Review realme C15: Smartphone Penyokong Aktivitas Harian

Tengok Manfaat 18W Quick Charge di Realme C15

Jakarta, Abahadil.com – Memenuhi janjinya sebagai tech trendsetter, realme kembali menghadirkan smartphone baru di Indonesia. Perangkat yang dikenal sebagai realme C15 hadir untuk memperkuat lini seri C.

Smartphone yang mengusung tagar ‘6000mAh Power Nonstop’ menghadirkan kombinasi 6000mAh dengan 18W quick charge pertama kalinya untuk memenuhi permintaan pengguna akan baterai besar dan pengisian daya cepat.

Beruntungnya, Abahadil.com diberikan kesempatan untuk menjajal realme C15. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak review realme C15!

Review realme C15

Paket Penjualan

Seperti biasanya, sebagai permulaan mari kita bahas dari sisi packaging lebih dulu. Sebagai penerus C Series, selain smartphone realme C15 juga ditemani oleh kabel Micro USB, Manual Book, SIM Ejector, serta garansi resmi dari realme Indonesia.

Menariknya, realme menyertakan pengisian daya cepat 18W (9V.2A) dalam satu box penjualan, menjadikannya paket lengkap disaat vendor lain menjual itu secara terpisah.

Desain

realme C15 menerapkan Desain Geometric Gradient untuk pertama kalinya. Desain semacam ini dapat membawa warna dengan gradasi berbeda. Saat sudut tampilan berubah, warna dan cahaya di setiap area juga berubah.

Alhasil, muncul efek visual yang teratur dan tidak dapat diprediksi, yang menjadi keunikan tersendiri di segmen entry level. Selain itu, juga masih nyaman dalam genggaman walau berbobot sekitar 209 gram. Terutama, menggenggamnya tanpa khawatir bakal menanggalkan bekas sidik jari.

Bodi belakang realme C15 dihuni oleh pemindai sidik jari serta Quad Kamera dengan desain kekinian seperti smartphone kelas atas. Beralih ke sisi bawah, tersedia lubang audio jack 3,5mm, mikrofon, speaker, dan lubang Micro USB untuk pengisian daya. Sementara, bagian atasnya tampak bersih tanpa ornamen apapun.

Berbeda dengan sayap kanan yang dihiasi oleh tombol daya dan pengatur volume serta SIM Tray yang menempel pada sayap kiri realme C15.

Layar

Secara fisik, realme C15 mengadopsi desain poni pada layar seluas 6.5 inci. Namun, keberadaan poni layar tak akan membatasi pandangan visual, lantaran realme C15 menghadirkan rasio layar hingga 88,7% dengan memangkas area poni hingga 30% lebih mini dari sebelumnya.

Sehingga, bisa disebut realme C15 mampu membawa bidang pandang lebih luas, serta mendukung pengalaman untuk bermain game dan menonton video. Dalam penggunaan harian, realme C15 terbilang sangat bersahabat, terutama dalam berselancar antar aplikasi. Layar terasa responsif tanpa delay, meskipun realme membekalinya dengan tempered glass yang cukup tebal sebagai proteksi layar.

Performa

realme C15 menghadirkan prosesor MediaTek Helio G35 yang merupakan prosesor gaming terbaik di segmennya. Prosesor delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi struktur Cortex A53, menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya. Prosesor ini sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah sampai berat yang banyak digunakan.

Terlebih berkat RAM LPDDR4X. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis meningkat sebesar 20% dan kinerja RAM meningkat 100%. realme C15 juga membawa kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menampung berbagai aplikasi. Dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB sudah sangat mendukung untuk menemani aktivitas harian. Bahkan, realme akan menawarkan versi memori internal yang lebih luas, 128GB dengan RAM 4GB.

Baca juga: Review realme C11: Juaranya Entry-Level dengan Baterai Besar, Layar Besar di Harga Rp 1,5 Jutaan

Baterai

Review realme C15

Tak main-main, realme C15 dibekali dengan baterai besar 6000mAh. Berkat mega baterai 6000mAh, waktu penggunaan smartphone menjadi lebih panjang. Bahkan, dalam penggunaan secara normal bisa sampai 2 hari. Sehingga dapat digunakan tanpa henti, kapanpun tanpa butuh charger tambahan.

Bahkan menurut hasil tes di realme Lab, realme C15 sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode siaga (standby), rekor yang memukau di segmennya. Itu terjadi berkat pengoptimalan kinerja baterai dipacu dengan sejumlah piranti lunak seperti Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze), Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization). Tersedia juga pengoptimalan siaga tidur (sleep standby) serta mode hemat daya untuk menghemat lebih banyak energi.

Untuk lebih menghemat daya, realme C15 menawarkan Super Power Saving Mode, solusi untuk memperpanjang usia baterai dengan memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan agar tetap aktif.

Di saat baterai habis, tak perlu waktu lama untuk mengisi daya, lantaran sudah didukung dengan 18W Quick Charge. Dalam 30 menit saja sudah mampu mengisi daya sampai 25 persen, untuk penuh hanya sekitar 50 menit.

Mega baterai 6000mAh juga memiliki fungsi OTG reverse charging. Dengan begitu, realme C15 juga dapat menjadi powerbank bagi perangkat lain.

Kamera

realme C15 hadir dengan konfigurasi empat kamera yang merupakan pertama di jajaran seri-C realme. Keempat lensa itu didesain mengikuti tren saat ini dengan berbalut bingkai persegi. Kamera utamanya sebesar 13 Megapiksel dengan aperture besar f/2.2 , cukup untuk mengamankan cahaya dan membuat gambar menjadi lebih cerah. Ditambah dengan PDAF, realme C15 dapat menangkap fokus lebih cepat dan tepat serta kemampuan 4x zoom untuk mendukung portret jarak jauh.

realme C15 mampu untuk mengambil foto pemandangan, bangunan, foto grup dengan banyak orang dan pemandangan jauh lainnya. Itu tersaji berkat 8 Megapiksel lensa ultrawide dan mode sudut ultra lebar yang memanfaatkan algoritma kalibrasi distorsi untuk memperbaiki distorsi yang dihasilkan pada foto ultra-wide-angle tradisional, membuat foto-foto bidang lebar lebih nyata dan menakjubkan.

Menariknya, realme C15 memiliki lensa B&W/Retro yang memberikan dua efek artistik khusus. Kedua lensa ini dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap.

Tak lupa juga mendukung fotografi malam lewat Mode Super Nightscape. Di bagian depan, sebuah kamera selfie 8MP dapat mengambil foto dengan jelas dan jernih. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu Anda mengambil foto selfie lebih luas. Berikut hasil kamera Realme C15:

realme UI

realme C15 menjalankan system operasi Android 10 dengan berlapis tampilan antarmuka realme UI. Terinspirasi oleh gaya hidup sehari-hari dari generasi muda, realme UI sengaja mempertimbangkan 4 hal, meliputi warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi.

Tak hanya soal desain, realme UI juga membawa beberapa fitur terkini, seperti mode gelap, tangkapan layar 3-jari dan sistem proteksi khusus berupa perlindungan informasi pribadi. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan tetap pribadi untuk mencegah kebocoran informasi.

Fitur Pendukung

Review Realme C15

Fitur pendukung yang paling menarik adalah Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share). Itu akan sangat berguna ketika mencoba menikmati video atau lagu yang sama saat bersama teman.

Dual Mode Music Share akan menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari realme C15.

Selain itu, untuk membantu berkonsentrasi dan rileks, realme C15 memiliki mode fokus. Nantinya, smartphone secara bersamaan akan memainkan beberapa musik yang menenangkan serta mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu).

Harga

Soal harga, tak perlu risau karena banderolan harga realme C15 ini cukup terjangkau. Walaupun menawarkan baterai besar dengan quick charge, konfigurasi empat kamera belakang, chipset gaming di kelasnya dan menejemen daya tahan baterai yang sangat baik, realme menawarkan harga spesial selama periode Flash Sale di realme.com/id, Lazada dan Akulaku. Untuk melihat lebih jauh tentang realme C15 bisa mengklik tautan berikut ini.