bunga hias gantung Fuchsia

Jenis Tanaman Dalam Rumah

Tanaman hias dalam rumah. Tanaman hias biasanya ditanam di luar ruangan. Tapi ternyata ada juga tanaman hias yang di tanam di dalam ruangan. Bukan haya sebagai penghias ruangan saja, beberapa tumbuhan dalam rumah ini ternyata mampu membersihkan udara, meyetap polutan dn gas-gas berbahaya.

Adalah Natioanal and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) yang melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Hasilnya, beberapa tanaman dias dalam rumah ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya. Di sini kami akan menerangkan beberapa tanaman hias dalam rumah yang baik.

1. Lidah Buanya (Aloe Vera)

tanaman hias aloe vera
Bakker.com

Tanaman hias dalam rumah yang pertama adalah Lidah buanya atau dalam bahasa latin Aloe Vera, yang dikenal di Indonesai adalah lidah buanya. Tumbuhan yang banyak sekali manfaatnya seperti bisa menyuburkan rambut, menyembuhkan luka.

Lidah bunya juga mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata dapat menyerap pulotan. Lidah buanya atau aloe vera mamou menetralisir racun benzean, formaldehida( formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.

2. Spider Plant ( Chlorophytum Comosum )

tanaman hias spider plant
id.aliexpress.com

Tanaman hias dalam rumah yang kedua adalah Spider Plant atau bahasa latinya adalah Chlorophytom Comosum. Tanaman hias ini berasal dari dataran rendah Afrika dan sekarang sudah tersebar ke segala penjuru dunia, tumbuhan ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm.

Sebagai tanaman hias, tumbuhan ini dapat ditanam dalam pot dan di taruh dalam ruangan. Manfaat tumbuhan ini ada banyak diantara adalah mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, dan bahan kimia pada industru kulit, karet dan lain-lainnya.

3. Gerber Daisy ( Gerbera Jamesonii)

tanaman hias dalam rumah gerber daisy
necturajuice.com

Tanama hias dalam rumah yang ketiga adalah tanaman Gerber  Daisy atau dikenal di Indonesia dengan nama Herbras. Tumbuhan asal afrika selatan ini mempunyai bunga yang banyak sekali warnanya dan kerap di jadikan bunga potong mawar, anyelir, seruni, dan tulip.

Bunga ini dapat tumbuh baik di dalam pot dan di dalam ruangan. Tanaman ini efektif menghilangkan trichloroethylene, cocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci, dan kamar tidur.

4. Lidah Mertua ( Sansevieria trifasciata )

koleksi-tanamanhias.blogspot.co.id

Tanaman hias dalam rumah yang keempat adalah Lidah mertuan atau bahasa latinnya adalah Sansevieria trifasciata adalah tanaman yang mudah di kenali daan dapat meyerap racun. Berbagai jenis racun yang mampu diserap oleh tanaman ini antra lain karbonmonoksida, nikotin, benzena, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin.

Bahkan haya dengan 5 helai daun lidah mertua dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluar 100 m3 dari berbagai jenia polutan.

5. Sirih Gading ( Epipremnum aureum )

daun sirih gading
bukalapak.com

Tanaman hias dalam rumah yang kelima adalah Sirih Gading atau dalam bahasa latinya adalah Epipremnum aureum. Tanaman ini berasal dari Australia, Malenesia ( termasuk Indonesia),  Indochina, Jepang, China, dan India.

Sehingga bisa di katakan tanaman ini merupakan tumbuhan asli Indonesia. Meskipun tanaman empifit dan semi merambat namuan baik dalam menjadi pembersih ruangan udara dan mnyerap racun fomaldehida dan berbagai pulotan lainnya.

6. Dragon Tree ( Dracaena Marginata )

madagascar dragon tree
www.nyoozee.com

Tanaman hias dalam rumah yang keenam adalh Dradon Tree Atau di kenal juga Dracaena Marginata. Tanaman hias daun dengan bentuk daun panjang namun tidak lebar, tekstur kaku, warna merah dan sedikit sentuhan hijau, sering disebut dradon tree.

Dragon tree adalah tumbuhan dari famili Asparagacea. Tanaman ini berasal dari Madagaskar dan Mauritius ni termasuk tumbuhan semah. Jika tanaman ini di taruh di dalam ruangan bisa menyerapa berbagai racun seperti xylene, trichloroethylene dan fomaldehida.

7. Krisan ( Cheysasanthemum Morifoliun )

bunga hias krisan
tukangtamandibandung.blogspot.co.id

Krisan atau di kenal dengan bunga seruni dan kristanium merupakan sejenis tumbuhan berbubga yang sering ditanam sebagai tanaman hias dalam rumah. Terdapat lebih dari seribu jenis krisan yang dikenal dan tersebar. Budaya krisan berawal dari jepang.

Bunga krisan atau bunga warna-warni. Dalam bahasa Inggris dkenal juga sebagai Florist’s daisy atau hardy garden mum. di dalam pot mampu tumbuh hingga 90 cm selain wangi, tanaman ini mampu menghilangkan benzena ( dari lem, cat, plastik dan daterjen), formaldehida, dan bahan kimia kainnya dari udara.

8. Rohododenron ( Rhododendron Simsii )

rhododendron-nain-snipe-rhododendron-nain-violet-clair
www.plantes-et-nature.fr

Tanaman hias dalam rumah kedelapan adalah bunga Rohododenron. Bunga ini masuk dalam golongan famili Ericacea yang sama dengan tanaman blueberry dan cranberry, dab bunga ini merupakan tanaman perdu berbubga. Salah satu tanaman yang menyukai naungan sehingga bunga ini dapat di peliahara di dalam rumah.

Bunga ini merupakan tanaman semak yang ampuh dalam meyerap poluton formaldehida dari sumber seperti plywood atay busa. Indonesia pun memiliki beberapa spesiea asli Rhododendron namun perlu di kaju apakah mempunyai kemampuan sama dalam menyerap polutan.

9. English Ivy ( Hedera Helix )

Tanaman hias dalam rumah yang kesembilan adalah English Ivy. Tanaman merupakan tanaman yang merambat, vigor, agresif, dengan pertumbuhan cepat dan bisa tumbuh dimana-man( menutupi batang pohon, menutupi dinding rumah, merayap menutupi tanah ketika tidak ada objek vertikal, dan sebagainya).

Tanaman ini masih Famili dengan Araliaceae yang asli Eropa dan Asia Barat. NASA mendapati tanaman ini mamu membersihkan udara dalam ruangan dari partikel pengotor udara. Juga mampu menyaring formaldehida yang ditemukan dalam beberapa produk pembersih rumah tangga.

10. Warneck Dracaena ( Dracaena Deremensis )

Dracaena Deremensisi kurang dikenal dibandign tanaman hias yang lainnya. Warneck adalah yang paling sedikit memerlukan sinar matahari dan memiliki garis putih pada daunnya dengan bentuk daun sempit dan lancip. Jenis lain Tanaman ini adalah Compacta yang sesuai namanya adalah versi yang lebih kecil.

Warneck dracaena meruoakan tanaman semak yang mampu tumbuh hingga tinggu 15 meter namun banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dalam pot. Di dalam ruangan mampu menghilangkan polutan yang diakibatkan oleh pernis dan minyak.

11. Evergreen Cina ( Aglaonema Crispum )

Tanaman hias dalam rumah yang kesebelas adalah Evergreen Cina. Tanaman ini merupakan tanaman hias dari famili talas-talasan atau Araceae. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada area dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.

Tanaman ini di kenal di Indonesia dengan nama Sri Rejeki, selain mudah dirawat tanaman ini juga mempunyai kemampuan yang baij dalam membersihkan udara di antarnya benzena dan formaldehida.

12. Palem Bambu ( Chamaedorea Seifrizii )

Walaupun disebut sebagai bambu tetapi palem ini bukan jenis bambu-bambuan, melainkan jenis pohon pale. Disebutnya palem bambu karena memiliki kemiripan dengan jenis bambu-bambuan. Batang palem bambu hijau berwarna hijau dengan bentuk batang bulat memanjang mirip seperti bambu.

Tanaman ini dapat dibudidayakan di dalam pot bahkan di dalam ruangan sekalipun mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dalam menyerap polutan benzena dab trichloroethylene serta gas beracun formaldehida yang melekat pada furnitur.

( sekian dari kami tentang tanaman hias dalam rumah semoga bisa menjadi manfaat bagi para pembaca. Artikel ini bisa lang di share kamana saja sesukanya.)

Tinggalkan komentar