Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Beserta Gambarnya

 SEJARAH SEPAK BOLA – Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang sejarah dibalik terciptanya permainan atau olahraga sepakbola. Pasti anda yang sedang membaca artikel kami ini adalah seorang yang hobi bermain sepak bola.

Nah!! pada artikel ini anda akan mengetahui lebih detail tentang sejarah dari permainan yang anda gemari ini. Olahraga sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer yang ada di dunia bahkan hampir semua umur pria dan wanita bermain sepak bola ini.

Tentunya olahraga yang satu ini pasti menggunakan sebuah bola yang berbentuk bulat yang biasanya terbuat dari kulit, olahraga ini juga harus dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim berjumlah 11 orang ditambah lagi dengan pemain cadangan.

Menurut sebuah sejarah yang tertulis bahwa olahraga sepak bola ini pada abad 21 sudah ada hampir 250 juta jiwa dari seluruh negara yang sudah memainkan olahraga yang satu ini.

Semakin banyaknya orang yang bermain sepak bola membuat olahraga yang satu ini berkembang pesat dan menyebar hampir ke seluruh negara yang ada di dunia. Dalam olahraga yang satu ini tim dituntut untuk mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyak agar tim tersebut dapat memenangkan permainan ini.

Permainan ini bisa anda mainkan dimana saja ditanah, di air, tapi biasanya permainan yang satu ini dimainkan di rumput asli dan rumput sintesis. Semua pemain dilarang untuk menyentuh bola dengan menggunakan tangan kecuali pemain yang berposisi menjadi penjaga gawang atau yang dinamakan dengan kiper.

Kiperpun hanya boleh menyentuh bola di wilayah yang sudah ditentukan atau berada dekat gawang. Dan untuk 10 pemain lainnya hanya dibolehkan untuk menyentuh bola menggunakan kaki, kepala, dan badan mereka, jika ada pemain yang sengaja menggunakan tangan maka akan dikenakan sanksi oleh wasit yang mengatur berjalannya permainan.

Pemenang dalam permainan yang satu ini ditentukan dengan jumlah gol terbanyak sampai pertandingan usai. Akan tetapi jika kedua tim sama-sama memasukkan bola ke dalam gawang dengan skor yang sama maka pertandingan akan dilanjutkan dengan undian, penalti, ataupun bisa juga dengan pertandingan tambahan. Sampai harus adanya yang menang salah satu dari tim tersebut.

Jika anda sebuah negara yang memiliki sebuah liga sepak bola maka biasanya setip tim yang memenangkan pertandingan akan mendapatkan 3 poin, yang seri mendapatkan 1 poin dan yang kalah tidak mendapatkan poin sama sekali.

Dan ada kemungkinan jika poin-poin tersebut akan dikurangkan jika ada salah satu tim yang curang ketika pertandingan sedang dilaksanakan dan terbukti melakukan skandal dan masih banyak lagi yang dapat mengurangkan poin tim yang curang.

Jika ada salah satu tim yang mengundurkan diri atau tidak ikut pertandingan maka tim yang akan dilawannya otomatis akan memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 dan akan mendapatkan 3 poin tambahan.

Semua peraturan yang ada didalam sepak bola ini sebenarnya dibuat oleh sebuah induk organisasi sepak bola Internasional yang bernama FIFA. Organisasi tersebut berhak untuk membuat peraturan atau mengubah peraturan dalam sebuah pertandingan sepak bola resmi pada suatu negara.

FIFA juga selalu mengadakan pertandingan piala dunia yang mempertemukan timnas yang ada di dunia, ajang tersebut biasanya diadakan setiap 4 tahun sekali.

Sejarah Sepak Bola Singkat

dikatama.com

Artikel yang ada diatas merupakan awal dari artikel yang satu ini. Jadi masih banyak sekali sejarah tentang sepak bola yang masih akan kami jelaskan pada anda semua. Disini kami akan membahas sejarah dalam beberapa versi.

Versi pertama yang akan kami bahas adalah versi singkat, versi yang satu ini akan membantu anda dalam mengetahui sejarah atau garis terbentuknya olahraga yang sangat populer yang satu ini.

Dan sedangkan versi pertama, sangat penting untuk anda agar dapat mengetahui sejarah sepak bola dari zaman awal terbentuknya permainan ini sampai sekarang agar pengetahuan anda semakin bertambah tentang sepak bola ini.

Baiklah untuk mempersingkat membaca tentang sejarah berdiri permainan sepak bola ini mari kita langsung bahas saja kedua versi tentang sejarah terbentuknya olahraga yang paling populer di dunia.

Sejarah Singkat Tentang Sepak Bola di Dunia

fifa.com

Menurut para ahli yang telah meneliti tentang sejarah sepak bola ini, bahwa permainan yang satu ini mulai pertama dimainkan di sebuah dinasti yang ada di Tiongkok atau lebih tepatnya pada awal mula abad ke-2 atau ke-3.

Pada masa Dinasti tersebut para warga yang ada disana biasanya memainkan bola dengan menggunakan kulit yang berbentuk bulat dan lalu menggiring ke sebuah jaring atau yang sekarang kita namakan dengan dengan sebuah gawang.

Bukan hanya dimainkan di wilayah Dinasti Tiongkok saja pada abad tersebut sudah ada juga para warga Jepang dahulu yang memainkan permainan yang sama dengan sepak bola ini yang dinamakan dengan permainan Kemari.

Dan pada awal mula abad ke-16 para warga yang ada di benua Eropa terutama yang ada di negara Italia mulia memainkan sebuah bola yang digiring kesebuah lobang atau jaring.

Sejak mulai tersebarnya permainan ini maka kerajaan yang ada di Inggris mulai membuat peraturan-peraturan yang lebih maju dibandingkan dengan yang sebelumnya. Dan dengan adanya peraturan tersebut maka permainan yang satu ini mulai berkembang.

Karena ada banyak sekali kekerasan pada sebuah pertandingan sepak bola ini maka pada tahun 1365 raja yang sedang berkuasa di Inggris tersebut melarang keras untuk para warganya memainkan permainan ini, bukan hanya raja Inggris yang melarang tetapi raja Skotlandia juga melarang permainan sepak bola pada saat itu.

Setelah beberapa tahun terjadi larangan keras tersebut, pada tahun 1815, terjadi sebuah perkembangan besar-besaran yang telah membuat permainan yang satu ini banyak sekali yang memainkannya, pada saat itu sudah banyak sekali warga dunia yang memainkannya.

Pada saat itu juga ada sebuah sekolah sepak bola yang dibangun untuk melatih para pemain agar taat pada peraturan dan tidak melakukan tindak kekerasan kembali pada waktu pertandingan, sekolah inipun dinamakan dengan nama Freemasons Tavern.

Dan pada saat bersamaan pada pembuatan sekolah tersebut maka dibuatlah sebuah olahraga baru yang memisahkan sepak bola dengan kekerasan, olahraga tersebut sering kita namakan dengan rugby.

Seiring perkembangan maka pada awal tahun 1869 mulai diberlakukan peraturan bahwa semua pemain dilarang untuk menyentuh bola dengan menggunakan tangan kecuali kiper atau penjaga gawang.

Selama beberapa ratus tahun olahraga ini mulai diperkenalkan oleh para pelaut dan pedagang yang sering kebelahan dunia. Disitu awal mula terbentuk nya sebuah induk organisasi sepak bola terbesar di dunia yang dinamakan dengan FIFA yang didirikan pada tahun 1904. Dan disitulah dunia mulai mengenal sebuah permainan yang dinamakan dengan sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Dunia Lengkap

olahraga.pro

Setelah kita membahas sejarah singkat berdirinya sebuah permainan yang paling populer di dunia maka sekarang kita akan membahas sejarahnya dengan sangat lengkap. Langsung saja mari kita baca dibawah ini.

Menurut sebuah sejarah yang telah tertulis bahwa sepak bola ini pertama dimainkan di sebuah peradaban yang berada di China, Yunani dan Romawi. Pada saat itu ada sebuah permainan yang menggunakan bola dan dimainkan dengan cara menggiringnya kesebuah sasaran yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dan pada awal abad pertengahan masehi bahwa permainan ini dimainkan dengan sebuah tim yang tidak ada batasannya. Dan pada abad tersebut bola dibuat menggunakan kulit binatang dan ususnya lalu dibentuk menyerupai sebuah bola seperti sekarang.

Dan mulai abad ke-20, sudah ada banyak yang memainkan permainan ini, dan pada abad tersebut juga peraturan-peraturan mulai berlaku agar semua orang dapat menikmati permainan ini dengan nyaman dan seru.

Dengan banyaknya perkembangan dalam olahraga yang satu ini membuat semua orang memainkannya. Sedangkan pada zaman kita sekarang sepak bola dimainkan secara modern yang sudah tertulis aturan-aturan dengan lebih jelas dibanding zaman dahulu.

Dan dizaman kita ini para pemain diharuskan untuk taat pada peraturan dan harus memiliki skil atau teknik untuk dapat bermain sepakbola dengan baik dan handal. Sebenarnya sejarah sepakbola itu terbagi menjadi 2 yaitu sepakbola kuno dan sepak bola modern. Nah!! langsung saja mari kita bahas keduanya dibawah ini.

Sejarah Sepak Bola Kuno

erabaru.net

Sejarah sepak bola kuno ini dimulai diwilayah ada di China. Pada saat itu ada banyak sekali kerajaan yang menguasai China dan salah satu kerajaan adalah Dinasti yang bernama Dinasti Han.

Permainan yang mirip dengan sepak bola sudah dimainkan pada abad kedua sebelum adanya kalender masehi pada zaman dahulu.

Pada saat itu para warganya memainkan sepakbola dengan menggunakan sebuah kulit binatang yang dibentuk menjadi seperti bola pada zaman sekarang. Cara bermain sepak bola pada zaman dahulu adalah dengan menggiring bola dan lalu dimasukkan kedalam jaring kecil yang sudah disediakan.

Pada Dinasti tersebut biasanya para tentara memainkan permainan yang satu ini agar dapat melatih fisik mereka. Bukan hanya untuk melatih fisik permainan ini juga sering dijadikan acara hiburan setiap perayaan yang sering diadakan oleh di Dinasti tersebut.

Pada zaman itu permainan yang satu ini sering dinamakan dengan nama Tsu Chu.

Masih membahas tentang sejarah sepak bola kuno, bukan hanya ada di China saja tapi olahraga yang satu ini juga terdapat diwilayah yang sekarang kita namakan dengan negara Jepang.

Yah benar sekali pada zaman dahulu para warga Jepang ternyata juga sudah pernah memainkan permainan yang satu ini. Cara bermain hampir sama seperti yang dimainkan warga China pada zaman dahulu yaitu dengan menggiring bola lalu dimasukkan ke sebuah lubang. Permainan yang satu ini dinamakan dengan Kemari.

Permainan seperti sepak bola ini ternyata juga dapat ditemukan di wilayah seperti Romawi, Mesir, Inggris yang pada zaman dahulu menggunakan sebuah karet untuk dijadikan sebuah bola agar dapat dimainkan bersama.

Setelah permainan ini semakin banyak yang memainkan. Ada seorang raja Inggris yang bernama Raja Edward pada masa itu, sang raja melarang olahraga yang satu ini dikarenakan ada banyak sekali kekerasan yang terjadi ketika pertandingan sedang berlangsung.

Setelah beberapa tahun berselang dan raja inggris kali itu sudah ganti, raja yang berkuasa saat itu mencabut larangan tidak diperbolehkannya sepak bola dan mengizinkan para warga untuk bermain sepak bola degan syarat yang sudah ditentukan.

Namun setelah diperbolehkan bermain sepak bola masih saja ada yang membuat kerusuhan atau kekerasan saat pertandingan berlangsung dan akhir saat pergantian raja yaitu menjadi ratu Elizabeth I kembali melarang warganya untuk bermain bola.

Sebenarnya pelarangan dilakukan oleh ratu pada saat itu tidak lebih dulu dirundingkan kapada warga, dan ratu menetapkan bahwa jika ada warganya yang masih bermain sepak bola maka akan dikenakan hukuman penjara.

Setelah ratu Elizabeth turun dari tahtahnya maka ada yang menggantikan posisi yaitu seorang raja yang  baik hati yang bernama Charless II, raja yang baru naik kekuasaan tersebut akhirnya mencabut larang bermain sepak bola, dan membiarkan para warganya bermain.

Sejarah Sepak Bola Modern

arah.com

Setelah menjalani beberapa fase akhirnya ada sepak bola pun dimulai di negara Inggris. Sepak bola modern ini dimulai dikarenakan adanya sebuah sekolah khusus sepak bola yang bernama Football Association Freemason’s Tavern. Sebelum berdirinya sekolah ini ada 11 perwakilan daerah yang merudingkan pembuatan sekolah sepak bola pertama di dunia ini.

Dalam pertemuan internasional yang membahas tentang sepak bola, disitu juga membahas peraturan-peraturan apa saja yang harus ada di permainan sepak bola.

Setelah hasil telah ditetapkan akhir ada banyak negara-negara lain yang menggunakan peraturan yang sama seperti yang ada di Inggris. Negara-negara tersebut adalah Wales, Irlandia, dan Skotlandia.

Selanjutnya negara-negara gabungan tersebut akhir membuat sebut asosiasi atau organisasi yang singkat dengan IFAB yang berkepanjangan International Football Association Board, asosiasi tersebut dibuat untuk dapat mengkoordinasi semua peraturan sepak bola yang ada didunia.

Sejalan dengan dibangunnya sebuah asosiasi maka hampir seluruh negara menyetujui dengan diresmikannya olahraga baru. Dan akhirnya semua negara membuat komite atau induk organisasi sepak bola baru yang dinamakan dengan nama Federation International de Football Association atau sering kita singkat dengan FIFA, organisasi ini diresmikan di Paris, Prancis pada tanggal 21 Mei 1904.

Pertemuan yang terjadi di Paris tersebut adalah pertemuan dari berbagai negara seperti Swiss, Swedia, dan masih banyak lagi yang datang ke pertemuan tersebut. Tidak ketinggalan juga para bintang sepak bola pada saat itu seperti Jules Rimet, dan Henry Delauney.

Negara-negara yang datang ke pertemuan ini adalah negara pertama yang bergabung dalam FIFA yang pada saat itu FIFA diketuai oleh seorang yang berasal dari Perancis yang bernama Robert Guerin.

Dengan adanya organisasi FIFA maka mulai banyak sekali perlombaan Internasional yang pada kala hanya ada Olimpiade saja, akan tetapi keanggotaan FIFA terus bertambah dari belahan dunia.

Dalam perjalanan FIFA pastinya memiliki perjalanan yang bersejarah. Nah dibawah adalah beberapa perjalanan FIFA yang masih terkenang sampai hari ini.

  1. Pada Tahun 1863, ditahun itu ada sebuah organisasi yang terbentuk yang bernama Asosiasi Sepak Bola Inggris.
  2. Pada Tahun 1885, ditahun tersebut sebuah organisasi sepak bola telah menyenggarakan pertandingan di luar wilayah inggris, pada saat dua negara besr bertanding yaitu antara Kanada dan Amerika.
  3. Pada Tahun 1886, pada tahun tersebut telah terjadi sebuah pertemuan pertama untuk pembahasan pembuatan Asosiasi Sepak Bola Dunia.
  4. Pada tahun 1888, pada tahun tersebut diberlakukan wasit untuk dapat mengatur jalannya pertandingan.
  5. Pada Tahun 1904, pada tahun tersebut terbentuklah sebuah organisasi sepak bola terbesar FIFA dan pada kala itu hanya beranggotakan Prancis, Belgia, Belanda, Spayol, dan Swedia.
  6. Pada tahun 1904, Pada tahun tersebut akhir FIFA telah resmi berdiri dan telah di kenal dunia walaupun kala itu masih memiliki anggota yang sedikit. Saat para anggota memperkenalkan FIFA, para anggotanya memiliki slogan  “For The Game, For The World” slogan tersebut memiliki arti semua pemain bola akan mejadi seorang pemersatu setelah perang dunia berakhir. Tentu dengan berdiri FIFA para anggota dituntut untuk memperkenalkan organisasi ini ke seluruh dunia agar semua orang mengetahui sepak bola. Dan FIFA harus membuat sepak bola lebih baik dari sebelumnya.

Dengan berdirinya FIFA maka sepak bola semakin pesat pertumbuhan yang memainkan perrmainan yang satu sampai pada 1908 olahraga yang satu ini dimasukkan kedalam salah satu cabang olahraga Olimpiade dan FIFA telah dapat menyenggarakan sebuah piala dunia pertama pada tahun 1930 dan di laksanakan di Uruguay.

Ada sebuah hal unik yang telah dicatat dalam sejarah perjalanan sepak bola, pada kali itu BBC adalah televisi pertama yang dapat menyiarkan pertandingan sepak bola secara langsung dengan menggunakan fitur replay. Kejadian tersebut terjadi pada tahun pertengahan 1966.

Selain sebagai olahraga dan permainan sepak bola ini juga menjadi sebuah sarana hiburan dari zaman dulu sampai zaman sekarang dan segala umur dapat menikmati olahraga yang satu ini.

Hal tersebutlah memaksa FIFA untuk membuat beberapa sayap organisasi agar sepak bola semakin maju dan dapat dinikmati, berikut ini beberapa saya organisasi dari FIFA.

  • OFC nama ini kepanjangan dari Oceania Football Confederation organisasi ini adalah ososiasi yang mengurus sepak bola pada negara-negara yang ada di Oceania.
  • CAF nama ini adalah kepanjangan dari Confederation of African Football. Organisasi ini adalah sayap dari FIFA yang mengurus sepak bola yang ada di benua Afrika.
  • CONMEBO  nama ini adalah kepanjangan dari Confederacion Sudamericana de Futbol . Organisasi ini adalah sebuah organisasi sepak bola yang mengurus sepak bola di wilayah Asia.
  • CONCACAF nama tersebut memiliki kepanjangan The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football. Organisasi yang satu ini mengurus sepak bola di wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karabia.
  • UEFA memiliki kepanjangan Union of European Football Associations. Organisasi yang terakhir adalah sebuah organisasi yang mengurus sepak bola yang ada di wilayah benua Eropa.

Setelah kita membahas tentang sejarah sepak bola yang ada didunia, maka sebaiknya kita juga membahas sejarah datangnya sepak bola ke wilayah Indonesia. Nah!! langsung saja mari kita bahas sejarah sepak bola Indonesia dibawah ini.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

mapelpilihan.blogspot.com

Datangnya sepak bola ke Indonesia tentunya dikarenakan adanya banyak pihak yang datang seperti para penjajah, pedagang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ternyata negara pertama yang memperkenalkan sepak bola ke Indonesia adalah negara tirai bambu atau sering kita sebut dengan China. Karena pada zaman dulu para warga China sering sekali datang ke Indonesia untuk menawarkan dagangannya.

Selain melakukan perdangan ternyata China juga turut andil dalam perkembangan sepak bola yang anda di Indonesia. Didalam sebuah sejarah mengatakan bahwa pada saat itu Tionghoa telah mendirikan beberapa klub sepak bola. Dan pada tahun 1920 mulai bermunculan sekolah sepak bola.

Dengan berkembang sepak bola di Indonesia, membuat negara kita ini pada tahun 1938 telah mengikuti ajang terbesar sepak bola yaitu piala dunia. Tentunya ada sebuah sejarah perjalanan sepak bola di Indonesia salah satunya adalah berdirinya asosiasi sepak bola Indonesia yang bertugas untuk mengatur kemajuan sepak bola Indonesia.

Ososiasi ini diberi nama PSSI yang berkepanjangan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, organisasi ini didirikan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 11 april 1930. PSSI ini telah terbentuk sebelum Indonesia mengikuti piala dunia.

Ada sebuah perselisihan yang masih tercatat dalam sejarah sepak bola Indonesia yaitu perselisihan antara PSSI dengan NIVU kedua organisasi tersebut berselisih tentang siapa yang paling berhak menjadi perwakilan sepak bola Indonesia didalam ajang Piala Dunia yang pada saat itu diadakan di Perancis.

Didalam sejarah sepak bola Indonesia juga ada seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam pembentukan PSSI, tokoh tersebut memiliki nama Soeratin Sosrosoegondo, beliau merupakan salah satu anak bangsa yang pernah menjalani pendidikan di sekolah tinggi Heckelenburg, Jerman.

Sekian penjelasan dari kami tentang sejarah sepak bola dunia dan indonesia, semoga artikel ini dapat menjadikan wawasan anda bertambah.

Tinggalkan komentar