Jenis Kapal Laut

Kapal adalah kendaraan yang membuat kita mudah meyebrang lautan. Kapal ada bayak sekali jenisnya ada kapal pesiar, kapal penumpang, kapal ferry dan lain-lainnya. Kapal sangatlah berguna bagi kebutuhan manusia karena bisa ekpor dan inpor barang dari luar negri. disini kami akan menyebutkan atau menjelaskan berbagai jenis kapal yang ada di dunia.

1. Kapal Pesiar

kapal pesiar adalah kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang di lengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang. Kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatannya.

Jadi, kapal pesiar selalu memulai dan mengakhiri perjalanannya di tempat yang sama. Lama pelayaran kapal pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Mari kita liat jenis-janis kapal Pesiar di bawah ini.

– Kapal Samudra ( Ocean Liner)

kapal samudra
pixabay.com

Kapal samudra adalah kapal penumpang besar yang indentik dengan kapal pesiar ini juga memiliki fasilitas penginapan dan perlengkapan yang mirip dengan kapal pesiar. Apa yang membedakan kapal pesiar dan kapa samudra? yang membedakan haya 1, yaitu rute perjalanan. Kapal pesiar berangkat dari suatu tempat kemudian kembali ke tempat yang sama pula, tetapi kapal Samudra berangkat dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Queen Mary 2 adalah kapal samudra terbesar dan sebuah kapal penumpang Cunard Line yang namanya berasal dari kapal Cunard Line awal,RMS Queen Mary. Pada saat dibangun pada tahun 2003, Queen Mary 2 merupakan kapal penumpang terbesar yang pernah dibuat dalam setiap dimensinya.

Namun, pada November 2009, kapal ini menjadi kapak kedua tebesar setelah di kalahkan oleh kapal pesiar Oasis of the Seas. Kemewahan Queen Mary 2 meliputi 15 restoran dan bar, lima kolan renang, sebuah kasino, sebuah ballroom, dan sebuah planetarium.

– Kapal Ferry

kapal ferry
www.drushipyard.com

Kapal Ferry adalah kapal yang digunakan untuk penyebrangan laut yang mengangkut penumpang beserta kendaraanya. Kendaraan yang di angkutpun bisa berupa mobil pribadi, bus, truk. Hal ini yang membuat kapal iniadalah tidak adanya jembatan penyebrangan laut.

2. Kapal Barang

Kapal barang merupakan kapal besar yang difungsikan untuk distrubusi pengangkutan barang dalam jumlah massal. Kapal raksasa pengangkut barang pasti sering dijumpai jika anda pergi ke pelabuhan misalnya Tanjung Priok. Kapal barang merupakan kapal yang paling sering dijumapai karena tidak haya jumlah yang banyak, tepapi juga jenisnya.

– Kapal Peti Kemas ( Container Ship )

kapal barang
pixabay.com

Kapal peti kemas yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang standar ( biasanya berukuran 20 ft atau 40 ft ). Kapal ini memiliki rongga untuk menyimpan peti kemas ukuran standar. Peti kemas diangkat ke atas kapal di terminal peti kemas dengan menggunakan derek khusus yang dapat dilakukan dengan cepat, baik derak-derek yang berada di dermaga, maupun derek yang berada di kapal itu tersendiri.

Kapal ini pasti sudah pasti tidak asing bagi anda karena populasi kapal ini banyak sekali.  Galangan kapal Daewoo dari Korea Selatan telah membangun kapal peti kemas terbesar di dunia atas pesanan Maersk Line. Kapal seharga US$ 190 jutan ini dengan panjang 399 meter dibangun untuk memuata 18,000 TEU.

Kapal ini dinamakan Maersk Triple E Class. Kapal tipe ini mempunyai daya muat 2500 TEU lebih banyak dati pada kemampuan kapal peti kemas yang tebesar sekarang ini, yaitu Emma Maersk yang sudah beroperasi mengurangi China ke Eropa.

– Kapal Tanker Minyak

kapal tanker oil
pixabay.com

Kapal Tanker minyak adalah kapal tanker yang berfungsi untuk mengangkut minyak. Ada 2 jenis kapal tanker pengangkut minyak, yaitu kapal tanker pengangkut minyak matang/halkus dan kapal tanker pengangkut minyak mentah. Biasanya kapal pengangkut minyak mentah berukuran lebih kecil.

kapal ini dibuat kokoh agar minyak yang diangkutnya agar tidak bocor kareana jika bocor dapat menyebabkan malpetaka dalan kehidupan ekosistem laut sekitarnya. Kapal tanker yang kini bernama Knock Nevis ini memang jika dibandingkan dengan kapal lainnya. Kapal ini merupakan kapal laut terbesar di dunia yang pernah di buat orang.

Dan mungkin juga menjadi kapal yang paling sering berganti nama. Karena kapal ini sering berganti kepemilikan. Meskipun memegang gelar kapal terbesar di dunia, tapi kini Knok Nevis tidak difungsikan sebagai kapal lagi. Sekarang tugasnya adalah sebagai Floating dan Offloading Unit di Dubai.

– Kapal Tanker Bahan Kimia ( Chemical Tanker)

Kapal Tanker bahan kimia adalah sejenis kapal tanker yang berfungsi untuk mengangkut bahan kimia. Populasi kapal jenis ini bisa dikatakan jarang.

– Kapal Tanker LPG

kapal LPG pertamina
kompasiana.com

kapal tanker LPG adalah salah satu kapal gas yang difungsikan untuk membawa LPG. Hampir seluruh dunia mempunyai kapal tanker ini. PT Pertamina Persero telah membeli kapal yang dibuat di galangan kapal Hyundai Heavy Industies Co.Ltd, Ulsan, Korean Selatan, ini memiliki panjang tercatat 266 meter dan kedalaman mencapai 22,3 meter serta lebarnya mencapai 36,6 meter.

Kapal ini adalah kapal LPG terbesar di dunia bersama Pertamina Gas 2 untuk mengangkut gas jenis propan dan butan. Jangan bilang Indonesai nggak mampu membeli kapal tanker besar.

– Kapal Tanker LNG

kapal-tanker-lng-galea-singapore
varia.com

Kapal Tanker LNG adalah salah satu kapal tanker gas yang difungsikan untuk membawa LNG ( Liquefied Natural Gas ). Kapal ini tidak jauh berbeda dengan kapal tanker LPG karena sama-sama kapal tanker pengangkut gas.

Kapal Tanker LPG terbesar bernama Q-Max. Nama Q-Mas diambil dari kata ” Q” adalah singkatan dari Qatar dan “Max” untuk ukuran maksimum kapal yang dapat berlabuh di teminal LNG Qatar. Ukurannya adalah 345 m, sama dengan kapal samudra Queen Mary 2.

– Kapal Pengangkut Barang Curah ( Bulk Carrier)

valemax-bulk-carrier
abahadil.com

Kapal pengangkut barang curah merupakan kapal barang yang berfungsi untuk mengangkut barang-barang seperti batu bara, semen, biji-bijian, bijih logam, dan sebagainya di dalam sel-sel/ rongga-rongga kargo terpisah.

Kapad Valemax adalah kapal pembawa bijih yang sangat besar (VLOC) yang memilik atau disewa oleh perusahaan tambang Brasil Vale SA untuk membawa bijih besi dari Brazil ke pelabuhan Eropa dengan kapisitas mulai dari 380.000 ton sampai 400,000 ton bobot maksimal. Kapal Valemax adalah kapal curah tebesar yang pernah dibangun dan satu di antara kapal-kapal terpanjang dari setiap jenis ini yang masih beroprasi.

– Kapal Pengangkut Mobil ( Car Carrier )

mark-v-car-carrier
abahadil.com

Kapal Pengangkut Mobil merupakan kapal besar yang bertugas membawa kendaraan baru melalui transportasi air. Meskipun mengangkut mobil, kapal ini berbeda halnya dengan ferry. Ferry bertugas menyebrangkan kendaraan bersama pemiliknya lansung dari suatu pulau ke pulau lainnya  akibat tidak adanya jembatan penyebrangan.

Sedangkan kapa ini bertugas menyalurkan kendaraan baru secara masl yan dipesan langsung dari produsen kepada konsumennya. Istilah RO-RO adalh Roll-on-Roll-of untuk mengangkut kendaraan sedangkan istilah LO-LO adalah  Lift-On/Lift-Off untuk mengangkut barang yang harus diangkat menggunakan derek/crane.

Mark V Class memiliki empat kapal RO-RO dibangun untuk perusahaan pelayaraan Norwegia Wilhemsen dan asosiasi perusahaan Wallenius yang dibangun oleh Jepang oleh perusahaan Mitsubishi.  Kapal ini  adalah RO-RO terbesar saat ini yang beroprasi dengan kapsitas kargo sebesar 138.000 meter kubik.

– Kapal Pengangkut Barang Berat

heavy-lift-cargo-transporter
abahadil.com

Kapal Pengangkut Barang berat merupakan kapal yang dirancang untuk mengangkut barang yang ukurannya superbesar melebihi ukuran yang semestinya bisa mengangkut  kapal-kapal pada umumnya. Barang yang dibawa bisa berupa peralatan kilang minyak ataupun kapal besar lainnya.

Tempat kargo pada kapal tersebut tidak dibatasi oleh pagar sehingga memungkinkan barang bisa diangkut dengan posisi apapun. Untuk mengangkut kapal besar lain seperti kapal pesiar, sebagian badan kapal pengangkut dapat ditenggelamkan ( semi-Submersible ), Kemudian kapal pesia digeser ke atas area yang di tenggelamkan itu.

Setelah kapal pesiar sudah berada di posisi yang tepat, kapal pengangkutpun mulai mengapungkan badannya yang tenggelam itu sehingga kapal pesiat bisa terangkat dan siap di antar.

– Kapal Pengangkut kapal Kecil

yatch-transporter
abaadil.com

Kapal Pengangkut Kapal Kecil merupakan kapal pengangkut kapal yang berukuran lebih kecil dalam jumlah yang banyak dalam posisi berbaris dan berbanjar. Pada kapal pengangkut yang satu ini, tempat kargi dibatasi padar agar muatan tidak jatuh ke laut di mana muatan tersebut ringan dan tidak mudah tergelincir.

Mekanisme pengangkutannya pun hampir sama dengan pengangkur barang berat yaitu dengan cara menenggelamkan dirinya ( semi -submersible), tetapi muatan harus masuk lewat belakang badan kapal sebab bagian samping maupun depan kapal pengangkut dibatasi oleh pagar permanen.

 

Tinggalkan komentar