Inilah Negara Muslim Terkaya

Negara islam indentik dengan kawasan timur-tengah. Wilayah yang terus dirundung konflik bersenjata ini memiliki kekayaan minyak berlimpah sehingga negara-negara bangsa arab di juluki Negara petro dollar, karena kemakmurannya berasal dari minyak yang di ekspor ke Negri Paman Sam.
Ada beberapa Negara Islam Terkaya di dunia yang sebagin besar berasal dari wilayah timur-tengah dan kekayaan negaranya berasal dari hasil sumber daya bumi.

Qatar

www.astronacci.com

Qatar menjadi negara Islam terkanya pada peringkat pertama sejak 2011. Pertumbuhan ekonomi Qatar terutama dari produksi gas alam dan meng-ekspornya, minyak dan petrokimia yang terus berkelanjutan.
Predikat super tersebut berdasarkan angka Produk Domestik Bruto ( Gross Domestic Product) 2011, yang mencapai 88.919 dolar. Pantas saja bila negara teluk berpendudukan 1,7 juta jiwa ini berhasil menempati ranking pertama dari 10 negara Muslim terkaya didunia.
Belum lagi popularitasnya yang kian meningkat di kalangan para investor karena Qatar didaulat sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 nanti. Terkait hal itu, guna menunjang peningkatan bisnis dan dalam rangka menyambut Piala Dunia 2022, pemerintah Qatar dikabarkan tak akan segan-segan menggelontorkan dana lumayan besar guna membangun infrastruktur, termasuk pelabuhan laut, bandara, dan jalur kereta api

Kuwait

www.shutterstock.com

Selain menempati peringkat kedua dalam jumlah populasinya, Kuwait juga meraih peringkat kedua sebagai negara muslim terkanya didunia. Tercatat negara ini memiliki GDP per kapita 54.654 dolar pada tahun 2011.
Saat ini merupakan pemilik 10 persen cadangan minyak mentah dunia, sekitar 104 juta barel, dan diramalkan peningkatan produksinya akan menjadi 4 juta unit perbarel pada tahun 2020. Selain itu dalam sektor jasa keuangan, Kuwait memiliki sistem perbankan yang mempuni. Hal ini terbukti dengan adanya Bank Nasional Kuwait (The National Bank of Kuwait) sebagai bank terbesar di semenanjung arab. Fakta-fakta itulah yang membuat negara ini semakin memantapkan posisinya di peringkat 2 dalam daftar negara Muslim terkanya di dunia

Brunei Darussalam

bujangmasjid.blogspot.com

Brunei Darussalam adalah negara mulim terkaya ketiga di dunia. Peryataan ini didukung angka GDpP per kapitanya yang mencapai sekitar 50.506 dolar pada tahun 2010 aset berupa ladang minyak dan gas alam yang luasnya telah mendominasi perkonomian Brunei selama 80 tahun terakhir.
Brunei juga tercatat sebagai satu dari sembilan negara eksportir gas alam cair (Liquid Petrolium Gas) terbesar di dunia

Oman

travel.dream.co.id

Oman adalah negara muslim terkaya kelima. Memiliki GDP per kapita 28,880 dolar pada tahun 2011. Bukti konkritnya adalah total minyak bumi Oman mencapai 5,5 milyar barel. Pada tahun 2010, produksi minyak bumi Oman sekitar 816.000 barel per hari. Disampimng itu, produksi gas alam yang terus meningkat seiring perkembangan ladang gas membuat Oman memiliki peringkat ke-28 dari seluruh negara di dunia, dengan cadangan gas alam mencapai 849.500.00 meter kubik.
Oman juga memiliki sumber mineral yang tak kalah saing, antara lain tembaga, emas, seng, dan besi. Beberapa industri mineral telah tumbuh dan menyerap banyak tenaga kerja dari penduduk Oman. Sehingga mampu memberikan kontribusi terdahap GDP nasional.

Arab Saudi

siitamvan.blogspot.co.id

Negara ini mampu meraih posisi keenam dalam daftar negara Muslim terkaya di dunia. Memiliki GDP per kapita 24.434 dolar pada tahun 2011. Arab Saudi memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia dan rekening minyak lebih dari 95 persen ekspor dan 70 persen dari pendapatan pemerintah.

Selain itu negara yang didatangi milyaran umat Islam dari seluruh penjuru dunia karena kota suci Makkah-nya ini, juga memiliki cadangan gas alam terbesar keenam di dunia. Negara ini berencana untuk meluncurkan enam “kota ekonomi” yang direncanakan akan selesai pada tahun 2020. Enam kota industri baru tersebut dibangun dengan tujuan diversifikasi perekonomian Arab Saudi

Tinggalkan komentar