25 Pangkat Polisi Beserta Penjelasannya dan Gambar

URUTAN PANGKAT POLISI – Pada artikel abahadil kali akan membahas tentang urutan pangkat polisi dari terendah sampai tertinggi. Nah!! mari langsung saja kita membahasnya dibawah ini.

Kepolisian Negara Republik Indonesia atau sering di singkat dengan Polri dalam kaitannya dengan pemerintahan merupakan salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Tujuannya adalah untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pelayanan, dan pengayoman kepada masyarakat serta terbinanya masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Wilayah kepolisian dibagi secara berjenjang mulai dari tingkat pusat yang biasa disebut dengan Markas Besar Polri yang wilayah kerjanya meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dipimpin oleh seorang Kapolri yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Kemudian wilayah di tingkat provinsi disebut dengan Kepolisian Daerah yang biasa disebut dengan Polda yang dipimpin oleh Kapolda yang bertanggung jawab kepada Kapolri.

Di tingkat kabupaten disebut dengan kepolisian resot atau yang biasa disebut dengan Polres yang dipimpin oleh Kapolres yang bertanggung jawab kepada Kapolda.

Dan di tingkat kecamatan terdapat kepolisian sektor yang biasa disebut dengan polsek yang di pimpin oleh Kapolsek yang bertanggung jawab kepada Kapolres. Serta di tingkat desa atau Kelurahan ada pos polisi yang dipimpin oleh seorang Brigadir Polsisi atau sesuai situasi dan kondisi daerahnya.

Tugas Utama dan Wewenang Polisi Indonesia

pangkat polisi
Kompasiana.com

Polisi pastinya memiliki tugas utama, dan memiliki beberapa wewenang untuk mengerjakan pekerjaan mereka. Sebagai berikut inilah tugas utama polisi :

  1. Menjaga keamanan dan ketertiban para warganya
  2. Menegakkan hukum
  3. Memberikan pelayanan,perlindungan dengan baik kepada masyarakat

Visi dan Misi Polisi Indonesia

pangkat polisi
polri.go.id

Visi

Visi dari polisi adalah terwujudnya pelayanan keamanan dan ketertiban masyarakat, Tegaknya hukum yang ada di Republik Indonesia terjalinnya sinergi polisional yang aktif.

Misi

  1. Melaksanakan beberapa kegiatan atau operasi penyelidikan, pengaman dan penggalangan di sekitar masyarakat Indonesia.
  2. Memberikan pelayanan yang mudah, pengayoman dan perlindungan yang responsif dan tidak diskriminatif.
  3. Menjaga ketertiban, keamana dan kelancaran yang ada di lalu lintas untuk menjamin kelancaran dan keselamatan para pengguna lalu lintas.
  4. Menjamin keberhasilan dalam penanggulangan gangguan yang ada di masyarakat.
  5. Mengembangkan kepolisian yang ada di Indonesia yang berbasis pada masyarakat yang patuh kepada hukum
  6. Menegakkan hukum secara profesional, proposional,objektif, akuntabel, untuk menjamin tegaknya aturan hukum dan rasa keadilan pada masyarakat.
  7. Mengelola secara transparan,profesional modern dan akuntabel seluruh sumber daya polri untuk mendukung kinerja kepolisian Indonesia
  8. Membangun sistem yang sinergi polisional lembaga internasional dan nasional maupun komponen yang ada di masyarakat guna membangun kemitraan dan jejaring kerja

Tingkatan Dan Urutan Pangkat Polisi Indonesia

pangkat polisi
ciepo.com

Nah!! kita sudah sampai dalam pembahasan tentang pangkat polisi. Langsung saja mari kita lihat dibawah ini.

A. Urutan Pangkat Polisi Tantama

Tantama merupakan jenjang paling awal dalam kepolisian. Gaji para polisi yang masuk tantama termasuk paling kecil diantara pangkat-pangkat polisi yang lainnya dan untuk gaji tantama  sendiri sekitar 2,5 juta.

1. BHAYANGKARA DUA (BHARADA)

BHAYANGKARA DUA
ciepo.com

2. BHAYANGKARA SATU (BHARATU)

BHAYANGKARA SATU
ciepo.com

3. BHAYANGKARA KEPALA (BARAKA)

pangkat polisi
ciepo.com

4. AJUN BRIGADIR POLISI DUA (ABRIPDA)

pangkat polisi
ciepo.com

5. AJUN BRIGADIR POLISI SATU (ABRIPTU)

pangkat polisi
ciepo.com

6. AJUN BRIGADIR POLISI (ABRIP)

pangkat polisi
ciepo.com

B. Urutan Pangkat Polisi Bintara

Tingkatan yang selanjutnya setelah Tantama adalah Bintara. Tingkatan ini adalah tingkatan yang paling banyak yang ada di Indonesia saat ini. Sebenarnya tugas Bintara ini tidak jauh berbeda dengan Tantama tetapi sedikit lebih berat tugas Bintara.

Namun di pangkat Bintara khususnya yang berpangkat Bripda mempunyai fungsi yang sedikit berbeda yaitu sebagai pelaksana teknis dan tugas umum dari kepolisian dan pelaksana teknis bidang reskrim. Langsung saja mari kita lihat urutan pangkat Bintara dibawah ini.

7. BRIGADIR POLISI DUA (BRIPDA)

pangkat polisi
ciepo.com

8. BRIGADIR POLISI SATU (BRIPTU)

pangkat polisi
ciepo.com

9. BRIGADIR POLISI (BRIGPOL)

pangkat polisi
ciepo.com

10. BRIGADIR POLISI KEPALA (BRIKA)

pangkat polisi
ciepo.com

C. Urutan Pangkat Polisi Bintara Tinggi

Di tingkatan selanjutnya yaitu adalah Bintara Tinggi yang pangkat lebih tinggi dari pangkat Bintara namun masih dibawah pangkat Perwira. Biasanya untuk tugas Bintara Tinggi bekerja sebagai komandon regu untuk yang berpangkat Bintara dan Tantama di lapangan ketika menjalani teknis kepolisian di masyarakat.

11. AJUN INSPEKTUR POLISI DUA (AIPDA)

pangkat polisi
ciepo.com

12. AJUN INSPEKTUR POLISI SATU (AIPTU)

pangkat polisi
ciepo.com

D. Urutan Pangkat Polis Perwira Pertama

Urutan pangkat polisi yang selanjutnya adalah Perwira pertama. Untuk mendapatkan pangkat ini ada dua kemungkinan yaitu yang pertama dari umum ke perwira bisa melalui jalur AKPOL atau jika dari Bintara ke perwira bisa melalui jalur AKPOL, SAG, atau SIP. Dan mulai dari pangkat ini warna dari tingkatan berubah menjadi warna emas. Langsung saja mari kita lihat urutannya di bawah ini.

13. INSPEKTUR POLISI DUA (IPDA)

pangkat polisi
ciepo.com

14. INSPEKTUR POLIS SATU (IPTU)

pangkat polisi
ciepo.com

15. AJUN KOMISARIS POLIS (AKP)

pangkat polisi
ciepo.com

E. Urutan Pangkat Polis Perwira Menengah

Pangkat yang selanjutnya adalah perwira menengah. Perwira menengah dan perwira tinggi memiliki warna lambang yang sama yaitu berwarna emas. Tingkatan ini membawahi tingkatan-tingkatan dibawahnya seperti tantama,perwira pertama dan yang lainnya. Tugasnya pun berbeda dengan pangkat-pangkat yang ada dibawahnya. Langsung saja mari kita melihat urutan dari perwira menengah.

16. KOMISARIS POLISI (KOMPOL)

pangkat polisi
ciepo.com

17. AJUN KOMISARIS BESAR POLIS (AKBP)

pangkat polisi
ciepo.com

18. KOMISARIS BESAR POLISI (KOMBES POL)

pangkat polisi
ciepo.com

Urutan Pangkat Polisi Perwira Tinggi

Dan diposisi yang teratas dalam pangkat perwira adalah perwira tinggi yang hanya dapat ditempati oleh para polisi yang mempunyai pangkat jenderal. Simbol perwira tinggi adalah bintang yang mempunyai warna emas.

Mulai dari bintang satu samppai dengan bintang 4 biasanya hanya oleh kapolri sebagai komando tertinggi kepolisian yang ada di Indonesia. Langsung saja mari kita lihat urutan pangkat polisi perwira tinggi

19. BRIGADIR JENDRAL POLISI (BRIGJEN POL)

pangkat polisi
ciepo.com

20. INSPEKTUR JENDRAL POLISI (IRJEN POL)

pangkat polisi
ciepo.com

21. KOMISARIS JENDRAL POLISI (KOMJEN POL)

pangkat polisi
ciepo.com

22. JENDRAL POLISI (JENDRAL POLISI)

Itulah urutan pangkat yang ada di kepolisian Republik Indonesia. Bukan hanya disitu saja kami juga akan membahas syarat-syarat apa saja untuk memasuki akpol atau syarat masuk akpol. Kami juga akan membahas tugas polisi yang ada di Indonesia langsung saja anda bisa membacanya dibawah ini.

Tugas Polisi dan Wewenang Polisi

pangkat polisi
kompas.com

Polisi yang pasti memiliki tugas yang paling pokok, tugas pokok polisi adalah :

  1. Memelihara keamanan dan ketertiban yang ada di sekitar masyarakat
  2. Menegakkan hukum yang sudah berlaku dalam negara
  3. Memberikan pelayanan,perlindungan dan pengayoman kepada seluruh masyarakat Indonesia

Dalam melaksanakan tugas pokok yang ada di atas pasti polis harus melakukan sesuatu, pekerjaan yang harus dilakukan polisi:

  1. Melaksanakan keamanan,penjagaan,pengaturan,patroli, dan pengawalan terhadap masyarakat dan pada pemerintah sesuai keadaan dan kebutuhan.
  2. Menyelenggarakan seluruh kegiatan dan menjamin keamanan dan ketertiban dalam kegiatan tersebut.
  3. Membina masyarakat dan meningkatkan parsipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat. Agar menciptakan masyarakat yang taat pada hukum.
  4. Turut serta dalam pembinaan masyarakat sosial
  5. Menjaga dan memelihara ketertiban dan keamanan umum
  6. Melakukan pengawasan, pembinaan terhadap pegawai sipil, dan kepada masyarakat pada umumnya.
  7. Melakukan penyelidikan terhadap semua tindak pidana sesuai dengan undang-undang yang sudah dituliskan.

Dan itulah berbagai tugas polisi yang harus dikerjakan demi keamanan dan ketertiban masyarakat yang ada di Indonesia dan selanjutnya mari kita bahas tentang macam macam polisi yang ada di Indonesia. Langsung saja dibawah ini.

Macam macam Polisi Militer

pangkat polisi
poskotanews.co,

Polisi yang ada di Indonesia memiliki banyak sekali macam nya dan masing-masing polisi tersebut memiliki tugas yang berbeda tergantung pada tempat kepolisian tersebut.

Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad)

Yang pertama adalah Polisi Militer Angkatan Darat yang sering dikenal dengan Pomad. Polisi jenis ini biasanya berperan sebagai perwujudan dan pembinaan malalui penyelenggaraan fungsi-fungsi yang ada di Polisi Militer

Polisi Militer Angkatan Laut ( Pomal)

Yang selanjutnya adalah Pomal. Polisi jenis ini memiliki tugas pokok sebagai penegak disiplin, tata tertib dan memiliki peran yang sangat penting karena mereka harus menjaga daerah strategis yang ada di Indonesia yaitu adalah menjaga perbatasan antara Indonesia dan negara lain demi menjaga keamanan Republik Indonesia.

Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau)

Polisi Militer Angkatan Udara (POMAU) merupakan salah satu fungsi teknis militer umum TNI AU dan bagian dari Puspom TNI yang berperan menyelenggarakan bantuan administrasi kepada satuan-satuan jajaran TNI AU sebagai perwujudan dan pembinaan melalui penyelenggaraan fungsi-fungsi Polisi Militer.
Polisi Militer Angkatan Udara untuk saat ini dibagi menjadi 2 bagian (kotama) operasi dan satu kotama pendidikan yaitu:

  • Untuk Indonesia bagian barat berada di bawah komando Pangkoop AU I berada di Jakarta disebut Danpom Koops AU I membawahi 22 Satuan Polisi Militer ( Satpom )
  • Untuk Indonesia bagian timur berada di bawah komando Pangkoops AU II berada di Ujung Pandang disebut Danpom Koops AU II juga membawahi 22 Satpom
  • Untuk Pendidikan berada dibawah Komandan Komando Pendidikan berada di Jakarta disebut Danpom Kodik AU membawahi 6 Satpom

Syarat Masuk Akpol ( Akademi Kepolisian) 2017pangkat polisi

Akademi kepolisian atau yang sering kita singkat dengan Akpol merupakan sekolah ikatan dinas yang diselenggarakan olah kalemdikpol yang bertujuan untuk mencetak generasi polisi yang akan datang. Langsung saja mari kita baca syarat apa saja jika ingin memasuki Akpol.

Persyaratan Umum :

  1. Warga Negara Indonesia ( WNI) pria atau wanita
  2. Beriman kepada dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa
  3. Setia kepada Negara Republik Indonesia (NKRI) sesuai dengan Pancasila dan UUD negara tahun 1946
  4. Sudah memiliki ijazah SMU/sederajat
  5. Memiliki usia minimal yaitu 18 tahun
  6. Memiliki kesehatan yang jasmani dan tidak memiliki riwayat penyakit yang berbahaya.
  7. Tidak pernah dipidana dikarenakan melakukan tindak kejahatan yang dibuktikan oleh polresta setempat.
  8. Memiliki sifat yang jujur, berwibawa, dan tidak melakukan tindakan yang tercela
  9. Bersedia untuk ditugaskan diseluruh wilayah yang ada di Indonesia. Untuk menjaga keamanan Indonesai

Persyaratan khusus :

  1. Calon taruna memiliki usia minimal yaitu 17 tahun dan maksimal 21 tahun
  2. Memiliki nila ujian akhir nasional pada tahun 2012 sampai 2016 baik jurusan IPS maupun IPA harus minimal 6,5 (enam koma lima)
  3. Paling rendah memiliki ijazah SMA/MA jurusan IPS/IPA dengan ketentuan bagia yang lulus pada tahun ajaran 2016/2017.
  4. Calon taruna tidak boleh lulusan program pendidik kesetaraan paket A,B dan paket C
  5. Memiliki minimal tinggi badan untuk pria yaitu 165 cm, dan untuk wanita 163 cm, dan memiliki berat badan yang seimbang.
  6. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menjalani pendidikan di akpol.
  7. Tidak memiliki ikatan dinas pada intansi terntentu.
  8. Bersedia untuk melakukan ikatan Dinas pertama selama 10 tahun
  9. Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali
  10. Bagi yang sudah bekerja sebagai pegawai/karyawan tetap harus mendapat rekomendasi/persetujuan dari pimpinan instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, apabila diterima dan mengikuti pendidikan

Sekian penjelasan dari kami semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya silahkan anda bisa meninggalkan komentar anda di dalam kolam yang ada di bawah ini.

Tinggalkan komentar