya terpidana. Mungkin penamaan dilihat dari warna serta corak pada tubuhnya yaitu menyerupai corak baju terpidana yaitu garis hitam putih.

Ikan convict cichild biasanya berenang pada bagian tepi atau sudut aquariun dan sedikit bersifat teritory sehingga kurang cocok hidup berdampingan dengan spesies ikan lainya. Sang jantan biasnya memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan betina

21. Ikan Blue Ram

ikan aquarium blue ram
fid.pinterest.com

Ikan blue ram atau Mikrogeophagus ramerezi dikenal dengan berbagai nama, jika ada yang menyebut golden ram berarti yang dimaksud adalah german blue ram fish, maka anda jangan bingung. Selain itu di kenal dengan nama butterfly cichild ram cichild, blue ram, blue ram german.

Itulah nama-nama lain yang umum digunakan untuk menyebutnya. German blue ram fish adalah ikan hias kecil dari keluarga cichlid yang indah atau  lebih dikenal dengan cichlid kerdil. Ukuran panjang tubuhnya pada umumnya adalah 5 cm.

22. Ikan Clown Kill Fish

ikan clown kill fish
zafact.blogspot.co.id

ikan hias jenis clown kill fish dengan banyak sebutan diantara clown panchax dan rocket kill fish serta mempunyai nama latin pula yakni Pseudepiplatys. berasal dari daerah Liberia dan Guinea atau Afrika Barat. Ikan hias clown kill fish mempunyai warna yang menarik dengan strip kuning dan hitamnya yang vertikal.

Untuk warna pada punggung dan sirip analnya sama dengan warna tubuhnya. Bagian yang istimewa adalah bagian ekornya yang berwarna biru dengan strip merah seperti api rocket. Ukuran panjang dari clown kill fish sekitar 4 cm.

23. Ikan Buaya

ikan hias ikan buaya
Infoikan.com

Sebutan lain untuk ikan buaya yaitu adalah spatula atau bisa juga aligator gar dan nama latinnya adalah Atractosteus. Ikan buaya merupakan salah satu ikan primitif yang keberadaanya masih dapat di jumpai sampai saat ini.

Bentuk kepala yang mirip dengan buaya menunjukkan bahwa ikan ini termasuk jenis ikan predator. Yang paling menonjol terdapat pada moncong yang pendek, besar dan kokoh serta rahangnya atas yang ditumbuhi gigi-gigi besar berbaris ganda.

24. Ikan Black Skirt Tetra

ikan black skirt tetra
id.pinterest.com

ikan hias jenis black skirt ini merupakan ikan hias yang bias di pelihara dalam aquarium. Ciri khas dari black skirt tetra ini terdapat pada tubuhnya yang berwarna perak ( kombinasi abu-abu dan silver serta hitam). Disamping itu bentuk tubunya mirip dengan jenis discus.

Dengan panjang tubuhnya yang dapat mencapai 6 cm, black skirt tetra termasuk ikan hias yang memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding dengan sesama spesiesnya sehingga bagi pemula ikan hias air tawar ini dapat mencoba memeliharanya.

25. Ikan Polka Dot Synonym

Polka Dot Synonym
pinterest.com

ikan jenis polka dot synonym ikan yang sudah amat jarang di temui karen banyaknya pemburuan dan tidak ada penanganan yang lebih dari pemrintah. Ikan ini satu famili dengan ikan gabus karena samap-sama menghisap kotoran di dalam aquarium.

Ikan ini adalah ikan yang berasal ari Asia tenggara. Ada banyak sekali peminat ikan ini karena warnanya yang khas yang tidak dimiliki ikan yang lainnya dengan di lapisi kulit yang berwarna hitam dan lalu ada bintik-bintik berwarna putih yang bikin lebih menarik.

26. Ikan Panaque

ikan panaque
tropical-fish-keeping.com

Para pecinta ikan hias air tawar tentunya sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Di Indonesia ikan panaque dikenal dengan istilah ikan sapu-sapu ata pleco. Ikan sapu-sapu karena makanan dari ikan panque ini berupa alga yang menempel pada kaca aquarium

ikan hias yang berasal dari kawasan Amerika tropis ini termasuk dari keluarga lorocaridae. Namun tidak semua keturunan dari loricaride adlah ikan sapu-sapu. Dalam perdangan ikan hias internasional panaque dikenal dengan plecostomus atau nama pendeknya plecs dan plecos.

27. Ikan Marbled Hatchetfish

ikan marbled hadtchetfis
www.aquariumlife.com.au

ikan jenis Marbled Hatchetfish atau dalam bahasa ilmiahnya Carnegiella Strigata merupakan salah satu ikan hias air tawar yang tersebar luas di kawasan sungai Amazon. Persebaran ini juga meliputi Bolivia, Brasil, Kolombia, Peru, dan Sungai Rio Orinico Venezuela.

Dengan ukuran panjangnya yang mencapai 3 cm, ketika sedang terancam oleh predator Marbled Hatchetfish mampu melompat keluar air dengan megandalkan otot sirip pektoralnya. Namun hasil penelitian yang ada, Marbled Hatchetfish hanya mampu melompat keluar air sampai 2 kali saja.

28. Ikan Marbled Headstander

Ikan Marbled Headstander
www.gulalives.co

Ikan yang memiliki nama latin Chilodus Punctatus ini di namakan  Marbled Hedstander karena kepalnya selau kebawah. Ikan Hedstander ini termasuk kedalam famili alestidae. Tubuhnya dipenuhi bercak bewarna coklat dan panjang tubuh bisa mencapi 3,5 cm.

Perbedaan antara jantan dan betina sukar terlihat karena nyaris tidak ada beda ciri morfologisnya. Sedikit perbedaan yang ada terletak pada tubuh betina yang tampak lebih gendut pada saat matang gonad. Ikan ini matang gonad pada umur 4 bulan

29. Ikan Flagtail Characin

ikan Flagtail Characin4
akuariumhias.blogspot.co.id

Flagatail memiliki sisik yang lebar dan warna perak pada tubuhnya. Kemudian pada bagian sirip dan ekor berwarna orange kemerahan. Namun pada ekor, sirip anal dan sirip punggung terdapat garis-garis horizontal berwarna hitam untuk warna pada ingsang dan kepala adalah merah bersamar.

Ikan hias air tawar Flagtail atau lebih sering dikenal dengan sebutan silver prochilodus banyak dijumpai pada kawasan sedang Sungai Amazon Brasil. Lebih tepatnya di danau, anak sungai dan sungai rimba hujan di Benua Amerika.

30. Ikan Jenis Julie Cichlid

ikan Julie cichlid
wetwebmedia.com

ikan julie cichild adalah salah satu jenis ikan cichlids ada banyak sekali jenisnya. Ikan Cichlids yang menarik, aktif, biasanya hidup cukup tahan lama. Keluarga cichlids menawarkan berbagai bentuk tubuh, berbagai ukuran, dan beberapa warna yang sangat indah.

karekteristik ini selanjutnya dilengkapi dengan perilaku mereka yang luar biasa, sangat kompleks namun ritual. biasanya ikan jenis cichild ini bisa di temukan di daerah afrika dan sekitarnya warna ikan banyak varian dari warna merah, hitam dan lain-lainnya.

31. Ikan Flameback

ikan-Flameback
keyword-suggestions.com

Ikan Flemback ikan yang sangat menarik serta menawan bagi kebanyakan pecinta ikan hias aquarium.  Ikan ini akan bersembunyi dalam aquarium baru dan mulai menonjol diri jika tidak diganggu oleh ikan lainnya. Ikan ini sering berkelahi dengan kawannya sendiri yang sejenis.

Ikan Flameback termasuk ikan yang sangat tangguh dan dapat hidup dalam waktu yang lama bila dirawat dengan baik dan benar. Ikan ini termasuk dalam famili Protogynous Hermaphrodites, artinya awal masa hidupnya secara seksual berstatus ikan betina.

32. Ikan Peacock Bass

ikan peacock bass
Ferboes.com

Ikan jenis Peacock Bass atau biasa disebut dengan Pbas adalah salah satu dari kelompok ikan hias predator yang banyak memiliki penggemar. Ikan hias yang berasal dari wilayah Perairan Benua Amerika ini merupakan salah satu anggota yang memiliki tubuh terbesar dari famili chiclidea.

Sebenarnya peacock sendiri mempunyai banyak spesies namun yang biasa ditemui adalah monoculus, occelaris, dan orinoco. Meskipun ikan hias pbass terlihat garang, warna hijau keemasan pada tubuhnya tetap membuatnya cantik dan membuat penggemar jatuh hati

33. Ikan Arulius Barb

Arulius-Barb
petfishbreeds.com

Ikan arulius barb ini atau biasa di panggil barbir merupakan jenis ikan hias yanh mudah dipelihara, ikan hias ini masih dalam keluarga ikan barb yang mempuyai jenis kelompok lagi. Dari beberapa jenis barbir ada juga namanya ikan barbir slayer yang masih serupa dengan barbir ini.

Bandanya memanjang dengan bentuk pipih kesamping. warna badannya akan sangat indah jika dilihat dari bawah sinar seperti lampu. Punggungnya berwarna zaitun mengkilat. Sebagian besar badanya, termasuk perutnya berwarna keperakan, mengkilat dengan corak merah lembut

34. Ikan Red Eye Tetra

kan Hias Jenis Red Eye Tetra
petfishbreeds.com

Red Eye Tetra merupakan ikan hias dari jenis yang cukup populer, bahkan dunia mengakui untuk saat ini budidaya ikan hias air tawar ini terbesar di asia. Red eye tetra merupak jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan, di Paraguay, Timur Bolivia, Timur Peru, dan Barat Brasil.

Sesuai dengan namanya, ikan red eye tetra memiliki ciri khusus yakni dibagian atas matanya berwarna merah, selain itu ikan hias yang berasal dari Amerika ini memiliki warna hitam pada pangkal telurnya. Ikan ini bisa bertahan hidup sampai 5 tahun asal dirawt dengan baik dan benar.

35. Ikan Barb Gold

ikan neon gold barb
aquariumtidings.com

Ikan ini merupakan keluarga Puntius yang berasal dari Singapura dan Asia Timur seperti di sungai Red yang melalui Vietnam dan China. Gold barb mempunyai warna keemasan di seluruh tubuhnya dengan bintik-bintik gelap kehitaman yang membentang di sisi tengah tubuhnya.

Gold barb mempunyai sirip punggung, sirip anal, sirip dada, dan ekor berwarna kemerahan. Ikan ini hidup berkelompok dengan jumlah anggota tidak kurang dari 6 ekor. Gold barb adalah ikan yang sangat aktif, selain membutuhkan tempat yang terbuka yang luas untuk berenang, ikan ini juga membutuhkan tempat bersembunyi.

36. Ikan Silver Dollar

ikan silver dollar
akuariumhiasku.com

Ikan yang nampak dengan piranha kecil ini merupakan jenis ikan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi. Banyak yang memelihara ikan hias jenis silver dollar sebagai komuditi bisnis. Sesuai dengan namanya, silver dollar memiliki bentuk tubuh layaknya koin berwarna silver dan ukurannya bisa mencapai 15 cm.

Habitat asli ikan in berasal dari sungai Amazon. Namun pakan ikan hias ini tergolong mudah karena termasuk dalam ikan herbivora. Sehingga bagi kita pecinta ikan hias hanya perlu menyiapkan dedaunan seperti selada. Yang paling penting jangan lupa untuk mengatur temratur air menjadi 20-30 derajat.

37. Ikan Corydoras

ikan Corydoras sterbai
ca.wikipedia.org

Ikan hias corydoras sering disebut ikan tikus karena cara dari ikan ini berenang memang terlihat seperti tikus yang sedang berlari. Suhu ideal untuk corydoran dapat bertahan hidup adalah pada 24-28 derajat celcius. Corydoras akan sangat senang apabila aquarium atau kolam kita di gunakan untuk memeliharanya mirip seperti habitat aslinya yaitu sungai Amazon.

Untuk itu kita dapat membuat desain aquarium kita selayaknya sungai Amazon agar corydoras senang berada pada tempat barunya. Ketika berada di dalam aquarium corydoras sering berada di dasar apalagi kalau aquarium kita berpasir.

38. Ikan Rainbow

ikan Boesemans Rainbowfish
tropicalfishkeeping.com

Ikan hias jenis rainbow mempunyai spesies 53 yang telah tersebar di kawasan Australia, Papua, dan Sulawesi. Spesies dari rainbow merupakan ikan endemik di kawasan dan memiliki ukuran panjang sekitar 7-9 cm.

Rainbow fish ini termasuk dalam famili Melanotaeniide karena sering dijumpai berbentuk pipih dan memiliki sirip yang mengkilap. Namun ada beberapa dari jenisnya lebih pendek dan membulat atau membesar pada bagian perut layaknya rainbow ballon yang populer di pasaran.

39. Ikan Mickey Mouse

ikan mickey mouse
kavil.in

Ikan hias jenis mickey mouse termasuk dalam famili ikan platty. Dari sekian banyak jenis dalam famili ikan platty mickey mouse merupakan yang paling populer. Tidak tau pasti sebabnya disebut dengan mickey mouse namun ada sebagian orang menganggapnya bentuk tubuhnya mirip dengan mickey mouse.

Ikan hias jenis mickey mouse termasuk ikan yang agresif. Jadi dalam pemeliharaanya di aquarium lebih baik di pisah dengan ikan hias lain. Untuk menghindari supaya tidak saling memakan satu sama lain. Ikan ini sangatlah bayak peminatnya karena ikan iya bisa membuat kita terhibur jika melihatnya.

40. Ikan Botia

ikanBotia udomritthiruji
seriouslyfish.com

Ikan hias botia termasuk yang bukan hanya banyak digemari di Indonesia namun banyak juga di gemari di mancan negara, ikan botia termasuk ikan dari famili Cobtidae. Dari beberapa ikan botia jenis yang banyak diminati adalah botia badut, botia morleti, botia india, dan lain-lainnya.

Ikan botia yang berasal dari Indonesia adalah ikan Botia macan dan ikan botia badut.  Namun ikan botia yang banyak dikenal dikalangan pecinta ikan dan banyak di impor ekspor adalah jenis ikan badut dengan nama ilmiah Choromobotia macrachantus.

41. Ikan Niassa

Ikan Niasa
okdogi.co

Ikan hias niasa, termasuk dalam salah satu jenis ikan hias niasa mempunyai keunikan terletak pada warna tubuhnya, yaitu warna-warni. Ikan niasa juga sering disebut dengan nama ikan malawi golden chichlid ini karena memang ikan niasa masih tergolong dalan famili Cichilidae.

Ikan niasa bukan merupakan ikan yang asing ladi di indonesia khususnya bagi para pecinta ikan hias, ikan niasa yang paling populer dikalangan pecinta ikan hias adalah warna kuning putih-biru dengan corak loreng-loreng kehitaman yang biasa di incar para pecinta ikan hias.

42. Ikan Paradise Fish

Paradise-fish-Macropodus-opercularis-tropical-fish-keepingdotcom
keeping.com

Paradise fish memiliki nama latin yaitu Macropodus opercularis merupakan ikan hias jenis air tawar yang berasal dari China. Mempunyai bentuk dan warna yang menarik yaitu ada garis warna merah dan biru berselang-seling pada tubuhnya.

Siripnya di punggung panjang dan berwarna biru. Sedangkan sirip di perut berpangkal biru dan warna merah pada ujungnya. Untuk saat ini, ikan hias memilikipanjang mencapai 7,5 cm ini telah banyak berkembang dengan berbagai warna diantaranya biru, cokelat dan albino.

43. Ikan Endlers Livebearer

ikan-hias-Endlers-Livebearer
anekatop10.com

Apabila kita mencari ikan hias air tawar jenis endlers Livebearer di toko-toko ikan hias maupun penangkaran ikan. Endlers livebearer termasuk ikan langka karena ikan biasanya hanya ditemukan pada toko ikan hias khusus penggemar ikan endlers livebearer.

penampilan dari endelers tidak jauh berbeda dengan ikan guppy liar. Warna yang menghiasi tubuh mereka ialah neon dengan garadasi warna orange, kuning, hitam, hijau baby blue. Dengan ukuran tubuhnya yang kecil dan kepribadian yang ramah endlers livebearer mudah beradaptasi dengan kondisi aquarium

 44. Ikan Red Phantom Tetra

ikan red phantom tetra
ikan red phantom tetra

ikan hias red phantom tetra merupakan spesies dari tetra yang lingkungan hidupnya di kawasan aliran air sungai Orinoco Amerika Selatan. Red phantom tetra memiliki titik bundar pada bagian belak insang dan siyal hitam pada sirip atas yang berbatasan dengan warna putih halus.

Ikan hias red phantom tetra merupkan jenis hewan karnivora krena menyukai makanan dari hewan seperti cacing, krustasea dan serangga kecil. Spesies dari red phantom tetra dapat meletakkan sampai 400 telur yang bisa menetas dalam satu hari.

45. Ikan Siamese Algae Eater

ikan siamese_algae_eater
aquariumfish.net

Ikan hias ini merupakan pemakan algae yang cukup efektif. Mereka juga memakan alga benang dan black brush algae yang banyak diabaikan oleh ikan pemakan algae lainnya. selain SAE juga memakan planaria atau cacing pipih yang dapat menjadi gangguan dalam aquarium.

Ikan ini merupakan ikan hias yang mudah dipelihara dan diberi makan namun termasuk ikan yang sangat kuat. Apabila algae sudah habis, dapat diberi makanan ikan lain seperti flake, makanan hidup, pelet dan sayuran dan lain-lainnya.

46. Ikan Red Finned Shark

ikan Red Finned Shark
aquaticmag.com

Ikan hias jenis red finned shark atau nama latinnya Ephalzaerhynchus Frenatus adalah ikan dasar yang memiliki habitat asal di sungai Mekong, Thiland. Ikan hias yang indah dengan warna coklat hitam atau putih albinopada tubuhnya, ikan ini termasuk jenis omnivora.

Selain itu sirip-sirip merahnya membuat lebih menarik dan indah. Red finned shark bertahan hidup pada suhu ideal pemeliharaan antara 26-28 celcius. Apabila kita memeliharanya di dalam aquarium,biasanya dinding aquarium akan bersih dari lumut, yang menempel.

47. Ikan Flaying Fox

ikan flying fox
thinkfish.co.uk

Ikan hias jenis ini adalah ikan hias air tawar yang cukup populer di lingkungan pecinta ikan hias. Ikan hias dari famili Cyprinidea ini banyak dijumpai di Asia Tenggara terlebih di daerah Indonesia seperti Kalimantan, Sumatera maupun Jawa. Pada semenanjung Malaysia dan Thiland bagian selatan juga ada namun tidak sebayak di negara kiata Indonesia.

Sampai saat ini ikan  flaying fox masih dapat ditemukan bebas pada perairan Kalimantan Selatan lebih tepatnya di Banjarmasin. Selain Banjarmasin ada juga di sungai Barito serta Khajan, Kalimantan Selatan. Untuk di Sumatra ikan flaying fox dapat dijumpai di sungai Indagiri, Batanghari serta Musi di kota Palembang.

48. Ikan Gourami

ikan Gourami
anekatop10.com

Ikan hias gourami atau ikan gurame yang biasanya kita konsumsi sebagai lauk untuk makan. Siapa sangka ternyata dari ikan Gurame ini mempunyai banyak spesies yang oleh penggemar ikan hias di masukkan sebagai ikan hias air tawar. Gourami ini mempunyai habitat asal dari Pakistan, Korea dan India.

Diantaranya beberapa spesies dari gourami ini yang mempunyai banyak warna adalah blue gouramis, red fire warf dan banded gouramis. Mereka termasuk golongan ikan hias yang aktif dan mudah untuk di pelihara. Warna umum yang sering kita jumpai untuk spesies gourami ini adalah emas, neon, biru dan jingga.

49. Ikan Striped Raphael Catfish

ikan-hias-striped-raphael
gobius.deviantart.com

Ikan hias air tawar jenis striped raphael catfish atau sering juga disebut chocolate catfish merupakan keterunan dari famili janis lele. Sebenarnya ada banyak sebutan lain untuk lele, diantaranya chocolate catfish, talking catfish atau chocolate doradid.

Stripes raphael catfish masuk kategori ikan hias karena mempunyai temperamen yang menyenangkan dan sifat ingin tahu lebih. Chocolates catfish ini sering berada di kawasan Sungai Amazon, Parnaiba, Tocantins, Orinoco, Sungai Guyana di Prancis, Essequibo di Brasil.

Satu pemikiran pada “49 Jenis Ikan Aquarium

Tinggalkan komentar