Menguak Perbedaan HP Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro

Menguak Perbedaan HP Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro

Berbicara soal Realme, vendor ponsel pintar ini selalu memberikan terobosan baru dalam waktu cepat. Sepertinya kehadiran Realme 7 Pro yang terpaut enam bulan dari pendahulunya, Realme 6 Pro. Kedua ponsel yang lahir di tahun 2020 ini memiliki sistem operasi yang sama yaitu Android 10.

Tidak hanya itu, mereka juga kompakan memiliki Chipset,  CPU, dan GPU yang sama atau tidak ada celah untuk membandingkan dalam urusan platform bawaannya ini. Mungkin perbedaannya baru terasa kalau Realme 6 Pro memiliki beragam ukuran memori internal mulai dari 64 GB untuk RAM 6 GB, 128 GB untuk RAM 6 GB, dan 128 GB untuk RAM 8 GB.

Sedangkan, Realme 7 Pro hanya dua varian ruang penyimpan internal yaitu 128 GB untuk RAM 6 GB dan 128 GB untuk RAM 8 GB. Lalu, adakah perbedaan lain dari kedua ponsel pintar besutan Realme? Jelas ada, supaya kamu tidak tambah penasaran maka Carisinyal akan menguak perbedaan antara Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro. Yuk, langsung saja simak sampai tuntas pembahasannya!

Spesifikasi Realme 6 Pro

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif IPS LCD, 6,1 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 12 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP + 8 MP
  • Baterai: Li-Po 4300 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi Realme 7 Pro

Realme 7 Pro

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif Super AMOLED, 6,4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh tidak dapat dilepas

Perbedaan Realme 6 Pro dan 7 Pro

Meski terlihat sama, namun kedua HP ini punya perbedaan yang cukup menonjol. perbedaan tersebut ada di bagian bodi hingga spesifikasinya. Berikut beberapa perbedaan yang perlu diketahui.

1. Lebar tapi Berat atau Sempit tapi Ringan?

Realme 6 Pro

Antara bodi lebar tapi berat atau sempit tapi ringan, kamu pilih yang mana? Sebenarnya ini semacam analogi, bukan berarti si ponsel benar-benar lebar dan berat atau sebaliknya, yah! Namun, bila kamu membandingkan ukuran dimensi dan berat dari Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro pasti akan paham. Emang dimensi dan berat keduanya berapa, sih?

Pada dimensi bodi terlihat Realme 6 Pro lebih luas alias lebih lebar dengan 163.8 x 75.8 x 8.9 mm. Sedangkan, Realme 7 Pro malah turun 3 mm, tepatnya berada di demensi 160.9 x 74.3 x 8.7 mm. Hal ini pula yang mungkin berpengaruh pada bobot dari kedua ponsel ini sehingga dengan dimensi yang dimiliki Realme 6 Pro beratnya mencapai 202g dan Realme 7 Pro dengan beban yang lebih ringan yaitu 182 g.

2. Perang Layar yang Kompetitif

Realme 6 Pro

Poin yang satu ini mungkin akan lebih kompleks karena kedua ponsel pintar ini memiliki tipe, ukuran, kepadatan piksel, dan proteksi yang berbeda. Pada tipe layar kedua ponsel pintar ini tampaknya memiliki kelebihan dan kekurangan, Realme 6 Pro dengan IPS LCD 6,6 inci dan Realme 7 Pro yang menggandeng Super AMOLED 6,4.

Menurut Matamu.net bahwa tipe IPS LCD memiliki layar yang lebih tebal, dibandingkan dengan layar Super AMOLED dikarenakan layar IPS LCD memiliki backlight yang berfungsi sebagai penghasil warna.

Tetapi Super AMOLED memakan daya baterai 10 kali lipat lebih rendah dan waktu respon lebih cepat dalam hal respon time dan refresh rate. Bisa dikatakan meski ukuran layar Realme 7 Pro lebih kecil tetapi memiliki teknologi layar yang oke.

Beralih ke kepadatan piksel Realme 6 Pro terpaksa harus tersalip oleh Realme 7 Pro. Kepadatan piksel yang dimiliki Realme 6 Pro yaitu 399, sedangkan Realme 7 Pro memiliki kepadatan layar yang jauh lebih besar, 411. Hal ini membuat tingkat ketajaman pada layar Realme 7 Pro lebih ulung.

Untuk proteksi layar, Realme 6 Pro berhasil mempertahankan tahtanya berkat sokongan Gorilla Glass 5. Sedangkan, Realme 7 Pro yang harus lapang dada dengan Gorilla Glass 3+. Ini membuat Realme 6 Pro memiliki kemampuan melawan sebuah goresan apalagi memiliki tipe layar IPS LCD yang diklaim lebih tebal. Tapi bukan berarti Realme 7 Pro tidak tahan goresan, malah dengan Super AMOLED ponsel ini mengklaim dirinya tidak membutuhkan anti gores tambahan

3. Pengurangan dan Penambahan Ukuran Lensa Kamera

Realme 6 Pro

Hal lucu sering terjadi pada dua hal yang disandingkan, seperti perbedaan Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro dari segi kamera yang ternyata mengalami pengurangan dan penambahan ukuran lensa kamera. Kedua ponsel yang memiliki fitur LED flash, HDR, dan panorama ini kompakan memiliki kamera belakang yang berjumlah empat.

Akan tetapi ditemukannya perbedaan, Realme 6 Pro memiliki kamera wide beresolusi 64 MP, kamera telefoto 12 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Pada Realme 7 Pro ternyata tidak memiliki kamera telefoto tetapi malah mempunyai kamera kedalaman sehingga ukuran resolusi dari Realme 7 Pro adalah 64 MP untuk kamera wide, 8 MP kamera ultrawide, 2 MP kamera makro, dan 2 MP tersemat pada kamera kedalamannya. Hal ini membuat kamera depan yang dipasangkan pada Realme 6 Pro menghasilkan kualitas yang lebih bagus.

Beralih pada kamera selfie Realme 7 Pro yang hanya memiliki satu jenis saja yaitu kamera wide tetapi resolusinya mencapai 32 MP. Sedangkan, Realme 6 Pro mempunyai dua jenis kamera selfie yaitu wide berukuran 16 MP dan dilengkapi dengan kamera ultrawide beresolusi 8 MP. Bisa dibilang hasil foto dari Realme 7 Pro akan lebih menawan dibandingkan kakaknya.

4. Adanya Peningkatan di Sektor Daya Baterai

realme 7 pro baterai

Di sektor sumber daya baterai, walau terpaut 200 mAh tetapi Realme 7 Pro dapat berpuas diri dibandingkan Realme 6 Pro. Daya baterai yang dimiliki Realme 7 Pro dengan tipe Li-Po sebesar 4500 mAh, sementara Realme 6 Pro hanya didampingi dengan Li-Po berukuran 4300 mAh. Dapat dibilang kalau Realme 7 Pro memungkinkan untuk tahan lama.

Terkait masalah kecepatan pengisian daya juga Realme 7 Pro lebih cepat, ponsel pintar ini diklaim mampu mengisi daya baterai secara penuh hanya dengan 34 menit saja.

Beda halnya dengan Realme 6 Pro, yang kemampuan kecepatan pengisian dayanya agak lama dengan estimasi waktu 57 menit untuk mendapatkan baterai 100 persen. Tetapi sayangnya Realme 7 Pro tidak didukung dengan teknologi VOOC,  layaknya Realme 6 Pro yang bahkan memiliki seri VOOC 4.0.

5. Selisih Minor Lainnya

realme 7 pro nfc

Mungkin bagi sebagian orang perbedaan kecil tidaklah masalah, akan tetapi bagi mereka yang mengulik perbedaan kecil akan melihatnya sebagai nilai plus pada sebuah ponsel pintar. Seperti halnya perbedaan minor Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro dari segi konektivitas dan fitur.

Di segi konektivitas Realme 6 Pro mempunyai navigasi ganda, yang tidak lain Dual-Band A GPS. Sayangnya, Realme 7 Pro malah kembali menanamkan navigasi solo yakni A GPS. Dengan demikian, Realme 6 Pro memungkinkan memiliki navigasi yang lebih akurat saat menggunakan layanan atau perangkat lunak berbasis peta digital.

Bagi kamu yang seringkali mendengarkan Radio, kamu masih bisa menikmatinya di Realme 6 Pro. Akan tetapi, tidak dengan Realme 7 Pro yang tidak dilengkapi dengan fitur konektivitas FM Radio. Lanjut dengan sidik jari, kedua ponsel ini memiliki sidik jari yang berbeda penempatan. Jika Realme 6 Pro di sisi bingkai (side mounted), maka sidik jari pada Realme 7 Pro ada di belakang ponsel dan bagian optiknya.

Adapun ada perbedaan kecil lainnya seperti warna, Realme 6 Pro menawarkan tiga jenis warna mulai dari Lightning Blue, Lightning Orange, dan Lightning Red. Sementara, Realme 7 Pro hanya tersedia dalam dua balutan warna yaitu Mirror Blue, Mirror Silver.

Satu perbedaan terakhir ini mungkin yang paling ditunggu, tak lain adalah harga dari kedua ponsel pintar ini. Meski kita tahu sendiri, bahwa biasanya setiap keluaran baru dengan series yang sama akan memiliki harga yang lebih besar dari pendahulunya. Pun, Realme 6 Pro yang lebih terjangkau dibanding dengan Realme 7 Pro. Harga Realme 6 Pro dipatok Rp3,6 jutaan, sedangkan Realme 7 Pro di kisaran Rp4,3 jutaan.

Mari kita simpulkan! Kedua ponsel yang dioperasikan Android 10 ini jika dilihat memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dari penjabaran di atas maka Realme 6 Pro unggul di dimensi badan yang lebih besar dibandingkan dengan Realme 7 Pro. Akan tetapi, Realme 7 Pro lebih ringan ketimbang Realme 6 Pro.

Dari sisi kamera belakang, Realme 6 Pro menduduki peringkat atas. Namun, Realme 7 Pro menyambet posisi atas untuk soal kamera selfi atau depan. Jadi, ini tergantung kamu, apakah kamu mencari kamera depan yang hasilnya bagus atau kamera belakang yang memiliki hasil bak karya foto seorang fotographer profesional?

Sementara, untuk baterai lebih cepat terisi dan tahan lama Realme 7 Pro. Kendati tidak memiliki teknologi VOOC seperti halnya Realme 6 Pro. Lalu, untuk harga Realme 7 Pro lebih mahal disandingkan dengan Realme 6 Pro. Harga kedua ponsel ini terpaut Rp700 ribuan.

Itulah tadi beberapa poin dari perbedaan antara Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro. Jadi, kamu mau pilih yang mana nih atau masih bingung? Coba deh baca artikel kelebihan dan kekurangan Realme 6 Pro di sini. Juga, kamu bisa pantau lebih lanjut kelebihan dan kekurangan Realme 7 Pro di sini.