gambar teori nebula

Teori Nebula : Penjelasan Terbentuknya Tata Surya

gambar teori nebula
nugraha999.blogspot.co.i

Teori Nebula – Tata surya terletak di tepi galaksi Bima Sakti dengan jarak sekitar 2,6 x 1017 km dari pusat galaksi, atau sekitar 25.000 hingga 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Tata surya mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 220 km/detik, dan dibutuhkan waktu 225–250 juta tahun untuk untuk sekali mengelilingi pusat galaksi. Dengan umur tata surya yang sekitar 4,6 milyar tahun, berarti tata surya kita telah mengelilingi pusat galaksi sebanyak 20–25 kali dari semenjak terbentuk.

Tata surya dikekalkan oleh pengaruh gaya gravitasi matahari dan sistem yang setara tata surya, yang mempunyai garis pusat setahun kecepatan cahaya, ditandai adanya taburan komet yang disebut awan Oort. Selain itu juga terdapat awan Oort berbentuk piring di bagian dalam tata surya yang dikenali sebagai awan Oor dalam.

Berikut ini ada sejumlah teori yang ditemukan dalam berbagai literatur berhubungan dengan terjadinya tata surya sehingga kerap dinamai teori terbentuknya tata surya.

penjelasan teori terbentuknya tata sura (teori nebula, teori planetesimal, teori awan debu, teori pasang surut) apakah yang di maksud dengan tata surya? dan bagaimana proses terbentuknya tata surya ? Nah!!, di artikel kali ini saya akan mejelaskan tentang pengertian terbentuknya tata surya melalui teori nebula, lansung saja bisa dibaca di bawah ini.

Tata suraya adalah sebuah sekumpulan planet besar atau gugusan bintang yang sangat banyak. Seperti adanya matahari yang dikelilingi oleh semua objek planet yang tertarik karena gaya gravitasinya. Selain planet masih banyak lagi benda yang ada di tata surya sephttp://abahadil.com/wp-admin/post.php?post=855&action=editerti asteroid, meteor, komet dan masih banyak lagi. Namun apakah anda pernah berfikir bagaiman planet-planet tersebut terbentuk?.

Ada banyak sekali teori yang membahas tentang car penbentukkan planet-planet di tata surya tetap teori yang paling di percaya adalah teori nebula. Nah!! disini saya akan menarangkan tentang teori nebula atau yang sering di sebut dengan teori kabut.

Pengertian Nebula

teori nebula
universinformation.blogspot.co.id

Teori nebula atau yang sering disebut juga dengan teori kabut adalah salah satu teori tebrntuknya tata surya atau alam semesta. Nebula adalah kata yang berasal dari bahasa latin yang artinya ” Kabu “, dimana dalam ilmu kosmogoni mengandung pengertian awan atar bintang yang tersusu oleh debu, plasma, dan gas.

Penemu Teori Nebula

Teori Nebula adalah teori yang pertama kali dikemukakan olah seorang ilmuwan yang bernama Emanuel Swedenborg pada tahun 1734. Akan tetapi teori tersebut masih dibatasi dengan ruang lengkup tertentu dan kahirnya ada seorang ilmuwan yang bernama Immanuel Kant berhasil menyempurnakan teori ini.

Seiring perkambangan, pada tahun 1793 Pierre Marquis de Laplace mengadopsi sekaligau mengembangkan teori ini akhirnya teori yang di kembangkan oleh dia dinamakan dengan nam teori nebula Kant-Laplace.

Seputar Teori Nebula

Teori nebula meyebutkan bahwa pada tahap awal, tata surya masih berupa kabut raksasa. Kabut ini terbentuk dari gas, es, plasma, dan debu, dan unsur gas yang sebagian besar dari hidrogen. Gaya gravitasi yang dimilikinya  menyebabkan kabut ini berputar ke arah yang tidak menentu, sehingga membuatnya memanas dan menjadi pada yang menghasilkan bintang raksasa ( Matahari ).

Bintang raksasa terus menysut dan berputar semakin cepat, mengakibatkan cincin-cincin gas dan es terlempar ke sekitar Matahari.Akibat gaya gravitasi, gas-gas tersebut menjadi memadat dan menjadi sebuah planet-planet.

Teori Nebula Menurut Kant-Laplace

Selanjutnya, Laplace mengembangkanya dan berpendapat bahwasanya : tata surya berasal dari kabut panas yang terus berputar dan membentuk gumpalam kabut seperti bola dengan ukuran yang besar. Karena terus berputar bentuk bola tersebut manjadi padat pad kutubnya dan lalu melebar ke bagian equatornya.

Sebagian equatonya akan menjauh dari gumpalan inti dan akan membentuk cincin yang melingkar bagian intinya. Dalam jangka waktu yang lama cincin-cincin tersebut akan berubah menjadi gumpalan padat yang kecil atau yang kita namakan dengan planet. Sedangkan kabut inti berbentuk gas pijar yang dinamakan denga Matahari.

Pada prinsipnya. teori nebula Kant-Laplace atau teori kabu menceritakan kajadian terbentuknya tata surya dalam 4 tahapan yaitu adalah :

  1. Pada awalnya matahri dan planet-planet lainya belum ada, semuanya masih berbentuk kabut yang begitu pekat dan besar.
  2. Akibat gaya gravitasi, kabut tersebut terus berputar dan saling berbenturan dengan sangat kuat, menyebabkan pemadatan terjadi di pusat lingkaran yang kemudian terbentuklah matahari.
  3. pada saat yang bersamaan, partikel lainya pun terbentuk menjadi lebih kecil dan menjadi pad yang menjadikannya plane-planet, dan bergerak mengelilingi matahari.
  4. benda-benda tersebut akhirya makin besar dan lalu terus melakukan putaean yang teratur mengelilingi matahari pada orbit masing-masing.

Biografi Penemu Teori Nebula

Immanuel Kant: lahir pada tahuan 1724 di Konigsbers, ibukota Prusia pada saat itu Kant naka keempat dari sembilan bersaudara. Kanta terlahiar dari ayah yang bernama Johan Georg Kant dan ibunya bernama Anna Regina Kant. Immanuel Knat menempuh pendidikan dasarnya di Saint George’s Hospital School, kemudian melajutkan ke Collegium Fredericianum. Setelah lulus Kant melanjutkan kuliah di University of Collegium pada tahun 1740 dan disitu Kant mulai mempelajari filosofi, matematika, dan ilmu alam yang lainnya.

Setelah lulus dari kuliah Kant menjadi seorang dosen yang terus mepublikasikan naskah ilmiah dengan berbagai macam topik. Gelar profesor Kant di dapatkan pada tahun 1770. Immanuel kant Meninggal pada tahun 1804 di usianya yang telah menginjak ke 80 tahun.

Pierre-Simon, Marquis de Laplace : Lahir pada tanggal Maret 1749, merupakan ahli astronomi dan fisika yang berasal dari Prancis. Ayah Laplace adalah keuarga petani yang tinggal di Beaumonten-Auge, salah satu distrik Calvados, yang berada di Prancis, nama ibu Laplace adalah Marie-Anne Sochon. Pada umur 16 tahun, Laplace masuk ke Universitas Caen dan paling menonjol dia bidang Matematika.

Pada tahun 1773, di depan Akademi Laplace juga mencetus teori Transformasi Laplace, Operator Laplace, ekuasi Laplace, dan mekanika selestial. Pada umur 77 tahun Laplace harus menutup hidupa pada tanggal 5 maret 1827.

Modifikasi Teori Nebula Oleh Weizsaecker

Salah satu Astronomi yang berasal dari Jerman yang bernama C.von Weisaeckar memperkanalkan teori nebulanya pada tahun 1940-an. Dia berpendapat bahwa suatu lapisan materi bersifat dari garis khatulistiwa matahari di jaman purba. Sebagian besar  lapisan ini terdiri dari unsur ringan hidrogen dan helium.

Akhirnya, tekanan panas dan radiasi matahari menghilangkan sebagian besar hidrogen dan helium serta meninggalkan unsur-unsur yang lebih berat. Unsur-unsur yang lebih berat itu secara bertahap berkumpul dalam suatu deretan konsentris yang berbentuk seperti ginjal. Deretan massa ini menarik bahan-bahan lain yang terdapat di ruang angkasa dan berkembang menjadi planet.

( sekian penjelasan dari artikel saya jika anda pus dengan artikel ini maka anda bisa langsung koment atau lebih baik anda mengeshare artikal ini agar bisa lebih bermanfaat untuk banyak orang terimakasih telah membaca artikel saya anda bis membaca artikel saya yang lainya)

Satu pemikiran pada “Teori Nebula : Penjelasan Terbentuknya Tata Surya

Tinggalkan komentar