Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Keanekaragaman Hayati tingkat Gen – Pada artikel ini saya akan mempersembahkan untuk para pelajar yang sedang mencari refensi tentang keanekaraman hayati tingkat gen. Nah disini abahadil akan menjelaskan secara detai tentang materi ini maka anda harus mebacanya sampai selesai.

Keanekaragaman hayati memiliki beberapa tingkat kehidupan, diantaranya adalah tingkat spesies atau jenis, tingkat gen, dan tingkat ekosistem. Keanekaragaman pada tingkat kehidupan jika di bahas maka akan seru tetapi disini kami akan menjelaskan tingkat gen, langsung saja bisa baca di bawah ini.

Apa Itu Keanekaragaman Tingkat Gen?

Keanekaragaman tingkat gen berasal dari adanya variasi susunan perangkat dasar gen pada setiap individu dalam suatu spesies. Susuna perangkat itulah yang dapat menentukan sifat dan ciri yang dimiliki setiap individunya. Setiap individu juga memiliki tingkat gen yang khas.

Jadi tidak ada dua individu yang memiliki spesies yang sama. Hal itu menyebabkan adanya variasi yang berbeda pada individu-individu yang berada dalam satu spesies tapi berbeda. Contoh yang paling midah diamati adalah Bunga Bugenvil.

Susunan perangkat gen inilah yang dapat membedakan sifat dan ciri dari setiap individu yang berbeda. Jadi walaupun termasuk spesies yang sama, masind-masing individu memiliki faktor genetik yang berbeda maka dari itu terbentuklah variasi yang berbeda dapam satu keturunan.

Selain ditentukan dengan faktor genetik, ciri yang terlihat bisa di tentekukan dengan lingkungan. Bisa dikatakan juga dalam satu keturunan yang memiliki satu keturunan yang sama. Tetapi hidup di lingkungan yang berbeda akan memiliki fenotipe yang berbeda juga. Yang inilah yang memunculkan keanekaragaman tingkat gen. Secara alami keanekaraman tingkat gen terjadi karena adanya adaptasi terhadap lingkunga.

Contoh-contoh keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

disini kami akan juag memberitahu anda beberap contoh keanekaragman tingkat gen yang sebelumnya mungkin belum anda ketahui nah langsung saja di bawa contoh-contoh keanekaragaman tingkat gen menurut abahadil

1. Keanekaragaman Hayati Pada Padi

sawah
pixabay.com

Anda bisa menemukan contih keanekaragaman tingkat gen pada padi. Tentu jika anda seorang yang tinggal di di pedesaan atau orangtua anda berkerja sebagai petani pasti ytahu jenis-jenis padi contoh jenis padi adalah, ciherang, muncul, inpari, digul, cilamaya, rojolele, dan masih banyak yang lainnya. Masing varietas memiliki perbedan di secara bentuk daun, batang, buah, ketahanan hidup, akar, maupun secara batas umur.

2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Pada Mangga

buah mangga
pixabay.com

Sama seperti padi buah mangga ini juga memiliki keanekaragaman tinngkat gen. Bagi anda penggemaru buah mangga pasti anda mengetahui beberapa jenis buah mangga contohnya adalah mangga arum manis, manalagi, gadung, dan mangga apel. Dari jenis-janie tersebut mereka memiiki perbedaan dari rasa, bentuk, yang masih banyak lagi yang berbeda dari variasi-variasi mangga.

3. Keanekaragam Hayati Tingkat Gen Pada Jagung

jagung
pixabay.com

Contoh keanekaragaman tingkat hayati yang berikut yang selanjutnya adalah jagung. Para petani pasti mengetahui jenis apa jagung yang ingin ditanamnya. Jenis variatis yang dipih biasanya sesuai dengan kondisi lingkungan penanaman, karena setiap varietas memiliki ketahanan yang berbeda sesuai dengan lingkungannya. Inilah beberapa contoh varietas jagung, bima, dk, nk, pioner, dan masih banyak lagi.

4. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Pada Pisang

pisang
pixabay.com

Untuk anda para penggemar buah pisang ini pasti tahu jeni-jenis pisang apalagi di Indonesia memiliki banyak sekali varietas pisang. Kita mungkin mengenal beberapa jenis pisang seperti pisang siem, lilin, raja, muli, kepok, dan masih banyak lagi jenis pisang yang lainnya. Dari beberapa varietas yang sudah disebutkan tadi mereka itu memili perbedaan bentuk, cara tanam dan masih banyak lagi perbedannya.

5. keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Pada Bunga Kertas

bougainvillea
pixabay.com

Bagi anda yang menggemari tanaman hias bunga pasti anda mengetahui bunga yang satu ini yaitu bunga bougenvil. Bunga ini memiliki beragam jenis yang ditunjukkan dengan perbedaan dari bunga, corak, dan bentuk daun. Dengan teknik cara sambung atau okulasi, bunga kertas di sambungkan hingga dapat bersatu yang akhir menjadi berwarna-warni.

6. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Pada kambing

kambing
pixabay.com

Contoh keanekeragaman hayati tingkat gen tidak hanya terjadi pada tumbuhan saja tetapi bisa terjadi pada binatang juga. Misalnya pada ayam, pasti kita mengenal beberapa jenis ayam yang ada di Indonesia contohnya ad ayam bangkok, kampung, cemani, kate dan masih banyak lagi yang lainnya. Keragaman ayam ini adalah bukti adanya keanekragaman hayati tingkat gen pada binatang.

Keanekaragaman Jenis

hutan tropis
pixabay.com

Variasi bentuk, penampilaan dan sifat yang terlihaat pada berbagai jenis organisme disebut keanekaragaman jenis.Sebagai contoh keanekaragaman jenis pada tumbuhan adalah variasi bentuk, penampilaan dan sifat antara tanaman padi, jagung dan tebu. Variasi bentuk, penampilan dan sifat antara ayam, tikus dan kucing sebagai contoh keanekaragaman jenis pada hewan.

Dapatkah Anda membedakan antara tumbuhan kelapa aren, nipah dan pinang? Atau membedakan jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang buncis, kacang kapri, dan kacang hijau? Atau Anda dapat membedakan kelompok hewan antara

kucing,harimau, singa dan citah? Jika hal ini dapat Anda bedakan dengan benar, maka paling tidak sedikitnya anda telah mengetahui tentang keanekaragaman jenis.Untuk mengetahui keanekaragaman hayati tingkat jenis pada tumbuhan atau hewan, anda dapat mengamati, antara lain ciri-ciri fisiknya. Misalnya bentuk dan ukuran tubuh,warna, kebiasaan hidup dan lain-lain.

Contoh, dalam keluarga kacang-kacangan, antara lain; kacang tanah, kacang kapri, kacang hijau dan kacang buncis. Di antara jenis kacang-kacangan tersebut Anda dapat dengan mudah membedakannya, karena antara mereka ditemukan ciri-ciri yang berbeda antara ciri satu dengan yang lainnya. Misalnya ukuran tubuh atau batang (ada yang tinggi dan pendek)kebiasaan hidup (tumbuh tegak, ada yang merambat), bentuk buah dan biji, warna biji.

( Sekian penjelasn dari saya tentang keanekaragaman Hayati Tingkat gen semoga dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang membutuhkan jika anda puas dengan artikel ini maka anda bisa mengomentarinya di bawah ini dan anda juga bisa mengeshare artikel ini kemapun anda mau sekian dan terimakasih karna sudah membaca artikel saya

 

Satu pemikiran pada “Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Tinggalkan komentar