Rumah Adat Indonesia

Disini kami akan memaparkan beberapa Rumah adat yang ada di Indonesia merupakan peninggalan nenek moyang Indonesia yang harus di jaga oleh anak dan cucunya. Tapi sangat di sayangkan ada banyak rumah adat di berbagai daerah di Indonesia sudah tidak terawat dengan baik.

Kita sebagai anak bangsa Indonesia harus mengetahui rumah-rumah adat yang ada di Indonesia dan harus melesterikannya. Mari kita cari tau berbagai rumah adat yang ada Indonesia bisa langsung di baca di bawah ini semoga anda menikmatinya

1. Rumah Adat Mandar : Rumah Adat Provinsi Sulawesi Barat

rumah adat mandar
id.pinterest.com

Rumah adat merupakan rumah adat yang berasal dari Sulawesi Barat. Rumah adat Provinsi Sulawesi Barat ini menggunkan teknik bangunan yang dengan bangunan suku Toraja dan Bugis. Bedanya haya teras yang lebih luas dan anak tangganya dijadikan ganjil.

Selain itu bangunan ini sebagian besar stuktur material rumah menggunakan bahan dari alam langsung. Bahan-bahannya berupa bambu, ijuk, ilalang, rumbia, dan kayu asli. Dirikan berbentuk sepeti rumah panggung yang cukup tinggi. Karena jika makn tingga rumah adata ini makan semakin tinggi juga stasus sosial pemiliki rumahnya.

2. Rumah Adat Dulohupa : Rumah Adat Provinsi Gorontalo

rumah adat dulohupa
www.jurnaland.com

Rumah adat Dulohupa merupakan rumah adat  yang berasal dari Gorontalo. Rumah adat Gorontalo ini punya ciri khas tersendiri yaitu atap yang cukup berseni dan tidak beda dengan rumah adat yang lainnya adalah rumah panggung.

Sebagian besar material rumah ini terbuat dari kayu asli. Rumah adat Dulohupa mempenyai 2 fungsi yaitu sebagai tempat tinggal dan tempat bermusyawarah. Jadi bisa di bilang juga rumah ini sebagai lamban kerunan masyarakat Gorontalo.

3. Rumah Adat Tongkonan : Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan

rumah adat tongkonan
ceritadisana.blogspot.co.id

Rumah adat Tongkonan merupakan rumah yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok yaitu di bagian atapnya. Atap rumah ini berbentuk melengkung seperti perahu. Selain itu dibagian atas ada juga berjejer kelapa kerbau yang melambangkan status sosial.

Uniknya rumah memili du fungsi yaitu sebagai tempat tinggal dan sebagai peyimpanan mayat tetapi keduanya terpisah tidak dijadikan satu.

4. Rumah Adat Buton : Rumah Adat Provinsi Sulawesi Tenggara

rumah-adat-suku-wolia-sulawesi-tenggara
abahadil.com

Rumah adat Buton merupakn rumah adat yang berasal dari provinsi Sulawesi Tenggara. Dari segi karakteristik arsitektur bangunana ini cukup unik. Karena rumah ini dibangun 4 tingkat dengan teknik kontruksi kayu kait dan tanpa menggunakan pasak dan paku.

Itu tandanya masyrakat Sulawesi Tenggara memiliki keterampilan bangun yang luar biasa. Keterampilan ini sudah di wariskan dari generasi ke generasi. Namun pada saat ini sedikit anak muda yang mau mewarisi kemahiran dalam membuat bangunan ini.

5. Rumah Adat Tambi : Rumah Adat Provinsi Sulawesi Tengah

rumah adat tambi
ahmedghaffar89.blogspot.co.id

Rumah adat Tumbi ini berasal dari Provinsi Sulawesi Tengah.Rumah ini memiliki bentuk segitiga dan dengan gaya arsitektur rumah panggung. Bahan yang di gunakan kebanykan dari kayu dan batu alam. Dalam rumah ini juga ada pembagian ruang seperti adanya ruang utama, dapur dan ruang tamu semua rungan berkumpul menjadi satu dengan sekat.

Ada mitos mengatakan bahwa rumah adat ini harus di bangu ke arah selatan atau barat. Untuk membedakan status sosial, maka dibedakan denga jumlah anak tangga. Rumah orang besar tangganya genap, sedangkan orang biasa-biasa tangga rumahnya ganjil.

6. Rumah Adat krong Bade : Rumah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

rumah adat krong bade
lidahtinta.wordpress.com

Rumah adat Krong Bade ini berasal dari provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Rumah ini merupakan rumah jenis panggung. Ciri khas rumah ini adanya tangga di depan pintu masuk rumah. Di acah sendiri sekaranga hanya ada sedikit yang masih bertahan denga rumah adat ini.

Alasannya karena bianya pembuatannya yang tergolong mahal. Sehingga banyak orang di Aceh yang memilih rumah yang modern minimalis yang lebih terjangkau.

7. Rumah Adat Gadang : Rumah Adat Provinsi Sumatera Barat

rumah gadang
rakaraperz.blogspot.co.id

Rumah Gadang atau Rumah Godang ini bersal dari suku minang yang ada di tanah Minangkabau Padang. Rumah adat ini memiliki gaya arsitektur yang unik yang mirip dengan rumah gadang yang ada di Malaysia. Sebab masih satu rumpun, yakni rumpun Melayu dan rumpun Malaka.

Selain itu rumah adat gadang juga pernah dijadikan gambar di mata uang logam 100 rupiah. Karena memang rumah adat gadanh dari Sumatera Barat ini sangat unuk dan juga mudah dikenali sebagai representasi dari Indonesia.

8. Rumah Adat Bolon : Rumah Ada Provinsi Sumatera Barat

rumah bolon
mazmuzie.blogspot.co.id

Rumah adat Bolon merupakan rumah adat yang terpengaruh budaya Batak. Rumah adat bolon terbagi beberapa jenis yaitu rumah adat Bolon Toba, Rumah adat Bolon Mandailing, Rumah adat Bolon Simalungan, Rumah adat Bolon Pakpak, Rumah adat Bolon Karo dan Rumah adat Bolon Angkola.

Setiap rumah adat tersebut memiliki ciri khas dan gaya arsitektur tersendiri. Jadi bisa dibilang rumah adat ini paling banyak yang memiliki variasi rumah.

9. Rumah Adat Belah Bubung : Rumah Adat Provinsi Kepulauan Riau

rumah adat belah bubung
lisaayuretno.blogspot.co.id

Rumah adat bubung merupakan rumah adat yang bersal dari provinsi Kepulauan Riau. Rumah ini berbentuk rumah panggung dengan atap yang bervariasi. Atap lipat berbentuk curam, atap lipat kajang berbentuk datar, atap layar berbentuk atap bersusun, dan lain-lainnya.

Pada umum rumah adat khas provinsi Kepulauan Riau ini terbagi menjadi 4 ruangan yaitu, dapur, ruang penghubung dapur, ruang induk, dan selasar,

10. Rumah Adat Panggung Leko : Rumah Adat Provinsi Jambi

rumah adat panggung leko
jadhomes.com

Rumah adat panggung leko merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Jambi. Rumah adat ini tergolong luar karena terdapat 8 ruangan di dalamnya. Rungan pertama di sebut jogan, untuk tempat beristirahat dan penyimpanan air.  Ruang kedua di sebut serambi depan , haya digunakan tamu pria saja.  Ruangan ketiga di sebut serambi dalam untuk kamar tidur pria.

Setelah itu ruang keempat disebut dengan amben melintang untuk kamar pengantin. Ruang kelima disebut dengan serabi belakang, untuk kamar tidur anak perempuan. Ruang  Keenam disebut dengan laren, untuk tempat menerima tamu perempuan saja. Ruang ketujuh disebut dengan garang, untuk tempat memasak. Ruang kedelapan atau ruang dapur untuk memasak makanan.

11. Rumah Adat Rakit Limas : Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung

rumah-rakit-bengkulu
www.anakpintar.web.id

Rumah adat limas merupakan rumah adat yang sekilas hampir mirip dengan rumah adat limas. Rumah adat ini memiliki arsitektur dan aksen yang sama. Karena memang masih serumpun melayu dan di bumi Sumatera.

Mungkin sedikit perbedaannya adalah pada aksen rakitnya. Bangka Belitung yang merupakan pulau menambahkan aksen rakit tersebut sebagai penanda sekaligus pembeda. utmanya untuk menunujukkan ciri khas belitung.

( sekian dari kami abahadil.com memaparkan rumah-rumah adat khas Indonesia ini semoga bisa jadi bahan rujukan atau bahan pembelajaran bagi para pembacanya bisa lang di share di bawah ini atau bisa komen jika ada kesalahan agar saya bisa memperbaikinya semoga bermanfaat)

 

Tinggalkan komentar