25 Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Tanaman hias dalam pejabaran umum merujuk pada semua tumbuhan yang sengaja ditanam wilayah perkebunan rumah. Tidak hanya bisa ditanam di perkarangan tumah tetapi tanaman hias bisa juga ditaruh di dalam rumah dengan ditanam di dalam pot.

Ada banyak sekali macam-macam tanaman hias di dunia. Berdasarkan jenis tanaman hias ada banyak sekali mulai dari tanaman hias bunga, daun, gantung, akar, buah, beracun, dan masih banyak lagi. Sedangkan tempat tanaman hias di menjadi 3 tempat, tanaman hias biasa, Air, Gantung. Di sini saya akan memaparkan seluruh jenis tanaman hias yang ada di dunia.

Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga merupakan tanaman hias yang paling digandrungi oleh para pecinta tanaman hias. Tanaman ini sering digunakan sebagai penghias di taman rumah agar terlihat lebih indah dan asri. Rumah yang kita tempati jika ditaruh berbagai tanaman hias maka akan membuat anda semakin nyaman.

Anda bias menanam buga ini di pot atau langsung di tanam di tanah. Buatlah sebuah taman yang dihiasi berbagai tanaman  yang membuat wilayah sekitar rumah anda semakin asri dan indah. Dengan begitu anda akan semakin betah di rumah. Nah!! disini saya akan merkomendasikan tanaman bunga yang paling bagus jika di tanam dihalaman rumah anda.

Bunga Mawar
bunga mawar indah
pixabay

Bunga mawar adalah bunga yang dijadikan sebagai simbol tanda cinta dan kasih sayang. Selain memberikan kesan indah bunga mawar juga bermanfaat bagi tubuh. Aroma yang dikeluarkan bunga mawar dapat mengatasi rasa depresi dan stres. Selain itu zat kimia yang ada di bung mawar dapat berfungsi sebagai terapi menghilankan sakit kepala.

Selama ini orang haya tahu jika warna bunga mawar merah dan putih. Padahal bunga mawar memilki banyak sekali spesies yang berjumlah 100 spesies. Warnanya juga bermacam-macam ada waran biru, pink, merah, dan masih banyak lagi warna lainnya.

bunga Kamboja
bunga kamboja
pixabay

Postur yang indah bunga ini membuatnya sering digunakan sebagai penghias di halaman rumah. Jenis bunga ini sangat banyak diantaranya adalah adenium waterfall dan adenium windmill. Selain bunganya indah dipandang ternyata bunga ini mempunyai manfaat bagi tubuh.

Bunga dan getah bunga ini mengandung zat yang menghambat disentri, radang saluran pernafasan, TBC dan hepatitis. Di daerah Bali selain sebagai tanaman hias bunga ini juga dipakai sebagai pelengkap jika ada acara adat. Jika anda menjadikan tanaman hias kamboja ini dijadikan tanaman yang di taruh di rumah anda maka banyak sekali keuntungannya.

 Bunga Alamanda
bunga alamanda
pixabay

Alamanda bunga satu ini merupakan tanaman hias yang mudah perawatannya. Tanaman ini tumbuh secara bergerombol dan pertumbuhannya sangatlah pesat dibanding dengan tanaman hias lainnya. Bunga alamanda ini biasanya di taman di dalam pot agar mudah dipindahkan.

Alamanda ada bayak jenisnya tetapi yang paling populer di indonesia adalah jenis alamanda cathartica. Bunga ini juga sering disebut bunga terompet emas dan juga bunga lonceng, karena bentuknya seperti lonceng atau terompet. Habitat asli ini dari Amerika Tengah. Walaupun tidak mempunyai aroma yang harum tetap saja bunga ini sangat indah karena warna kuning pekatnya yang indah.

 Bunga Anggrek
bunga anggrek
pixabay

Bunga anggrek adalah bunga yang berasal dari Indonesia yang mendapat julukan “puspa pesona”. Di Indonesia ada banyak sekali jenis bunga anggrek yang tumbuh secara liar ataupun dibudidayakan. Ada sekitar 5.ooo jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia dan ada sebagian besar bunga anggrek yang tergolong langka seperti bunga anggrek hitam, anggrek kebutan, dan anggrek koribas. keindahan bunga ini biasa dijadikan simbol rasa cinta, kemewahan dan keindahan.

Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang cukup banyak peminatnya, untuk menambah keindahan taman dan ruangan rumah anda. Tanaman ini memili keunikan dari daunnya yang indah dan sejuk jika dipandang. Di Indonesia sendiri banyak sekali peminat tanaman hias daun ini bahkan ada yang membelinya dengan harga yang cukup tinggi. Oleh karena itu mulai banyak petani yang membudidayakan tanaman ini.

Banyak sekali jenis tanaman hias daun yang ada di Indonesia diantaranya adalah anthurium, dieffenbachia, aglaonema, keladi serta masih banyak lagi yang lainnya. Disini saya akan memaparkan tanaman hias daun yang paling diminati di Indonesia.

 Daun Kuping Gajah
daun kuping gajah
commons.wikimedia.org

Tanaman hias kuping gajah adalah tanaman hias yang cukup digemari masyarakat di Indonesia. Bentuknya yang lebar serta mirip dengan kuping gajah sehingga orang-orang menyebutnya dengan tanaman hias kuping gajah. Tanaman ini memiliki warna hijau dengan balutan garis berwarna putih.

Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman Anthurium, daunnya memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain warnanya yang unik tanaman ini juga memiliki bentik yang unik. Alasanya lainnya mengapa orang menggemari tanaman ini adalah perawatannya yang cukup mudah. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari yang membuatnya cocok jika di letakkan di dalam rumah.

 Daun Aglaonema
bunga aglaonema
jenistanaman.com

Tanaman hias daun Aglaonema memiliki bentuk daun yang sedikit lonjong dengan warna hijau dan di hiasi bintik-bintik, garis abu-abu keperakan. Masyarakat di Indonesia biasanya menyebutnya dengan sebutan “sri rejeki”. Tanaman ini sangatlah mudah perawannya tidak perlu perawatan yang intensif, yang penting tanaman ini harus ditempatkan di tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Tanaman hias daun ini memiliki berbagai jenis dengan berbagai corak dan warnya daunnya yang indah. Dalam menanam sri rejeki ini harus diperhatikan ketika musim panas karena jika terkena sinar matahari yang panas maka tanaman ini akan langsung mengalami kering.

 Keladi Red Star
keladi red star
kaskus.co.id

Tanaman hias daun ini memilki tampilan yang cukup menarik pada urat daunnya yang berbentuk seperti bintang dan warnanya merah cerahnya. Selain itu warna tangkai daun yang berwarna kemerahan dan belang menjadikanya lebih eksotis dan indah di pandai. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang mudah untuk dirawat.

Keladi red star sangat cepat sekali pertumbuhan jika media tanamnya dijaga dan kadar kelembabannya selalu di awasi. Tanaman ini akan berkembang dengan baik jika ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari yang membuatnya menjadi lebik pekat warnanya.

Lakukan penyiraman secara rutin satu sehari pada sore atau pagi hari. Penyiraman harus ke media tanam lansund tidak boleh langsung ke daunnya. Dengan menjaga media tetap basah maka hasilnya akan bagus untuk daunnya yang semakin cantik dan lebar. Untuk media tanamya kamu harus bisa menggunakan sekam atau cocopeat. Jangan menggunakan tanah karena jika menggunakan tanah air akan susah ditembus akar tanaman keladi.

Tanaman Hias Gantung

Tanaman di halam rumah yang banyak akan dapat memberikan kesenangan bagi pemiliknya. Tentuny orang akan senang jika di rumah ada banyak tanaman hias yang membuat rumahnya lebih asri. Tanaman hias yang indah juga mempengaruhi bagi seseorang yang melihatnya jika tanaman itu bagus maka orang akan senang memandangnya.

Namun anda yang rumahnya tidak memilki taman tidak usah bersedih hati kerana bingung ingin menanam di mana. Kami disini memiliki solusi, Tanaman hias gantung adalah tanaman hias yang sangat hemat tempat.

Tanaman hias gantung ini bisa menjadi alternatif jika rumah anda ingin lebih hijau dan asri tanpa memakan tempat yang banyak. Untuk merawat tanaman hias gantung sangatalah mudah. Hanya membutuhkan pot atau keranjang gantung dan taruh dimana sesuka anda. Disini kami akan memaparkan beberapa jenis tanaman hias gantung.

Tanaman Hias Gantung Fuchsia
bunga hias gantung Fuchsia
tried-and-true.com

Tanaman ini perkali diperkenalkan atau ditemukan di Karibia. Pada dasarnya tanaman fuchsia ini adalah tanaman hias yang hidup di semak belukar dan memiliki ukuran yang kecil. Ketika mekar, tanaman ini memiliki bunga yang sangatlah indah. Bunga ini memiliki warna yang sangat mencolok yang berwarna ungu.

Dan untuk perawatannya, tanaman ini memerlukan lingkungan yang sejuk dan harus sering di siram air agar kelembabannya selalu terjaga, tanaman hias ini berbunga pada waktu musim semi berakhir hingga musim gugur awal. Wati untuk mekarnya bunga ini sekitar 12 minggu hingga sempuran mekar.

Tanaman Hias Gantung Lobelia
tanaman hias gantung lobelia
pixabay

Bunga gantung Lobelia ini merupakan tanaman hias yang cocok digantung pada tempat yang banyak terkena banyak sinar matahari dengan selalu di kontrol kelembaban tanahnya. Lobelia memiliki warna yang didominasi dengan waran biru muda keunguan. Selain berwarna ungu masih banyak lagi warna lainnya seperti warna pink, merah, putih, merah muda, dan biru.

Ketika tanaman ini numbuh maka bunganya akan bermekara. Bunga lobelia ini akan menyita waktu anda saat musim panas tiba karena saat musim panas tiba anda harus menyiraminya lebih sering dari pada musim biasanya. Dan anda harus memberi pupuk cair setiap 6 minggu sekali.

Tanaman Hias Gantung Begonia
tanaman hias begonia
thompson-morgan.com

Bunga begonia merupakan tanaman hias yang mudah berbunga. Bunga ini juga bisa menjadi pilihan jika ingin membuat tanaman gantung. Tanaman ini juga tanama asli dari daerah tropis dan subtropis. Bunga begonia ini jika diperhatikan lebih detail merip dengan bunga mawar pada umumnya.

Untuk perawatan bunga begonia ini anda harus memperhatikan tempat dan kadar penyiraman air. Ketika musim panas tiba sebaiknya tanaman ini diletakkan di tempat yang lebih teduh. Walau bunga begonia suka jika di letakkan di sinar matahari langsung. Media tanam yang digunakan untuk tanaman ini lebih baik jika selalu lembab.

Tanaman Hias Gantung Geranium
tanaman hias geranium
pixabay

Bunga geranium merupakan bunga gantung yang dominan berwarna merah. Tanaman ini lebih bagus jika digantung di sebuah taman. Warnanya yang cerah untuk menjernihkan kepala anda yang sedang stress. Geranium memiliki nama asli Pelargonium. Karena aslinya geranium itu tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk atau tanaman hias anti nyamuk. tanaman ini memiliki 200 spesies tanaman perennial. perdu, tanaman sukulen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tanaman Hias Gantung Anggrek
bunga anggrek gantung
pixabay

Anggrek merupakan salah satu tanaman bunga yang populer di Indonesia, dan ternyata anggrek juga bisa digunakan sebagai tanaman hias gantung. Tanaman anggrek akan terlihat indah jika didukung dengan habitat yang mirip dengan habitat aslinya. Berdasarkan tempat tumbuhnya, tanaman anggrek ternyata memiliki banyak sekali spesiesnya diantaranya adalah anggrek epifit, terestrial, saprofit, dan brassavola.

Kebanyakan tanaman anggek ditanam di pot atau di bawah, tapi sebenar jika tanaman aggrek ini di taman gantung akan membuatnya terlihat lebih indah dipandang. dan karena di habitat aslinnya bunga anggrek ini menempel di pohon.

Ada beberpa alternative, yang pertama adalah batang bunga anggrek di ika dengan menggunakan kawat atau tali plastik lalu di gantungkan di teras rumah. Dan alternative selanjutnya adalah tanaman anggrek di tanam di pot yang telah digantungkan.

Tanaman Hias Beracun

Tanaman hias merupakan tanaman yang memang sengaja di tanam dibudidayakan karena memilki daya tark sendiri dan bertujuan menjadi hiasan di halama rumah atau di dalam rumah agar terlihat lebih indah dan asri. Tanaman hias banyak sekali ketegorinya, misalnya tanaman hias indoor, outdoor, dan tanaman hias beracun.

Nah!! pada artikel ini kami akan membahas tentang tanaman beracun yang harus kita waspadai. Tanaman hias beracun sama seperti tanaman hias yang lainnya, tetapi bedanya tanaman beracun harus kita waspadai karena ada bagian tertentu yang beracun di bagian tanamanya. Berikut ini penjelasan tentang tanaman hias yang beracun. Agar anda tetap  waspada!!

 Nerium Oleander
flowers-Nerium Oleander
pixabay

Nerium Oleander merupakan nama latin dari tanaman hias oleander. Di Indonesia sendiri tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan bunga jepun atau bunga mentega. Oleander ini juga terkenal sebagai tanaman hias.

kata oleander berasal dari bahasa latin yang diambil dari kata “Olea” yang mempunyai arti minyak atau oil. Tanaman oleander juga dikenal sebagai tanaman hias mampu meproduduksi minyak yang dapat memenuhi lahan sekitar tempat tumbuhnya. Akan tetapi anda harus tahu jika tanaman ini mengandung racun rosagenin, nerioside, oleandroside, dan cardiac glycoside. Zat-zat yang disebutkan tadi mampu mengakibatkan deyut jantung menjadi lambat bisa sampai gagal jantung.

 Daun Sri Rejeki
tanaman hias daun sri rejeki
omargardens.com

Tanaman Sri rejeki adalah tanaman yang populer di Indonesia dan hampir setipa rumah mempunyainya. Tanaman hias ini memiliki bahasa latin dieffenbachia, tanaman ini memiliki racun mulai dari batang hingga daunnya. Meskipun terdapat racun, tetapi tanaman ini bisa menjadi tanaman hias di rumah anda.

Hanya saja anda harus menjauhkan di jangkauan anak-anak yang tidak mengerti takutnya di gigit oleh anak. Racun tersebut berad di bagian getahnya. Getah tersebut ada di bagian batang dan daunnya, jika terkena getahnya tersebut dapat mengakibatkan gatal-gatal, kejang-kejang, dan bahkan jika terkena krongkongan dapat mengakibatkan gangguan pernafasan.

Hal tersebut dikarenakan getah tanaman ini mengandung kristal Kalsium Oksalat di dalam sitoplasma sel yang disebut juga dengan sebutan rafida bentuknya seperti jarum.

 Bunga Kecubung
bunga kecubung
pixabay

Bunga Kecubung atau bisa disebut denga bunga terompet ini merupakan tanaman hias yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi. Tanaman ini memiliki tinggi yang mencapai 2-4 meter ini memiliki bunga yang terlihat indah dan cantik. Tetapi meskipun mempunyai bunga yang cantik dan indah ternyata bunga ini mengandung racun.

Racun tersebut dapat memabukkan. Di dalam bunga ini mengandung alkaloid, atropine dan zat lainnya yang dapat menyebabkan helusinasi. Efek yang ditimbulkan tidak beda jauh dengan berbagai obat-obatan terlarang. Jika orang memakan bunga ini akan menyebabkan kegenbiraan yang berlebihan. Dan apabila dilanjutkan, kesadaran orang tersebut akan menurun dan mengakibatkan kematian.

Lily Of The Valley
Lily Of The Valley
pixabay

Lily of valley ini merupakan salah satu jenis bunga yang paling indah diantara keluarga lily yang lainnya. Bunga ini sangat banyak tumbuh di Inggris bagian utara dan bunga ini sering disebut dengan bunga musim semi. Pada setiap bulan september, bunga ini akan mengeluarkan buahnya yang buah tersebut tumbuh di bagian mahkotanya.

Buah tersebut dinamakan buah berry. Ukuran buanya sekitar 5-7mm. Namun dibalik indahnya bunga ini ternyata menyimpan bahaya bagi manusia dan hewan. Karena bunga ini memiliki racun yang sama dengan bunga daphne. Di bagian batang hingga  buahnya mengandung racun yang bisa mengakibatkan kematian.

Racun yang du bunga ini bernama Convallatoxin. Meskipun mempunyai racun yang berbahaya. Bunga ini juga memiliki sisi positif atau mempunyai manfaat lebih. Salah satu manfaat bunga ini adalah untuk pengobatan, mencegah atau menolak racun lain, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Bunga Belladonna
Bunga Belladonna
pixabay

Di daerah asalnya, bunga sangat dikenal karena racunnya. Belladonna ini mengandung sejenis at yang berupa tropane alkoids yang zat tersebut sangat membahayakan terutama bagi manusia. Dan harus ada ketahui bahwa seluruh bagian di dalan bunga ini mengandung racun yang berbahaya, mulai dari akar hingga buanhnya.

Tetapi yang anda benar-benar harus di waspadai adalah buahnya, karena buahnya mengandung racun yang sangat berbahaya. Gejala yang akan dialami sang pemakan adalah pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, kegilaan dan berhalusinasi. Racun yang mengandung pada bunga ini bernama atropine di dalam bunga dan dapat menggangu saraf.

Tanaman Hias Buah

Bagi anda yang mempunyai halaman rumah yang luas tentu sangat ingin mengisinya dengan berbagai tanaman. Akan tetapa anda masih bingung apa yang bisa ditanam di rumah yang lebih bermanfaat. Nah!! bagi anda yang masih kebingungan saya ada saran yaitu tanaman hias buah bisa menjadi alternatif.

Tanaman hias bunga memiliki nilai lebih selain bentuknya yang indah anda juga bisa memanen buahnya dan lalu bisa di konsumsi. Langsung saja saya akan merekomendasikan berbagai jenis tanaman hias yang bisa anda tanam di rumah anda.

Yellow Pitomba
yellow pitomba
www.tokobibit.com

Yellow Pitomba adalah tanaman buah yang dikenal juga dengan sebutan yellow grumichama. Tanaman buah ini berasal dari daerah Pantas lebih tepatnya Brazil. Buah dari tanaman pitomba ini memiliki rasa yang manis dan segar. Tangkai yang menjulai hingga panjang 3-4 meter, sehingga buah dari tanaman ini seperti buah cerry.

Di negeri asalnya yaitu Brazil buah ini bernama uvalha do campo. Tanaman pitomba ini ternyata bisa menjadi tanaman hias karena bentuknya yang indah namun ada harus merawatnya dengan perawatan yang ekstrak. Sebab tanaman pitomba ini adalah tanaman yang langka dan sulit mengembagbiakkan tanaman ini.

Buah Naga Hias Mini
buah naga dalam pot
petanitop.blogspot.com

Tananam bunga naga hias merupakan tanaman  yang bisa di tanama di pot dan di jadikan tanaman hias. Tanaman naga mini ini sangatlah mirip dengan buah naga yang pada umumnya haya berbeda ukuran. Dan selain itu bunga dari tanaman ini bisa bertahan lama selama berhari-hari.

Bentuk buahnya yang mini menjadi daya tarik sendiri dari buah naga pada umumnya. Buah naga mini ini bisa dimakan juga dan rasanya manis seperti buah naga pada umumnya. Tetapi buah ini sedikit lebih pahit. Warna bunga naga ini saat masih muda berwarna hijau, dan ketila sudah matang buah ini akan berubah menjadi warna merah.

Nanas Hias Lava ( Nanas Merah)
nanas merah
travel.detik.com

Buah nanas pada umumnya adalah berwarna kuning dan tumbuh di iklim yang tropis dan kelembaban yang rendah. Dan bagian nana merah ini atau juga sering di sebut dengan sebutan “nanas hias lava bust” ? mungkin ada sebagian orang yang belom mengetahui apa itu nanas merah.

Nanas merah ini berbeda dengan nanas pada umumnya selain warnanya ukuran nanas merah ini lebih kecil. Nanas merah ini mempunyai ukuran rata-rata lebih kecil dari nanas di pasaran. Dengan ukuran yang mini ini nanas ini bisa dijadikan tanaman hias di halam rumah anda.

Nanas hias merah ini mempunyai nama ilmiah yaitu Ananas bracteatus. Tanaman ini merupakan tanaman yang termasuh tanaman hias bunga yang berasal dari Argentina, Paraguat, dan Brazil.

Meskipun nanas hias ini mempunyai dur-duri yang halus tidak seperti nanas pada umunya, namun jika terkena durinya tetap saja akan terasa sakit. Akan tetapi jika warna buanh ini sudah merah maka buah ini bisa dimakan dan rasanya seperti nanas pada umumnya,

Jeruk Kalamansi (Calamondin)
jeruk kalamandin
bakker.com

Jeuk Kalamansi ini saat ini sudah banyak dijadika tanaman hias buah. Karena buanhnya mempunyai warna yang mencolok dan cocok dijadikan tanaman hias

an hias buah di halaman rumah anda. Perlu anda ketahui juga tanaman ini akan terus-menerus berbuah tanpa mengenal musim. Buahnya ketika masih muda berwaran hijau dan ketiak sudah matang akan berubah menjadi orange mencolok.

Jeru kalamansi sudah sangat berkembang di Indonesia tepatnya di daerah Bengkulu, dan buanh ini terkenal dengan rasanya yang asam, tetapi bunga ini mempunyai aroma yang harum. Selain itu rasanya yang segar juga sering dijadikan sirup kamansi.

Buah Srikaya
buah srikaya
macammanfaat.com

Buah srikaya ternyata bisa dijadikan tanaman hias dengan menanamnya di pot. Dengan perlakuan khusus tamanan buah srikaya ini bisa merbuah dalam waktu 1,5 tahun walaupun sebelumnya ditanam mulai dari benih.

Srikaya memiliki nama latin Annona squamosa yang perawatannya dipelihara dengan sangat intensif di dalm pot dengan pupuk bisa berbuah haya tenggang waktu 1,5 tahun saja. Karena jika ditanam dengan cara tradisional maka akan membutuhkan waktu yang lama sekitar 3 tahun.

Buah Lemon
tanaman hias lemon
linkedin.com

Jeruk lemon merupakan jeruk yang berasal dari dataran Australia. Bentuk buah lemon ini sedikit lebih lonjong dan memiliki warna kuning yang sangat mencolok. Keruk lemon ini berbeda dengan jeruk lemon lokal yang warna nya hijau tidak berubah menjadi kuning.

selain itu jeruk lemon ini juga memiliki aroam yang lebih harum dibandingkan dengan jeruk lokal, dan kulit pada buah lemonnya juga lebih tebal. Akan tetapi dari segi rasa sama-sama sedikit asam. Jeruk lemon ini ternyata juga bisa ditanam di dalam pot dan juga dengan menggunakan tabulpot.

Jika anda lihat gambar diatas, tanaman jeruk ini sangat cocok sekali menjadi tanaman hias buah bagi yang rumahnya tidak terdapat halaman untuk menanam tanaman ini. Dengan ukuran tanaman tiak terlalu besar dan mempunyai warna buah yang mencolok unutk dijadikan tanaman hias dalam rumah atau di luar rumah seperti halaman rumah atau taman rumah.

( sekian penjelasan tentang tanaman  ini semoga bisa menjadi manfaat bagi para pembacaya bisa langsung di koment jika ada kekurangan dan jika anda puas dengan artikel ini anda bisa langsung share kemanapun anda mau sekian dan terima kasih)

3 pemikiran pada “25 Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya

Tinggalkan komentar