‘Rakus’ Prestasi, 5 Fakta Kamala Harris yang Bakal Digandeng Joe Biden jadi Wakil Presiden Amerika

‘Rakus’ Prestasi, 5 Fakta Kamala Harris yang Bakal Digandeng Joe Biden jadi Wakil Presiden Amerika

Pemilihan umum presiden Amerika yang ke 46 baru saja diakhiri dengan terpilihnya Joe Biden beserta Kamala Harris sebagai presiden dan wakil presiden. Pesta demokrasi yang menghebohkan hampir seluruh dunia itu terbukti mampu membuat sebagian orang berdebar mengingat dua kubu yang bersaing dengan sangat sengit hingga detik terakhir. Namun terlepas dari ‘pertempuran’ Joe Biden dan lawannya, Donald Trump, ada 1 hal yang ternyata tak kalah menarik dan berhasil mencuri perhatian dunia.

Adalah Kamala Harris, sosok wanita yang hingga kini masih menjadi perbincangan hangat jagat lini massa. Namun, apa sih yang membuat media hingga publik meletakkan perhatian khusus mereka pada wanita 56 tahun itu? Kita simak langsung yuk 5 fakta menarik Kamala Harris yang tentunya bisa dijadikan sebagai inspirasi!

Sering disangka wanita keturunan Asia-Afrika

Kamala sering disangka keturunan Asia-Afrika [Sumber Gambar]

Memiliki kulit hitam manis, kerap membuat Kamala dianggap memiliki keturunan Afrika dan disebut sebagai wanita Afro-Asia. Faktanya, ibu dari Kamala, Shyamala Gopalan, adalah seorang wanita asli India yang berasal dari Tamil dan berhijrah ke Amerika di tahun 1958. Sementara sang ayah, Donald J. Harris, merupakan orang asli Jamaika yang terletak di kepulauan Karibia. Sehingga patut diingat jika Kamala memang merupakan blasteran, namun bukan Asia-Afrika melainkan India-Jamaika yah, Sobat Abahadil.

Wakil presiden wanita pertama di Amerika

Wakil presiden wanita pertama Amerika [Sumber Gambar]

Dengan terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika yang ke 46, tentu saja menciptakan rekor tersendiri dengan adanya Kamala Harris sebagai sang wakil presiden. Yap, percaya tidak percaya, Kamala merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai wakil presiden dari negara yang sudah memiliki puluhan presiden ini.

Wakil presiden wanita kulit hitam yang pertama

Kamala Harris [Sumber Gambar]

Obama pernah menciptakan pencapaian sebagai presiden non kulit putih Amerika pertama. Hal yang kurang lebih sama kemudian juga tercipta dengan terpilihnya Kamala sebagai wakil presiden kulit hitam pertama. Hal ini jadi bukti jika siapa pun bisa menjadi petinggi sebuah negara, asal memiliki kapabilitas. Kamala sendiri memang sudah lumayan lama menggeluti dunia pemerintahan yakni di tahun 1990an. Well done!

Wanita pertama yang menduduki Jaksa Agung California

Potret Kamala Harris [Sumber Gambar]

Belum berhenti di situ, jauh sebelum dikenal dunia, Kamala sudah mengukuhkan posisi penting saat ia menjabat sebagai Jaksa Agung di California. Bukan hal yang wajar, terpilihnya wanita lulusan Howard University ini sekaligus menjadi rekor sebagai wanita pertama yang mendapatkan jabatan tinggi tersebut.

Sosok cerdas yang juga seorang penulis buku

Kamala Harris juga menulis buku [Sumber Gambar]

Seakan tak berhenti menciptakan kekaguman publik, Kamala yang juga merupakan seorang penulis buku ternyata memiliki pendidikan tinggi dan tak main-main. Bergelut di dunia hukum, Kamala yang dikenal aktif dan pintar dikelas memiliki gelar doctoral dari Universitas California, Hastings College of the Law di tahun 1989.

BACA JUGA: 4 Kontroversi Melania Trump yang Bikin Warga Amerika Malu

Joe Biden dan Kamala Harris ini seolah sedang menjadi harapan baru bagi Amerika. Mengusung sosok perempuan dalam pemerintahan sepertinya akan menjadi terobosan baru di negeri Paman Sam tersebut. Namun, sejatinya semua pemerintahan akan diuji sepanjang kiprahnya. Kita lihat saja, apa yang akan dilakukan Kamala Harris untuk mengubah nasib Amerika Serikat ke depannya pasca dalam cengkeraman Trump.