√ Makanan Khas Bali Yang Menggiurkan dan Terpopuler

Rasanya kurang begitu pas ya ketika kita berkunjung ke Bali namun tidak sempat untuk mencoba berbagai jenis makanan khas di sana. Ngomong-ngomong keistimewaan makanan Bali ini luar biasa loh guys, Salah satu daya tarik yang terdapat pada makanan ini adalah olahan berbagai rempah-rempah yang rasanya kuat serta pedas. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang makanan khas bali yang patut untuk kamu coba.

Makanan Khas Bali

Tempat mana lagi kalau bukan di Bali yang menemukan makanan khas Bali? Siap berkunjung ke Bali?

1.  Ayam Betutu

Ayam Betutu

Pastinya diantara kita para pecinta makanan khas kuliner nusantara tidak asing lagi dengan jenis makanan yang satu  ini. Ya, kayanya ini adalah menu wajib bagi kamu para pecinta kuliner yang memiliki cita rasa pedas. Bahkan malahan di sana ayam betutu ini sudah menjadi ikon tersendiri pada makanan khas Bali.

Untuk kamu yang termasuk penggemar makanan pedas, segeralah cicipi makanan ini, cita rasanya yang khas karena melimpahnya rempah-rempah akan memanjakan lidah kamu dan membuatmu menjadi ketagihan lagi dan lagi.

Salah satu keunikan pada jenis makanan ini yaitu pada bagian perut ayam kampung tersebut dimasukkan bumbu-bumbu. Tentunya hal tersebut berbeda dengan cara pengolahan pada jenis masakan ayam yang lain.

Setelah itu daging yang sudah dimasukkan bumbu tersebut, dilapisi menggunakan daun pisang lalu dipanggang memakai bara api sekam yang bisa menghabiskan waktu sampai 24 jam supaya dapat menciptakan cita rasa yang gurih, lembut dan pedas asli.

Oh iya, ayam Betutu ini tak harus selalu menggunakan daging ayam, terdapat pula menu ini yang menggunakan bebek.

Rekomendasi Ayam Betutu di Bali

Ayam betutu liku, mempunyai banyak cabang

Ayam betutu men tempegilimanuk

Ayam betutu khas gilimanuk mempunyai banyak cabang.

Sate Lilit

Beda halnya dengan sate yang biasa kita temui yang mana dagingnya ditusuk, sate lilit malahan dibikin dengan cara dililit. Terlebih dahulu sebelum dililitkan, dagingnya tersebut dicincang sampai halus, kemudian diramu menggunakan bumbu bali.

Lalu setelah itu daging dililitkan pada batang daun serai maupun bisa menggunakan tangkai bambu. Rasanya pun tidak kalah dengan sate pada umumnya malahan bisa dibilang lebih enak karena empuk dan gurih. Apalagi sate lilit yang ada batang daun serainya, maka kamu akan mencium bau sedap pada sate tersebut.

Adapun beberapa daging yang dipakai untuk pembuatan sate lilit diantaranya adalah daging ayam, ikan tengiri dan babi. Akan tetapi menu paling favorit di sana adalah sate lilit yang menggunakan daging ikan tenggiri.

Rekomendasi sate lilit di Bali

Sate lilit amat mudah sekali kita temukan di setiap pinggiran rumah makan di bali, restoran, pedagang makanan pinggir jalan, pasar tradisional. Malahan restoran paling terkenal di bali misalnya Bebek Tepi Sawah juga menyajikan menu tersebut.

2. Lawar Kuwir

Makanan Khas bali
masakandapurku.com

Lawar sendiri adalah gabungan dari sayuran dan daging yang sudah dicincang yang kemudian diolah secara khusus memakai bumbu khas Bali.

Walaupun biasanya di Bali lawar lebih sering dimasak dengan memakai bahan campuran daging babi, akan tetapi nyatanya di sana masyarakat pula menggemari lawar yang menggunakan daging alternatif lainnya yaitu bebek entog atau kuwir.

Pada umumnya dagin entog yang telah dihaluskan dicampurkan dengan potongan potonga sayur kacang serta parutan kelapa yang kemudian dicampur dengan bumbu khas Bali.

Biasanya disana supaya enak untuk disantap, lawar kuwir ditambahkan dengan makanan lainnya seperti nasi putih hangat, sate lilit, suwiran, ayam betutu, satu mangkok jukut ares sayur batang pisang dan kacang tanah.

Rekomendasi lawar kuwir di bali

Warung makan kuwir bu wit, tabanan

Warung makan lawar kuwir men koko, Tabanan

Warung makan Pan Sinar Denpasar.

3. Babi Guling

babi guling
Pegipegi.com

Perlu diketahui bersama dan dicetak tebal, kalau jenis makanan yang satu ini dijamin 100 % tidak halal bagi umat muslim. Walaupun demikian, menu makanan inilah yang  menjadi favorit dan tujuan para penikmat makanan dari kalangan masyarakat bali maupun wisatawan dari luar.

Kulit babi guling sendiri berwarna kecoklatan, benar-benar renyah di lidah. Terlebih lagi rasa tekstur dagingnya benar-benar melimpah akan rempah-rempahnya. Yang khas dari ini, dalam perut babi dimasukkan bumbu basa genep Bali dan sayur daun ketela pohon kemudian digulung di atas bara api.

Pada umumnya penyajian menu Babi Guling ini menggunakan nasi hangat, beserta sate lilit, lawar, serta satu mangkuk jukut ares yang berukuran kecil.

Rekomendasi Babi Guling di Bali

Warung Jero Kawan, Mengwi

Warung Babi Guling Candra, Denpasar

Warung Babi Guling Pak Dobiel, Nusa dua

4. Nasi Campur Ayam Bali

Kuliner Khas Bali
ulinulin.com

Apabila kamu tidak tersedia waktu yang cukup buat mencicipi seluruh makanan di atas, kamu dapat merasakan berbagai kuliner makanan khas Bali sekaligus dengan satu piring loh.

Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu basa Genep Bali, Lawar Ayam, dan Sayur urap telah tersedia untuk dinikmati beserta dengan nasi putih hangat. Kenikmatan mencicipi makanan nasi campur ayam bali bertambah nikmat, jika kamu mengkombinasikannnya dengan sambel embe dan sambel matah khas bali.

Uniknya lagi, menu nasi campur ini senantiasa tersaji dengan ditemani berbagai jenis lauk yang ada masing masing rumah makan di Bali. Contohnya ada yang menyajikan dengan telur sambal tomat,ayam betulu, kulit ayam goreng ikan pindang, umbi pedas, dan taburan kacang tanah goreng.

5. Srombotan

tempat makan di bali
chandrapayangan.blogspot.com

Makanan yang satu ini adalah makanan yang mirip dengan urap yang ada di Jawa, Srombotan ini berasal dari Klungkung mempunyai bahan dari sayuran yang direbus setengah matang seperti kecambag, kacang panjang, bayam, kangkung, terong bulat, kelapa parut , dan masih banyak lagi bahan-bahan yang lainnya.

Makanan ini bisa anda gado seperti mengonsumsi salad, atau bisa juga disajikan dengan ketupat atau nasi. Makanan khas bali yang satu ini mudah sekali ditemui anda dapat menemukannya di pasar-pasar yang ada di Bali.

Makanan ini memiliki harga yang cukup murah yaitu 3,000 sampai 7,000 rupiah. Jika anda ingin mencicip makanan ini maka sebaiknya anda berkunjung ke Ibu Nengah Purwanti karena masakan yang ia buat menjadi favorit.

6. Sate Lilit

kuliner bali
Youtube

Makanan khas Bali yang selanjutnya adalah sate lilit. Kuliner ini terbuat dari daging ayam atau ikan yang digiling dan dicampur dengan menggunakan kelapa parut yang dililit pada batang bambu atau tangkai sereh atau yang lainnya.

Makanan ini sering sekali dijadikan sebagai teman makan nasi campur khas Bali, namun sate ini juga sering dijadikan makanan dish sendiri dan yang dicampur dengan sambal khas Bali yang membuat makanan ini lebih lezat.

7. Sate Plecing

goodindonesianfood.com

Bumbu Sambal Plecing mungkin kamu tahu sebagai peneman makanan bakar seperti ikan atau ayam Taliwang, yang merupakan masakan barbecuekebanggaan Nusantara. Sama halnya untuk Sate Plecing, bumbu tersebut klop sekali berpadu dengan rasa char atau gosong pada daging ayam atau babi pada sate ini.

6 makanan yang lainnya akan menyusul, Sekian dari review dari kami semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Tinggalkan komentar