Ciri-Ciri Kucing Himalaya Beserta Dengan Penjelasannya

KUCING HIMALAYA –  Kamu tahu ndak kucing Himalaya? Yup, siapa yang tidak tahu kucing Himalaya, kucing yang lucu menggemaskan ini sangat populer dikalangan pecinta kucing.

Bahkan untuk memilikinya, kamu harus merogoh kocek sekitar 5-15 jt. Cukup fantastis bukan? Akan tetapi, nilai segitu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan kepuasan setelah memilikinya.

Berikut ini beberapa ulasan mengenai kucung Himalaya yang bisa kamu baca untuk menambah pengetauan kamu tentang kucing Himalaya.

Sifat Kucing Himalaya

biftah.com

Sifat Kucing Himalaya tidak seperti kucing Siames yang senang bermalas-malasan. Kucing Himalaya merupakan kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan.

Selain itu, kucing Himalaya juga merupakan kucing yang lembut, tenang, cerdas, komunikatif, dan manis seperti kucing Persia.

Kucing Himalaya juga sama seperti kucing lainnya yang suka dibelai, kucing Himalaya juga merupakan kucing yang sangat bersahabat dan setia.

Karakter Kucing Himalaya

blogkucing.com

Kucing Himalya merupakan kucing yang memiliki tubuh gemuk, bulat, dan besar yang memiliki kaki yang pendek seperti kucing Persia.

Kaki yang pendek membuat Kucing Himalaya sulit melompat. Akan tetapi, kucing ras Himalaya juga ada yang mempunyai body seperti kucing Siamese, yaitu tubuh yang ramping, langsing, dan anggun.

Kucing Himalaya yang memiliki tubuh seperti Siamese, bisa melompat hingga ketinggian dua meter.

Kucing Himalaya dibedakan menjadi 2 jenis sesuai dengan bentuk wajahnya, yaitu Himalayan Ultra-Face dan Himalayan Doll Face.

Kucing Himalayan Ultra-Face mempunyai bentuk wajah dengan hidung yang sangat pesek, jika dilihat dari samping, hampir-hampir hidungnya tidak terlihat, sehingga terkesan datar atau tidak memiliki hidung.

Sedangkan Kucing Himalayan Doll Face memiliki hidung yang sama-sama pesek, akan tetapi hidung yang dimiliki kucing jenis ini masih nampak jika dilihat dari samping.

Bulu Kucing Himalaya lebih panjang dari bulu kucing pada umumnya. Memiliki warna point pada telinga, kaki, wajah, dan ekornya, dengan pola lynx, tabby, dan tortie.

Warna bulu kucing Himalaya bisa di bedakan menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis  warna yang biasa terdapat pada kucing Himalaya adalah seperti berikut :

  1. warna seal point (cokelat kehitaman)
  2. blue point (abu abu)
  3. lilac point (abu-abu kecoklatan)
  4. red/flame point (krem kemerahan)
  5. cream point (krem)
  6. chocolate point (cokelat)

Untuk lebih detailnya, akan kita bahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis kucing Himalaya berdasarkan karakteristik yang dimilikinya.

Ciri-Ciri Kucing Persia Himalaya Asli

micasaesd.blogspot.com

Kucing Persia Himalaya adalah salah satu jenis spesies kucing yang terjadi karena persilangan antara dua jenis kucing yang berbeda, yaitu jenis kucing Sam dan jenis kucing Persia.

Dari persilangan dua jenis kucing tadi, maka lahirlah jenis spesies baru yaitu spesies kucing Persia Himalaya yang lucu dan menggemaskan.

Adapun ciri-ciri fisik dan non fisik yang bisa membedakan antara kucing Persia Himalaya dengan kucing lainnya. Berikut ulasannya :

  1. Warna
    Warna point yang sering dimiliki kucing Himalaya yaitu adanya perbedaan antar bagian pada badan kucing. Beberapa bentuk warna pada kucing Himalaya seperti berbentuk torty, taby, dan iynk.
    Sedangkan untuk jenis warna pada kucing Himalaya sendiri cukup berfariasi, sepreti warna , liilac point (abu-abu kecoklatan), seal point (coklat kehitaman), blue point (abu-abu), read flame point (krem kemerahan), cream point(krem), chocolate point (coklat).
  2. Bulu
    Ukuran bulu pada kucing persia Himalaya kurang lebih sekitar 2-3 cm. Ukuran ini hampir sama dengan ukuran kucing persia pada umumnya.
  3. Bentuk Wajah
    Bentuk wajah yang dimiliki oleh kucing Himalaya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu jenis pesek (Himalayan Doll Face) dan sangat pesek (Himalayan Ultra-Face).
    Meskipun kucing himalaya terkenal dengan hidungnya yang pesek, akan tetapi dengan ke-pesekannya kucing ini malah banyak dicari. Karena bentuknya lucu dan menggemaskan.
  4. Bentuk tubuh
    Umumnya, kucing Himalaya memiliki postur tubuh yang bulat, gemuk, dengan panjang kaki yang pendek. Akan tetapi, ada juga jenis kucing Himalaya yang memiliki postur tubuh yang ramping, langsing, kuat, lincah, dan anggun yang diwariskan dari jenis kucing Siam.
  5. Sifat
    Kucing Himalaya memiliki sifat yang cerdas, tenang, dan aktif. Akan tetapi meskipun memiliki sifat yang tenang, kucing ini tidak suka malasan seperti kucing Siam. Kucing ini suka berinteraksi dengan apapun dan siapa pun. Terkadang dia suka bermain dengan majikannya, bola, atau dengan benda-benda yang lainnya. Pokonnya kalau kamu memiliki kucing ini bakalan tidak akan merasa bosan, karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.
  6. Kesehatan
    kucing bagus untuk kesehatan, tidak mudah sakit
    punya penyakit turunan  PKD, kista pada ginjal
    mengganggu tubuh, tumbuhnya kista,
    Pada umumnya memelihara kucing Himalaya merupakan jenis kucing yang bagus untuk dipelihara, karena tidak mudah terkena penyakit. Akan tetapi, kamu juga harus tahu kalau kucing jenis ini juga memiliki penyakit turunan dari jenis kucing persia.

    Nama penyakit turunan yang sering diderita kucing ini adalah PKD (Polycysic kidney disese) atau bisa juga disebut dengan kista pada ginjal.

    Penyakit jenis ini bisa berupa tumbuhnya kista dan akan mengganggu ginjal. Pertumbuhan dari penyakit PKD berjalan cukup lambat, sehingga penderita penyakit PKD akan mengalami kejadian-kejadian buruk di waktu mendatang yaitu sekitar satu sampai dua tahun.
    Untuk kucing himalaya sendiri, penyakit PKD sering menyerang bayi kucing, penyakit PKD sedikit demi sedikit akan merusak ginjal dan mengurangi fungsi untuk menyaring zat-zat berbahaya pada tubuh kucing. Ciri- ciri penyakit PKD yang harus kamu ketahui adalah sebagai berikut :
  7. Selalu kehausan (dehidrasi)
  8. Depresi berkepanjangan
  9. Sangat sering buang air kecil
  10. Nafsu makan tidak ada
  11. Berat badan turun drastis (cungkirng atau kurus)

Demikianlah pembahasan mengenai kucung himalaya dan beberapa ciri-ciri dari kucing himalaya yang bisa kamu kenali sebelum memilikinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂

Tinggalkan komentar