inilah penemuan ilmuwan indonesia yang mendunia

dentistry.unsoed.ac.id
Pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi memudahkan semua pekerjaan manusia. Teknologi da karena berbagai penelitian ilmuwan di dunia, temasuk ilmuwan indonesia yang banyak yang menemukan berbagai penemuan yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Dari sekian banyak ilmuwan dunia, ada beberapa ilmuwan indonesia yang penemuannya diakui dunia internasional, sipa sajakah mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

Prof.Dr.Ir. Sedyatmo

malahayati.ac.id

Ia lahir di Karanganyar, jawa tengah pada tahun 1909 beliau adalah seorang insinyur indonesia. Sedyatmo yang sering dijuluki dengan “ Si Kancil” karena terkenal banyak akalnya menempuh pendidikan di Technicshe Hogescholl (THS) (sekarang  ITB) bandung. Selesai dari THS pada tahun 1934, sedyatmo bekerja sebagai insinyur perencanaan di berbagai intansi pemerintah. Sedyatmo di kenal sebagai penemu “Pondasi Cakar Ayam” pada tahun 1962. Temuan sedyatmo awalnya di gunakan dalam pembuatan apron Pelabuhan Udara Angkatan Laut Juanda, Surabaya,dan Landasan Bandara Polonia, Medan dan Landasan bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Hasil temuannya tersebut telah di panenkan dan dipakai di luar negri.

Ir.Tjokorda Raka Sukawati

www.hariinisaja.com

Tjokorda Raka Sukawati merupakan insinyur indonesia asal bali yang berhasil menjadi penemu landasan Putat Bebas Hambatan(LPBH)  yang lebih di kenal Sosrobahu. Teknik Sosrobahu adalah teknik konstruksi yang digunakan untuk memutar bahu lengan beton jalan layang. Berkat penemuan Tjokorda ini, pembangunan jalan layang dari Cawang ke Tanjung Priok di tahun 1980an sukses di laksanakan tanpa mengganggu arus lalu lintas.

Setelah menyelesaikan pendidikan teknik sipil di Institut Teknologi Bandung , Tjokorda memmulai karinya di PT.Hutama Karya, sebuah perusahaan konstruksi dan infrastruktur, merupakan Badan Usah Milik Negara di bawah Dapartemen Pekerjaan Umum PT. Hutama Karya. Di tahun 1987, perusahaan tersebut mendapat order untuk membuat jalan lanyang Cawang-Tanjung Priok. Pembangunan tersebut menemui kendala pada teknik konstruksi yang akan di gunaka. Apabila teknik Konvensional diterapkan secara paksa dalam pembangunan tersebut, kemacetan lalu lintas akan semakin bertambah. Padahal, pembangunan jalan layang tersebut tidak boleh menganggu arus lalu lintas di bawahnya. Alternatif lain yang sempat di lontarkan kala itu adlah penerapan metode gantung seperti yang pernah di lakukan di singapura. Namun, metode tersebut urung di pakai lantaran tingginya biaya yang di perlukan, akhirnya tjokorda berhasil memecahkan permasalahan tersebut dengan teknik Sosrobahu

B.J Habibi

https://life.idntimes.com

Prof .DR. Bacharuddin Jusuf Habibi atau di kenal sebagai B.J Habibi merupakan pria Pare-Pare (Sulawesi Selatan) kelahiran 25 juni 1936. Habibie menjadi presiden ke-3 indonesia selama 1.4 tahun dan 2 bulan menjadi Wakil Presiden RI ke-7. Dimasa kecil, Habibie suadh menunjukan kecerdasannya dan semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya fisika. Selama 6 bulan, ia kuliah di Teknik Mesin  Institut Teknologi Bandung (ITB), dan di lanjutkan ke Rhenisch Wesfalische Hochscule- jerman pada tahun 1955. Dengan dibiayai oleh ibunya, R.A Tuti Marina Puspowardoyo, Habibie muda menghabiskan 10 tahun untuk menyelesaikan studi S-1 di Aachen-Jerman.

Joe Hin Tjio

babahboim.wordpress.com

Joe-Hin Tjio adalah seorang ilmuwan genetika kelahiran indonesi, yang menemukan bahwa kromosom manusia berjumlah 23 pasang. Tjio yang dilahirkan di pekalongan pada 2 november 1919, lebih sering dikenal sebagai ahli sitogenetika Amerika karena selama 23 tahun terakhir hidupnya dihabiskan di Institut Kesehatan Nasional ( Nationa Institut Helth) Amerika Serikat

Prof.Dr.Khoirul Anwar

khoirulanwarcode.wordpress.com

Anwar adalah orang yang menemukan dan sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Division Multiplexing). Khoirul Anwar yang pernah masuk acara Kick Andy ini adalah alumni Teknik Elektro ITB dengan cumlaude di tahun 2000, kemudian melanjutkan pendidikan di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar master di tahun 2005 serta doktor di tahun 2008. Dan  Khoirul Anwar juga menerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) tahun 2006, di California

Minto

www.pricenia.com

Matahari merupakan energi utama bagi kehidupan di bumi ini. Tidak seperti energi yang bersal dari dalam perut bumi-tidak terbarukan, energi matahari merupakan bentuk energi alami yang bisa diperbarui. Karena itu sumber energi ini tidah akan habis.

Seorang putra bangsa Indonesia bernama Minto berhasil menemukan alat pengolah sumber energi renewable energy (matahari) yabg telah di terapkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Alat ini serupa dengan kinerja tumbuh-tumbuhan yang mampu mengubah sinar matahari menjadi energi untuk melakukan kerja fotosintesis. Nama alat ini adalah Kompor Bertenaga Surya.

Danny Hilman

oregonstate.edu

Danny Hilman Natawidjaja belom begitu populer bagi publik secara luas. Tapi di kalangan peneliti, Danny sudah menyita perhatian pada tahun 2000.

Saat itu, dia memprediksi bakal adanya gempa besar yang akan muncul di pesisir barat Pulau Sumatra. Saat itu fokus Denny tertuju pada wilayah barat itu. Dari penelitian lapangan dengan Global Positioning System (GPS). Dia memperkirakan di seputar perairan Siberut dan Mentawai tersimpan energi gempa besar.

Beberapa prediksi Danny seputar gempa di wilayah indonesia bersama dengan pembimbing doktonya sebagai refensri dan acuan bagi peneliti. Ia kini telah dia akui peneliti geologi dan geofisika di indonesia dan dunia

Satu pemikiran pada “inilah penemuan ilmuwan indonesia yang mendunia

  1. Alhamdulillah,
    Semoga Inspirasi terus berkembang,…Allah mudahkan Kerja-kerja Adil,….Selamat ya Dhil,…ini permulaan untuk Sukses,…

Tinggalkan komentar