10 Jenis Jeruk Beserta Manfaat Penjelasaanya

Jenis Jeruk – Jeruk merupakan buah yang sudah dikenal dari segala, tidak mengenal usia dari usia kecil sampai tua menyukai buah jenis ini. Buah juga memiliki banyak sekali jenis sesuai tempat tumbuhnya buah ini. Jeruk merupakan tumbuhan berbunga anggita citrus dari ke keluarga Rutaceae.

Rasa manis dan asam dari jeruk inilah yang membuat banyak orang menyukai buah ini. Apalagi jika buah ini di jadikan jus jeruk yang segar, membuatnya bertambah enak buah ini. Nah!! disini saya akan membahas lebih dalam tentang jenis jeruk yang ada di dunia.

1. JERUK LEMON

jeruk lemon
bestko.gr

Berwarna kuning dengan bentuk sedikit lonjong itulah yang kita kenal dengan jeruk lemon. Tahukah anda jika buah satu ini memiliki manfaat yang sangat mengunutngkan bagi anda. Jeruk lemon merupakan keluarga dari jenis buah Genus Citrus ( keluarga jeruk).

Jika anda mengonsumsi buah ini maka ada banyak sekali manfaatnya salah satu dampak yang akan anda rasakan adalah, mencegah berbagai penyakit, dan dapat juga dijadikan sebagai pegobatan alami bagi bermacam penyakit. Bahkan buah ini juga dapat membantu anda yang yang sedang menjalankan program diet.

2. JERUK PACITAN

jeruk pacitan
tipspetani.blogspot.com

Seperti namanya buah ini berasal dari Pacitan, Jawa Tengah. Buah ini memiliki ras yang manis, bahkan lebih manis dari jeruk pada umumnya. Jeruk pacitan merupakan jeruk yang paling manis bahkan sebelum matangnya buah ini sudah menjadi manis. Pohon Jeuk pacitan ini bisanya numbuh di dataran tinggi sekitar 500-1000 meter di atas permukaan air laut.

Selain memiliki rasa yang manis ternyata jeruk pacitan ini memiliki manfaat yang bayak bagi kesehasatan, karena buah satu ini memiliki beberapa kandungan diantaranya adalah, vitamin B6, vitamin C, karotenoid, serat, beta cryptoxhantin, dan masih banyak lagi kandunga yang dimiliki buah ini

Sedangkan khasiat yang akan anda dapatkan jika memakan buah ini adalah menurunkan resiko diabetes, menurunkan kadar kolestrol,  menurunkan resiko kanker, menjaga tekanan darah, mengatasi sariawan, membantu perkembangan otak, menenangkan syaraf otot, sumber kalium.

3. JERUK SUKADE

jeruk sukade
tipspetani.blogspot.com

Jeruk sukade nerupakan jeruk yang banyak tidak dikenal di Indonesia. Faktor mangapa buah ini tidak populer adalah karena buah ini tidak bisa di konsumsi secara langsung, apalagi jika dijadikan jus. Jeruk sukade biasa dijadikan seli atau bumbu dapur terutama bagian kulitnya.

Rasa yang asam dari jeruk ini menandakan bahwa jeruk ini memiliki kandungan mineral yang cukup banyak. Secara umum kandungan yang dimiliki buah ini adalah vitamin E, vitamin A, fiber, gula, pottasium, magnesium, dan masih banyak lagi kandungan yang dilimiliki buah ini.

Sedangkan manfaat yang dimiliki buah ini ada banyak diantaranya adalah, mencegah penyakit katarak, melancarkan pencernaan, menjaga stamina tubuh, membantu dalam menyehatkan sistem syaraf, anti oksidan, makanan diet, menyehatkan mata, baik untuk jantung, sumber karbohidrat.

4. JERUK NIPIS

jeruk nipis
peterparkerblog.com

Jeruk nipis merupakan jeruka yang sudah tidak asing di telinga orang Indonesia. Buah ini bisanya dijadikan es, penyedap rasa dan masih banyak lagi yang lainnya. Jeruk niois merupakan sumber antioksidan yang sangat baik karena dapat mencegah atau menghentikan keusakan yang disebabkan oleh radika bebas.

Jika anda ini meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan maka jeruk nipis pas jika anda ingin menjadi sehat atau menurunkan berat badan manfaat jeruk nipis diantaranya adalah meremajakan kulit, memperbaiki pencernaan, melawan infeksi, membantu menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, mencegah kenker, menurangi resiko jantung dan stroke, megurangi peradangan.

5. JERUK PONTIANAK

jeruk pontianak
ayorange – WordPress.com

Jeruk Pontianak sering disebut juga dengan jeruk siam pontianak adalah salah satu jenis jeruk siam yang memiliki kulit yang tipis. Jeruk pontianak merupakan jeru yaang manis dan menjadi dalah sari komuditas buah unggulan di Pontianak. Sebenarnya jeruk ini bikan dari Pontianak tetapi buah ini berasal dari Tebas, Kabupaten Sambas. Tetapi sampai saat ini dikenal dengan jeruk Pontianak.

Sedangkan jika manfaat buah ini jangan diragukan lagi karena buah ini memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan tumbuh, diantanya adalah mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, menangkal penyakit, melawan infeksi virus, mengatasi sembelit, menyehatkan mata, mengontrol gula darah, melindungi kulit, menetralkan keasaman tubuh.http://abahadil.com/wp-admin/post.php?post=837&action=edit

6. JERUK MANDARIN

Jeruk Mandarin
Khasiat.co.id

Jeruk yang indentik dengan China ini ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak. Pohon jeruk ini tidak terlalu tinggi dan di tangkainya memilki banyak duri. Buah jeruk mandarin ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis jeruk pada umumnya. Rasanya yang manis dan sering dijadikan jus atau sirup ini menjadikan jeruk ini banyak sekali memiliki penggemar.

Untuk anda para penggemar jeruk mandarin ini apakah anda tahu manfaat di balik manisnya buah ini. Salah Satu manfaat yang dimiliki buah ini dalah menyehatkan kulit, pengharum ruangan, melembabkan kulit, menjaga kekebalan tubuh, menyehatkan tulang, menguatkan gigi, pencegak peyakit diabetes, meyehatkan organ jantung, melancarkan peredaran darah.

7.  JERUK GRAPEFRUIT

jeruk Grapefruit
PerutGendut.com

Jeruk ini merupakan jeruk yang berasal dari Bali, Jeruk ini juga sedang bayak diincar oleh para pecinta buah jeruk ini. Jika anda ingin memakan buah ini anda bisa mnedapatkanya di supermarket terdekat. Selain itu, yang membuat buah ini cukup populer adalah banyaknya produk makanan hingga kecantika memakai buah jeruk ini.

Biasanya orang mengincar buah ini karena dapat menurunkan berat badan, karena buah ini memiliki kanduangan yang cukup banyak diantaranya adalah, vitamin C, vitamin A, asam pantotenat, mineral tembaga, serat, kalium, dan vitamin B1.

8. JERUK DARAH

jeruk darah sisilia
dwisangpetani.com

Jeruk satu ini memilki warna yang sedikit unik karena buah ini memiliki warna merah, maka buah ini dinamkan dengan jeruk darah. Jeruk ini berasal dari Sisilia, Italia. Warna daging biah ini sangat mencolok dengan warna merah kehitam-hitaman yang membuat seperti darah.

Jeruk ini mendapatkan warna merah pada dagingnya dikarenakan pigmen yang dinamakan antosianin, berbeda dengan jeruk pada umumnya yang berwarna kuning yang mengandung karotena, yang mengsilkan pigmen kuning. Selain memiliki rasa yang manis ternyata buah ini memiliki rasa seperiraspberry, tak hanya buah nya manis ternyata buah ini memiliki khasiat.

9. JERUK JARI BUDDHA

jeruk jari buddha
tukinfo.net

Mungkin jika anda mendenagar nama ini merasa namanya sedikit aneh. Buah ini dinamakan jeruk buddha dikarenakan bentuknya yang mirip dengan jari budda yang berwarna kuning mengkilap. Jeruk buddha ini biasa dijadikan sebagai penamabah acara adat, terutanama di China.

Manfaat buah jeruk Buddha ini ada banyak sekali salah satu adalah megobati sakit maag, mengatasi masuk angin, mengobati peyakit cacingan, antiaksidan alami, menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, anti penuaan dini, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi diare, anti perdangan, baik untuk lambung. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. JERUK NAGAMI

jeruk nagami
tokopedia.com

Jeruk nagami memiliki nam ilmiah Citrus Japonica merupakan jeruk yang berasal dari Jepang, buah ini memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh tanaman lainnya yaitu bentuk nya yang lonjong dan berukuran kecil. Buah ini memiliki kandungan vintamin A, B, C, serta mineral seperi kalsium.

Sedangkan untuk maanfaat buah ini adalah mengobati batuk pilek, bronkits, demam, tadang tenggorokan, gangguan limpa, diare, dan masih banyak lagi yang lainnya.

sekian penjelasan dari daya tentang jenis jeruk semoga setelah anda membaca artikel ini anda bisa lebih sering mengonsumsi jeruk yang membuat tumbuh ada sehat

 

Tinggalkan komentar